Pemain Panama Tertua Cetak Gol Pertama Negerinya di Piala Dunia

Oleh: An Ismanto - 24 Juni 2018
Felipe Baloy berumur 37 tahun saat mencetak gol pertama Panama di Piala Dunia.
tirto.id - Ikut serta untuk pertama kalinya di Piala Dunia, Panama memang tidak diunggulkan kendati mereka merupakan 3 negara terbaik wakil zona Concacaf.

Dua pertandingan pertama memperlihatkan minimnya pengalaman Panama di kelas dunia. Di laga pertama, mereka dibantai Belgia 3-0, lalu di laga kedua melawan Inggris, mereka digilas 6-1.

Menariknya, penonton Panama di Stadion Nizhny Nivgorod bersorak girang saat akhirnya Felipe Baloy mencetak gol pertama Panama di Piala Dunia walaupun mereka tetap saja kalah.

Felipe Baloy tercatat sebagai pemain Panama pertama yang mencetak gol di Piala Dunia untuk negerinya. Dengan catatan itu, ia menjadi pemain tertua ketiga sepanjang sejarah yang pernah mencetak gol di ajang Piala Dunia.

Di daftar teratas urutan pemain tertua pencetak gol Piala Dunia, ada Roger Milla dengan usia 38 tahun lebih 25 hari, disusul Gunnar Gren yang berusia 37 tahun lebih 236 hari. Di urutan ketiga adalah Felipe Baloy, dengan usia 37 tahun lebih 120 hari.

Gol pertama Panama tersebut dicetak pada menit ke-77, saat mereka sudah tertinggal 5 gol, di antaranya melalui trigol Harry Kane yang juga mencetak sejarah.

Ia menggantikan Michael Amir Murillo pada menit ke-72. Ia berhasil mencetak gol dengan memanfaatkan assist berupa tendangan bebas dari Ricardo Avila melalui tendangan kaki kanan.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya An Ismanto
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: An Ismanto
Editor: An Ismanto