JPO Halte Dispenda Daan Mogot Rusak Tertabrak Truk

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 4 September 2018
JPO di Jalan Daan Mogot km 13 rusak karena ditabrak oleh truk pengangkut tanah pada Minggu (2/9/2018).
tirto.id - Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Halte Dispenda Samsat Barat, Daan Mogot Jakarta Barat, rusak karena tertarik oleh truk pengangkut tanah yang sedang melintas pada Minggu (2/9/2018) sekitar pukul 01.45 WIB dini hari.

Kejadian bermula saat truk pengangkut tanah yang bermuatan kosong melintas di Jalan Daan Mogot kilometer (KM) 13. Pengait bak kemudian terlepas dan terangkat. Pengemudi truk yang tak sadar tetap melanjutkan perjalanan.

Bak yang terangkat kemudian terbelit oleh kabel listrik di sekitar JPO dan tertarik, sehingga bagian atas JPO bergeser dari posisi semula.

Mahar Himawan, penjaga halte, menyampaikan bahwa polisi langsung tiba di lokasi sesaat setelah kejadian.

Polisi yang tiba juga langsung mensterilkan lokasi karena kabel yang terlepas bisa membahayakan pengemudi yang melintas.

“Kami langsung hubungi pihak PLN untuk memperbaiki kabel yang lepas,” kata Penyidik Pembantu Satlantas Jakarta Barat, Zakaria.

Selang dua jam, pihak PLN datang dan memperbaiki kabel yang berserakan. Pihak PLN juga menyambung kabel yang terlepas karena sempat menyebabkan padam listrik di sekitar tempat kejadian.

Mobil truk yang menyebabkan kerusakan tersebut kemudian dibawa ke kantor Satlantas yang tak jauh dari tempat kejadian dan pengemudinya dimintai keterangan.

“Pemiliknya kita minta untuk datang ke sini,” ujar Zakaria.

Sementara itu, Dinas Bina Marga kemudian mengutus PT SAR untuk mengecek kondisi JPO.

Saat ditanya mengenai seberapa parah kerusakan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan, Saut, Teknisi PT SAR mengatakan untuk langsung menanyakan hal tersebut ke dinas terkait.

“Kami ditugaskan Dinas Bina Marga hanya untuk mengecek, untuk data yang lebih valid silakan langsung ke dinas.” ujar Zakaria.


Baca juga artikel terkait JPO RUSAK atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Rizky Ramadhan
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight