Pamungkas Jadi Artis Lokal Paling Banyak Didengar di Spotify 2021

Penulis: Siaran Pers - 2 Des 2021 09:30 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Pamungkas jadi artis lokal yang paling banyak didengarkan di Spotify di Indonesia pada tahun ini.
tirto.id - Sebagai bagian dari Wrapped 2021, Spotify turut merilis daftar artis, lagu, dan album teratas di sepanjang tahun ini.

Untuk dua tahun berturut-turut, Pamungkas menjadi artis lokal yang paling banyak didengarkan di Spotify di Indonesia pada tahun ini. Pencapaian ini menjadikannya sebagai artis lokal pertama yang berhasil menempati posisi jawara selama dua tahun berturut-turut.

Pamungkas juga masuk dalam peringkat kedua dalam senarai artis yang paling banyak didengarkan di Indonesia. Peringkat pertama ditempati oleh boyband asal Korea Selatan, BTS. Setelah Pamungkas, senarai ini ditempati oleh Justin Biener, Olivia Rodrigo, juga Ariana Grande.

Tidak hanya itu, lagu hitsnya “To The Bone”, yang memecahkan rekor di Spotify awal tahun ini sebagai lagu lokal yang menduduki posisi nomor 1 terlama di tangga lagu Indonesia Top 50, juga menjadi lagu yang paling banyak didengarkan di Indonesia pada 2021. Selain Pamungkas, artis lokal yang paling banyak didengarkan di Spotify tahun ini ialah Tulus, Nadin Amizah, Rizky Febian, dan Ardhito Pramono.

“Saya sangat berterimakasih kepada Spotify. Saya bermusik secara independen dan memiliki sumber daya yang terbatas untuk memperkenalkan musik saya. Namun secara mengejutkan, musik saya ternyata tetap bisa ditemukan, dicintai, dan didengarkan begitu banyak orang di berbagai negara. Tahun 2021 memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan merendahkan hati untuk saya. Jujur, saya masih kaget dengan pencapaian ini,” ujar Pamungkas.

“Yang terpenting—saya benar-benar bersyukur karena para penggemar saya telah memberikan dukungan kepada saya selama ini. Saya tidak akan bisa berada di posisi sejauh ini tanpa dukungan mereka.”

Sementara itu, lagu paling banyak didengarkan kedua di Indonesia adalah “Blue Jeans” oleh GANGGA, salah satu Spotify Radar Artist, dan disusul oleh “Bertaut” yang dibawakan Nadin Amizah dari debut albumnya yang bertajuk Selamat Ulang Tahun. Prestasi tiga musisi lokal dalam jajaran tiga teratas ini menjadi sinyal bahwa ketertarikan pendengar pada musik lokal meningkat. Lagu keempat yang paling banyak didengarkan di Indonesia adalah “Here’s Your Perfect” oleh penyanyi asal Inggris, Jamie Miller, disusul “At My Worst” oleh Pink Sweat$ yang menempati urutan kelima.

Sedangkan dari daftar lagu lokal yang paling banyak didengarkan, setelah "To the Bone", "Blue Jeans", dan "Bertaut", lagu Juicy Luicy berjudul "Lantas" dan "Melukis Senja" oleh Budi Doremi menyusul di peringkat empat dan lima. Masing-masing telah didengarkan lebih dari 40 juta kali hingga hari ini di Spotify.

Menurut Kossy Ng, Head of Music, Spotify, Asia, Wrapped 2021 dimaksudkan untuk menjadi perayaan untuk perubahan dalam hidup kita. Dua tahun terakhir, dunia dan banyak tatanannya memang banyak berubah, sekaligus mengubah makna kata normal untuk kita semua. Karenanya, Wrapped 2021 diharapkan bisa jadi cara dari masing-masing pengguna untuk mendengarkan dan bertahan di dunia yang tak lagi bisa diprediksi.

"Tahun ini juga menjadi kesempatan untuk menemukan artis baru yang dapat menambah soundtrack untuk mengiringi hari-hari kita. Walaupun tahun ini tampak berjalan sangat berbeda bagi kita semua masing-masing, ada satu hal yang rasanya kita semua dapat sepakati: Apapun yang mungkin akan kita alami, musik akan terus menemani kita," tutur Kossy.

Di jajaran podcast, para kreator di Indonesia terus menerus membuat konten mengagumkan. Spotify terus meluncurkan konten original dan eksklusif bersama deretan podcaster berbakat Indonesia, seperti Nadhifa Aliya Tsana dan PODKESMAS.

Podcast Rintik Sedu oleh Nadhifa Allya Tsana menjadi podcast terpopuler di Spotify Indonesia tahun ini. Rintik Sedu menjadi podcast wanita pertama yang dibawakan secara solo yang mencapai posisi puncak selama dua tahun berturut-turut. Mengikuti Rintik Sedu di deretan 5 podcast teratas di Indonesia adalah PODKESMAS, Podcast Hanan Attaki, DESTAnya Siapa?, dan Do You See What I See.

Kunjungi blog Spotify For The Record untuk mengetahui lebih dalam tren streaming tahun 2021 dan mempelajari bagaimana evolusi Spotify Wrapped tahun ini. Spotify menawarkan beberapa fitur baru untuk Wrapped tahun ini, dan kini pengguna Spotify dapat mengakses pengalaman Wrapped pribadi mereka serta membagikan kepada dunia tentang apa saja yang telah mereka dengarkan dan bagaimana mereka mendengarkannya tahun ini. []

Baca juga artikel terkait PAMUNGKAS atau tulisan menarik lainnya Siaran Pers
(tirto.id - Musik)

Penulis: Siaran Pers
Editor: Nuran Wibisono

DarkLight