Penjelasan WhatsApp Soal Kebijakan Privasi Baru: Chat hingga Lokasi

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 13 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
WhatsApp memberikan penjelasan soal kebijakan privasi terbaru 2021.
tirto.id - WhatsApp menjelaskan soal privacy policy (kebijakan privasi) dan terms of service (persyaratan layanan) terbaru 2021 menanggapi berita dan pertanyaan-pertanyaan yang timbul belakangan ini.

Melalui keterangan tertulis yang diterima Tirto.id Rabu (13/1/2021), WhatsApp ingin menegaskan kebijakan privasi yang baru tidak memengaruhi chat atau percakapan antar-akun maupun grup pribadi para pengguna.

"Seluruh chat pengguna masih dilindungi enkripsi end-to-end, yang artinya siapapun –– termasuk WhatsApp dan Facebook –– tidak dapat membaca isi pesan pengguna.WhatsApp menjaga dan mengamankan pesan pribadi Anda."

Berikut ini poin-poin penjelasan WhatsApp soal kebijakan privasi:

1. WhatsApp tidak dapat melihat pesan pribadi atau mendengar telepon Anda, begitu juga Facebook.

2. WhatsApp tidak mencatat dan menyimpan pesan dan panggilan yang Anda lakukan.

3. WhatsApp tidak dapat melihat lokasi yang Anda bagikan, dan begitu juga Facebook.

4. WhatsApp tidak membagikan kontak Anda dengan Facebook.

5. Grup di WhatsApp tetap bersifat pribadi.

6. Anda dapat mengatur pesan yang Anda kirim untuk otomatis terhapus setelah beberapa saat.

7. Anda dapat mengunduh data Anda.

Menurut WhatsApp, pembaruan kebijakan privasi ini hanya berlaku untuk percakapan dengan akun Bisnis yang menggunakan WhatsApp Business API dan memilih provider hosting di luar WhatsApp. WhatsApp ingin penggunanya jelas bahwa:

1. Bisnis tersebut kini dapat menggunakan infrastruktur hosting Facebook untuk chat melalui WhatsApp
Artinya, percakapan dengan bisnis tersebut dapat disimpan di server Facebook.

2. Jika pengguna berbicara dengan bisnis yang memilih metode penyimpanan di luar WhatsApp, platform akan menampilkan notifikasi di chat tersebut.

3. Pengguna kemudian berhak dan bebas memilih apakah mereka mau berinteraksi dengan bisnis tersebut atau tidak.

Percakapan dengan akun Bisnis yang menggunakan aplikasi gratis WhatsApp Business, maupun yang menggunakan WhatsApp Business API tapi tetap menggunakan layanan hosting WhatsApp, masih terlindungi enkripsi end-to-end seperti biasa.

Seperti diberitakan sebelumnya, WhatsApp memperkenalkan persyaratan layanan yang diperbarui tahun 2021. Jika pengguna ingin terus menggunakan aplikasi Whatsapp, pengguna harus menyetujui perubahannya. Perubahan tersebut terkait dengan cara WhatsApp dan Facebook memproses data pengguna.

Kebijakan baru Whatsapp akan mulai berlaku pada 8 Februari 2021, tetapi pengguna akan diberi kesempatan untuk menyetujui kebijakan baru sebelum tanggal tersebut.

Fitur yang baru diaktifkan ini memungkinkan WhatsApp untuk mengirim pesan informatif kepada pengguna di dalam aplikasi, memastikan mereka selalu terbarui dengan berita.

Pengguna didorong untuk menerima perubahan dengan mengetuk tombol Setuju, tetapi WhatsApp memiliki beberapa saran untuk mereka yang tidak senang dengan persyaratan yang diperbarui.

"Dengan mengetuk Setuju, Anda menerima persyaratan baru, yang berlaku pada 8 Februari 2021. Setelah tanggal ini, Anda harus menerima persyaratan baru untuk terus menggunakan WhatsApp atau Anda dapat menghapus akun," tulis WhatsApp, seperti dikutip Techradar.

WhatsApp telah memperbarui kebijakan privasi dan persyaratan layanannya agar lebih terintegrasi dengan produk dan layanan lain yang ditawarkan oleh Facebook.


Baca juga artikel terkait ATURAN WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Ibnu Azis
DarkLight