One Piece 933: Kyoshiro Menebas Komurasaki, Pesan Apa di Baliknya?

Oleh: Nurcholis Maarif - 18 Februari 2019
Dibaca Normal 2 menit
Dalam Manga One Piece Chapter 933 “Ampunan Samurai” salah satu adegan terpenting adalah ketika Kyoshiro menebas Komurasaki.
tirto.id - Manga One Piece Chapter 933 “Ampunan Samurai” yang dirilis pada Senin (18/2/2019) melanjutkan Chapter 932 “Shogun dan Oiran” yang masih fokus menceritakan kerusuhan yang terjadi di istana Orochi. Salah satu bagian penting dalam chapter ini adalah ketika Kyoshiro menebas Komurasaki.

Pada Chapter 932, Orochi geram karena ditampar oleh Komurasaki. Ia sampai berubah menjadi makhluk dengan delapan kepala ular. Ia menyuruh Komurasaki meminta maaf sembari tunduk kepadanya.

Komurasaki menampar Orochi demi melindungi O-Toko, pendampingnya, yang secara refleks menertawai Orochi yang terlihat paranoid saat menceritakan ramalan balas dendam Klan Kozuki ke para tamu undangan di kastilnya.

Permintaan Orochi agar Komurasaki meminta maaf tidak dihiraukan oleh sang oiran.

Pada Chapter 933, Orochi sekali lagi mengancam Komurasaki untuk meminta maaf. Sang penguasa Negeri Wano tampak naif karena ia enggan menyerang Komurasaki hanya karena sudah takluk dengan kecantikannya. Komurasaki menolak penawaran terakhir Orochi, dan semakin memprovokasi dengan mengatakan bahwa orang yang lebih dulu jatuh cinta adalah yang lebih dulu kalah.

Orochi semakin marah. Ia melampiaskan kemarahannya dengan menggigit salah satu anggota bawahannya, lalu menggigit Komurasaki.

Pada bagian ini, Oda memberi keterangan buah setan yang dimakan Orochi adalah Hebi Hebi no Mi model Yamata no Orochi tipe mytichal zoan. Model ular ini merupakan model ketiga yang ditampilkan Oda dalam One Piece setelah model anakonda dan king kobra yang dimiliki dua saudara Boa Hancock.

Keterangan buah setan tersebut juga semakin menegaskan bahwa kekuatan yang dimiliki Orochi terinspirasi dari cerita rakyat Jepang, Momotaro. Yamata no Orochi merupakan raksasa dengan delapan kepala ular yang panjangnya mencapai delapan bukit dan delapan lembah.



Kerusuhan di Pesta Jamuan Kastil Orochi

Pesta jamuan sebagai pembukaan festival kembang api di Istana Orochi semakin rusuh. Kerusuhan ini tak lain disebabkan oleh anggota Bajak Laut Topi Jerami.

Robin yang dikejar oleh para Oniwabanshu karena ketahuan sedang berkeliling kastil masuk ke ruang jamuan. Ia lalu membawa O-toko bersamanya dan menggunakan kemampuan Hana Hana no Mi miliknya demi terhindar kejaran para Oniwabanshu.

Brook ikut membantu dalam wujud setannya menakuti para Oniwabanshu dan masuk ke ruang jamuan.

Nami dan Shinobu yang sedang mengintip dari atap ruang jamuan ketahuan oleh salah satu anggota Oniwabanshu, Hanzo. Namun, Shinobu yang terlihat lamban dengan tubuh buncitnya justru mampu mengalahkan Hanzo dengan shuriken maut ke arah selangkangan sang lawan.

Shinobu mengeluarkan jurus "Karesan-su" sehingga atap ruangan roboh, dan mengenai Orochi. Akibatnya, Komurasaki yang digigit sang penguasa Wano, terlempar. Memanfaatkan situasi ini, Nami mengeluarkan awan Zeus dan menyerang seisi ruang jamuan dengan petirnya.

Pada chapter ini, Oda juga menunjukkan beberapa nama para Oniwabanshu, yaitu Daikoku, Raijin, Fujin, dan Hanzo.

Kyoshiro Menebas Komurasaki

Kyoshiro menebas Komurasaki saat kerusuhan terjadi di ruang jamuan di kastil Orochi. Sebelumnya Kyoshiro menanyainya apakah sudah siap dan Komurasaki langsung menjawab siap. Tubuh Komurasaki tergeletak.

Kyoshiro berdalih menunjukkan ampunan samurai kepada Komurasaki. Ada dua kemungkinan. isa jadi Kyoshiro sedang menunjukkan kesetiaannya kepada sang Shogun. Kyoshiro mengatakan bahwa siapa saja yang menentang Shogun berarti telah melakukan kesalahan besar. Dan Komurasaki enggan menuruti kemauan Orochi, sang Shogun yang menyuruhnya meminta maaf.

Namun, ada kemungkinan lain bahwa Kyoshiro dan Komurasaki hanya sedang berpura-pura. Hal ini dapat dilihat dari pesan Kinemon yang tergeletak di tatami. Pesan itu kemungkinan disimpan Komurasaki, dan jatuh saat ia ditebas oleh Kyoshiro.

Mungkin saja peristiwa Kyoshiro menebas Komurasaki hanyalah langkah untuk menunjukkan kesetiannya kepada Oden, sekaligus menyelamatkan Komurasaki dari kegilaan Orochi.Prediksi bahwa Komurasaki merupakan adik Momonosuke bisa saja terbukti.

Orochi yang melihat Komurasaki tergeletak semakin geram. Pandangannya beralih ke O-Toko yang dibawa Robin dan hendak menyerangnya. Namun, Nami menyerang seisi ruangan dengan awan Zeus miliknya.

Adegan lalu berpindah pada akhir Chapter 933 menampilkan Big Mom yang masih hilang ingatan. Chopper memberi makanan yang manis dan enak kepada Big Mom. Adegan ini mengingatkan kepada masa kecil Big Mom dengan Mother Caramel.

Baca juga artikel terkait KOMIK atau tulisan menarik lainnya Nurcholis Maarif
(tirto.id - Film)


Penulis: Nurcholis Maarif
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Nurcholis Maarif