PAN DIY Klaim Tiga Anak Amien Rais Lolos ke Parlemen

Oleh: Irwan Syambudi - 25 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
PAN DIY mengklaim, berdasarkan hasil penghitungan sementara di internal partai itu, tiga anak Amien Rais lolos ke parlemen.
tirto.id - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amant Nasional (DPW PAN) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengklaim tiga anak Amien Rais lolos ke legislatif. Ketiga anak Ketua Dewan Kehormatan PAN tersebut adalah Hanafi Rais, Hanum Salsabiela Rais dan Ahmad Baihaqy Rais.

Di Pemilu 2019, Hanafi maju sebagai calon caleg DPR di daerah pemilihan (Dapil) DIY. Sementara Hanum dan Baihaqy tercatat maju sebagai caleg DPRD DIY dari Dapil DIY 6 (Sleman utara) dan Dapil DIY 4 (Kulonprogo).

Ketua DPW PAN DIY Nazaruddin mengatakan, berdasarkan hasil sementara perhitungan suara di internal partainya, Hanafi meraih suara tertinggi di antara Caleg DPR PAN di Dapil DIY.

"[Hanafi Rais] lolos. Bahkan insyaallah suaranya terbanyak di DIY [raihan suara] 120-150 ribu," kata Nazaruddin saat dihubungi reporter Tirto, Kamis (25/4/2019).


Dengan raihan suara tersebut, dia optimistis, Hanafi akan melenggang ke Senayan. Sebab, kata dia, PAN kemungkinan bisa merebut satu kursi DPR RI dari Dapil DIY. Sementara Hanafi adalah Caleg PAN dengan raihan suara tertinggi.

Nazaruddin juga mengklaim raihan suara PAN untuk pemilihan caleg DPRD DIY menempati posisi tertinggi kedua. Dengan begitu, dia meyakini jatah kursi PAN di DPRD DIY tidak akan berbeda dari periode 2014-2019.

"Seperti biasa kita spesialis runner up [...] Untuk DPRD Provinsi [DIY] diperkirakan statis saja, delapan kursi," kata dia.

Menurut Nazaruddin, berdasarkan hasil penghitungan suara internal partainya, dua dari delapan kursi di DPRD DIY tersebut ditempati oleh Hanum dan Baihaqy.

"Mbak Hanum [memperoleh suara] kisaran 20.000. [Ahmad Baehaqy Rais] laporannya [lolos] begitu, tapi saya belum dapat angkanya," kata dia.


Kepada reporter Tirto, Hanum mengaku yakin dirinya lolos ke DPRD DIY. Pasalnya, berdasarkan hitungan sementara, ia mengklaim mendapatkan 18.761 suara.

"Saya menargetkan itu sebetulnya paling tidak [sama] dengan raihan suara partai juga tentunya itu menyamai perolehan caleg yang saya gantikan estafetnya yaitu Bu Martia. Nah Bu Martia ini dulu [dapat suara] 17.000. Jadi target saya cuma di 17.000, jadi ini sudah melampaui ekspektasi," kata Hanum.

Dia juga meyakini, saudaranya yang lain, Mumtaz Rais, yang maju sebagai caleg DPR RI dari dapil VI Jawa Tengah, berpeluang lolos ke Senayan.

"Kalau Mumtaz sendiri juga punya kans, insyaallah. Meskipun bukan tertinggi, tapi kursinya sangat aman untuk mendapatkan satu kursi," katanya.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Addi M Idhom