Pengiriman Barang via JNE & JTE Melonjak saat Harbolnas

Oleh: Mohammad Bernie - 16 Desember 2019
Jasa pengiriman barang mengalami lonjakan pesanan saat hari belanja online nasional.
tirto.id - Perusahaan jasa pengiriman barang atau jasa ekspedisi mengalami lonjakan pesanan saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember lalu.

Presiden Direktur Presiden Direktur PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Mohamad Feriadi mengatakan, perusahaanya mengalami kenaikan order hingga 1 juta pengiriman per hari.

Order pengiriman barang, kata dia, meningkat 20-30 persen ketimbang hari-hari biasanya.
"Ini lah hubungannya, ketika jumlah transaksi itu meningkat tentu jumlah kiriman itu pun meningkat," kata Nugraha saat dihubungi Tirto pada Senin (16/12/2019).

Barang yang dikirim saat Harbolnas empat hari lalu, lanjutnya, terdiri atas produk fesyen dan alat-alat rumah tangga. "Tentu [pengiriman ke] Jawa masih mendominasi," ujarnya.

Hal senada disampaikan Iwan Senjaya selaku Key Account Manager J&T Express.

Dia menyebut, dalam tiga hari sejak 12 Desember 2019, perusahaannya telah mencatat 10 juta pengiriman.

Barang yang diantar perusahanya didominasi aksesoris ponsel dan produk fesyen dan kebanyakan dikirim ke area-area di Jabodetabek.
Iwan menjelaskan lonjakan ini bahkan lebih tinggi dari promo 11.11 bulan sebelumnya. Saat itu JNT mencatatkan 6 juta pengiriman dalam 3 hari. "Jadi kita lihat ada kenaikan yang cukup signifikan," ungkapnya.

Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas adalah kegiatan tahunan yang dibuat oleh enam e-commerce di Indonesia sejak 12 Desember 2012, yakni Lazada Indonesia, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka, dan Bukalapak.

Pesta belanja dengan diskon terbesar ini didukung sejumlah mitra seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logisitik hingga media.

Harbolnas 2019 yang kini dikawal Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) berkembang signifikan terbukti dengan jumlah pesertanya yang mencapai lebih dari 250 platform belanja online.


"Khusus di Harbolnas tahun ini, kami mendedikasikan 1 hari spesial yaitu 11 Desember 2019 untuk menyediakan promo khusus produk lokal dan UMKMl mulai dari fashion, makanan, elektronik, perlengkapan rumah tangga, hingga travelling keliling Indonesia," demikian sebagaimana dikutip dari situs web Harbolnas.



Baca juga artikel terkait HARBOLNAS 2019 atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Hendra Friana
DarkLight