Pengertian, Fungsi, & Perbedaan Internet, Intranet, dan Ekstranet

Oleh: Yonada Nancy - 13 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Internet, intranet, dan ekstranet memiliki pengertian, fungsi, dan perbedaan masing-masing.
tirto.id - Selain internet yang kini sudah menjadi bagian aktivitas sehari-hari manusia, ada dua jenis lain dari sistem jaringan teknologi informasi, yakni intranet dan ekstranet. Ketiganya memiliki pengertian, fungsi, dan perbedaan masing-masing.

Sistem jaringan teknologi informasi memungkinkan antar perangkat untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Bahkan, dengan perkembangan teknologi informasi, akivititas manusia kini semakin mudah dan cepat.

Setidaknya ada tiga jenis jaringan teknologi informasi yang dikenal hingga saat ini, yaitu internet, intranet, dan ekstranet.

Internet

Internet merupakan jaringan terluas dalam sistem teknologi informasi yang memungkinkan perangkat di seluruh dunia untuk saling terhubung. Jaringan internet dapat diakses publik yang mengirimkan data menggunakan standar Protokol Internet (IP). Informasi yang tersebar di internet dapat diakses melalui jaringan world wide web (www) baik dalam bentuk teks, musik, foto, video, atau apa pun.

Dalam kerjanya, web dilayani oleh browser web seperti Google. Mengutip dari The Guardian, Google menangani lebih dari 40.000 pencarian per detik dan memiliki 60% pasar browser global melalui Chrome. Ada hampir dua milyar situs web yang ada tetapi kebanyakan tidak dikunjungi.

Informasi yang bisa diakses melalui internet sangat banyak dan luas. Cara mengukur jumlah informasi dalam internet adalah sekitar lima exabytes sehari. Jumlah ini setara dengan 40.000 film berdurasi dua jam per detik.


Intranet

Intranet adalah jaringan teknologi informasi yang lebih sempit dan privat dibanding internet. Intranet memungkinkan untuk menciptakan ruang kerja digital perusahaan yang memusatkan setiap orang, dokumen, alat, percakapan, dan proyek di dalam perusahaan.

Intranet biasanya perusahaan akan memulai dengan menerbitkan halaman web tentang acara perusahaan, kebijakan kesehatan dan keselamatan, dan buletin staf. Dengan kata lain, intranet bisa dimanfaatkan sebagai portal yang menyediakan akses ke semua hal yang dibutuhkan pekerja.

Menurut laporan dari BBC, intranet terlindungi dari internet global oleh firewall. Intranet dilengkapi kata sandi untuk mengakses. Staf yang bekerja di luar organisasi mungkin dapat mengakses intranet dengan menggunakan Virtual Personal Network (VPN), karena semua komunikasi antara intranet dan komputer pribadi pengguna dienkripsi.


Ekstranet

Ekstranet adalah intranet yang dapat diakses oleh beberapa orang dari luar perusahaan, atau mungkin dibagikan oleh lebih dari satu organisasi. Sedikit lebih luas dibanding intranet, ekstranet mampu menciptakan jaringan pribadi orang-orang yang berkepentingan dengan perusahaan baik internal maupun eksternal (klien, vendor, pemasok, mitra, dan sebagainya) untuk saling berkomunikasi.

Dilansir BBC, ekstranet melayani peran yang sangat penting, karena memungkinkan komunikasi pribadi, kolaborasi, berbagi pengetahuan, berbagi dokumen, dan transfer data antar organisasi. Ekstranet mendukung berbagai kebutuhan. Volume data yang besar dapat dipertukarkan antar pihak melalui ekstranet, misalnya, sehingga memudahkan kolaborasi.

Perangkat kolaborasi ini sangat berguna bagi perusahaan yang perlu melakukan komunikasi sesering mungkin dengan klien dan pelanggan. Menghemat berjam-jam waktu dibandingkan dengan email dan telepon. Ekstranet juga memantau dan memperbaiki potensi bug atau masalah yang dapat terjadi dengan produk atau layanan perusahaan, hampir seperti kontrol kualitas bawaan.

Baca juga artikel terkait INTERNET atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Ibnu Azis
DarkLight