Pemprov DKI Revitalisasi Tiga JPO di Sudirman Mulai Bulan Ini

Oleh: Damianus Andreas - 2 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Revitalisasi tiga JPO di Sudirman akan dilakukan selama 2 bulan, mulai 1 November hingga 31 Desember 2018.
tirto.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta menyebutkan ada tiga jembatan penyeberangan orang (JPO) yang akan direvitalisasi di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Tiga JPO itu yang terletak di Halte Trans Jakarta Polda, Halte Trans Jakarta Bundaran Senayan, dan Halte Trans Jakarta Gelora Bung Karno.

“Waktu pelaksanaan pekerjaan selama 2 bulan, mulai 1 November sampai dengan 31 Desember 2018,” tulis dalam keterangan resmi dari Dishub DKI yang diterima Tirto pada Jumat (2/11/2018).

Pembongkaran material JPO di Halte Trans Jakarta Polda sendiri telah dilakukan pada Kamis (1/11/2018) kemarin. Sedangkan pembongkaran JPO di Halte Trans Jakarta bakal dilakukan pada Minggu (4/11/2018) besok, menyusul pembongkaran JPO di Halte Gelora Bung Karno yang akan dilakukan pada 16 November 2018.

Lebih lanjut, pemasangan JPO yang baru bakal dilakukan secara bertahap. Pemasangan JPO di Halte Trans Jakarta Polda diperkirakan mulai dilakukan pada 11 November 2018. Sementara pemasangan JPO baru untuk di Halte Trans Jakarta Bundaran Senayan dan Gelora Bung Karno, berturut-turut akan dilakukan mulai 15 November dan 27 November 2018.

Pengerjaan revitalisasi JPO sendiri akan dilakukan pada pukul 22.00-05.00 WIB. Dengan demikian, terdapat rekayasa lalu lintas yang diterapkan Dishub DKI di Jalan Jenderal Sudirman.

“Akan terjadi pengurangan dua lajur pada saat pembongkaran dan pemasangan material di masing-masing JPO,” kata Dishub DKI.

Saat pekerjaan revitalisasi JPO Polda dan Bundaran Senayan dilakukan, Dishub DKI menyebutkan pelayanan bakal dialihkan ke Halte Trans Jakarta Gelora Bung Karena dengan akses melalui JPO. Sedangkan saat JPO Gelora Bung Karno dibongkar, akses bagi pelanggan Halte Trans Jakarta Gelora Bung Karno dialihkan melalui pelican crossing yang disediakan di sisi selatan Halte Gelora Bung Karno.

Masih dalam kesempatan yang sama, Dishub DKI turut menginformasikan ihwal pengalihan lalu lintas mulai dari depan FX Sudirman saat penyambungan gelagar di JPO Polda sisi barat. Tahapan tersebut rencananya dilakukan pada 20-21 November 2018 pada pukul 23.00-05.00 WIB.

Selama masa pengerjaannya, pengguna jalan dari arah selatan (Blok M) yang akan menuju ke utara (Harmoni) atau barat (Slipi), dialihkan melalui rute berikut: Jalan Pintu Gelora 1 – Jalan Asia Afrika – Jalan Gerbang Pemuda – Jalan Gatot Subroto – Semanggi – Jalan Jenderal Sudirman – dan seterusnya.


Baca juga artikel terkait JPO atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Yantina Debora