Penjelasan Love Language Act of Service dan Cara Menunjukkannya

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 12 Feb 2024 15:27 WIB | Diperbarui 13 Feb 2024 15:48 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berikut ini penjelasan "Love Language Act of Service" dan cara menunjukkannya pada pasangannya. Simak selengkapnya di bawah ini.
tirto.id - Act of service adalah salah satu bentuk dari bahasa cinta. Bahasa cinta merupakan konsep dalam hubungan asmara untuk menunjukkan pada pasangan terkait cara memberikan cinta terbaik dan dapat diterima. Setiap orang mungkin memiliki tipe bahasa cintanya masing-masing.

Ada pun bahasa cinta act of service berkaitan dengan tindakan saat mengungkapkan bentuk cinta. Dalam konsep act of service artinya seseorang dengan sukarela akan melakukan berbagai hal bermanfaat bagi pasangannya.

Pelaku act of service mungkin tidak pandai mengungkapkanya cinta pada pasangan lewat kata-kata. Hanya saja, orang dengan kemampuan act of service menunjukkan cinta itu dengan tindakan nyata.

Bentuk tindakan dalam act of service tidak melulu dengan hal muluk tapi tetap dihargai oleh pasangan. Tindakan tersebut bahkan dapat diwujudkan dengan cara sederhana. Misalnya suami membantu istri.

Inisiatif melakukan berbagai tindakan tersebut menjadi wujud nyata mendukung pasangan. Act of service love language adalah penyeru bahwa tindakan akan menimbulkan rasa cinta lebih kuat ketimbang sekadar berkata-kata.

Ciri-ciri Orang dengan Love Language Act of Service


Orang-orang yang kecenderungan memiliki bahasa cinta act of service mempunyai beberapa ciri tertentu.


Dikutip Womens Health Mag, orang tersebut akan merasa sangat dicintai dan diperhatikan ketika pasangannya mengambil suatu tugas atau pekerjaan tertentu.

Dengan begitu, orang tersebut menjadi lebih ringan pekerjaan yang mesti dilakukannya. Dalam waktu bersamaan, rasa cinta makin membungah. Jika cinta makin dirasakan dengan aksi nyata yang dilakukan pasangan, kemungkinan memiliki bahasa cinta act of service.

Cara lain mendeteksi bahasa cinta diri sendiri termasuk dalam kategori act of service atau tidak, yaitu memperhatikan perilaku sehari-hari dari pasangan.

Orang yang menyukai act of service akan senang pasangannya ringan tangan membantu dan memperhatikan setiap detail yang dibutuhkan.

Hal itu biasanya akan berimbas dengan melakukan tindakan yang serupa pada pasangan sebagai perwujudan imbal balik act of service.

Act of service adalah bahasa cinta yang dapat dilatih dengan keteladan. Hal ini tampak jelas ketika seseorang dilayani kedua orang tuanya semenjak kecil.

Anak yang memperhatikan orang tuanya memberikan tindakan nyata untuk menunjukkan rasa sayang, akan ikut meneladani sikap tersebut yang akhirnya menjiwai perilakunya untuk turut memiliki bahasa cinta act of service.

Contoh Perilaku Act of Service


Ada banyak cara untuk menunjukkan cinta kasih dalam bahasa cinta act of service. Berikut beberapa perilaku yang dapat diterapkan bagi pasangan untuk menunjukkan kepedulian:
  • Membersihkan rumah
  • Memasak makanan
  • Mengatur ruang Anda
  • Merencanakan liburan atau aktivitas menyenangkan
  • Menjemput mereka dari bandara atau tempat kerja
  • Memberi kejutan dengan makan malam berdua di tempat romantis
  • Berbelanja bahan makanan
  • Mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan
  • Membantu perawatan diri seperti menyiapkan air hangat untuk mandi
  • Merawat pasangan saat sakit, dan sebagainya
  • Merawat anak-anak sehingga mereka punya waktu untuk diri mereka sendiri
  • Memberi pasangan pijatan di saat mereka merasa lelah

Cara Menghadapi Love Language Act of Service


Seseorang yang memiliki kecenderungan bahasa cinta act of service akan cocok berhadapan dengan dua bahasa cinta lain, yaitu gift-giving (memberi hadiah) dan words of affirmation (kata-kata penegasan).

Dalam gift giving, seseorang memberikan hadiah berkesan bagi pasangannya yang punya bahasa cinta act of service. Contohnya menghadiahi makanan favorit, tiket nonton, dan hadiah lainnya yang diinginkannya.

Ada pun orang dengan act of service juga akan cocok dengan pasangan yang menerapkan words of affirmation sebagai bahasa cintanya. Kata-kata penegasan disertakan saat melakukan suatu tindakan yang disukai pasangan.

Contohnya saat melakukan perawatan pada pasangan yang sakit, seseorang dapat mengatakan, "Aku senang di sini menjaga dan merawatmu. Cepat sembuh sayang".

Contoh lainnya yaitu mendukung pasangan saat akan menjalani sebuah ujian dengan berkata, "Aku yakin kamu mampu mendapatkan pekerjaan ini. Semangat ya!"

Paduan bahasa cinta gift giving dan words of affirmation untuk melengkapi aksi nyata act of service, memungkinkan menghadirkan penghargaan yang tinggi dari pasangan.

Pasangan juga merasa lebih dihargai dan dicintai. Bahasa cinta yang senantiasa dirawat berpotensi melanggengkan hubungan asmara.


Baca juga artikel terkait ACT OF SERVICE atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Dhita Koesno

DarkLight