Nonton Sang Penari Adaptasi Novel Ronggeng Dukuh Paruk di Netflix

Oleh: Syamsul Dwi Maarif - 14 Januari 2022
Dibaca Normal 2 menit
Sinopsis film Sang Penari (2019) yang merupakan film yang diadaptasi dari novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari.
tirto.id - Film Sang Penari dapat ditonton melalui salah satu layanan streaming, yakni Netflix. Sang Penari (2019) merupakan film yang diadaptasi dari novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari.

Film ini menceritakan tentang seorang wanita bernama Srinthil yang tumbuh di desa miskin di Indonesia. Srinthil tumbuh menjadi anak yatim piatu setelah sebuah tragedi menimpa kedua orang tuanya. Srinthil kemudian dirawat oleh Kakek dan Neneknya semenjak bayi. Srinthil memiliki cita-cita untuk menjadi penari ronggeng.

Film Sang Penari disutradari oleh Ifa Isfansyah sekaligus sebagai penulis skenarionya bersama dengan Salman Aristo dan Shanty Harmayn. Beberapa artis yang ditampilkan dalam film ini seperti Prisia Nasution, Oka Antara, dan Slamet Rahardjo.

Perusahaan yang memproduksi film Sang Penari, yaitu Salto Films. Film ini pertama kali rilis di Indonesia pada tanggal 10 November 2011. Kemudian, pada bulan Oktober 2012, film Sang Penari kembali rilis dalam Asiatica Film Mediale di Italy dan Pusan International Film Festival di Korea Selatan.

Berdasarkan penilaian dalam situs IMDb, film berdurasi 112 menit tersebut memperoleh poin 7,2 dari skor sempurna 10 berdasarkan 278 penilaian. Film Sang Penari di bawah sutradara Ifa Isfansyah berhasil menyabet empat Piala Citra sebagai penghargaan utama.

Sinopsis Film Sang Penari


Alur film dimulai dengan diperkenalkannya Srinthil yang masih berumur 11 tahun dan berprofesi sebagai seorang penari ronggeng. Srinthil dianggap oleh para masyarakat sebagai keturunan dari Ki Secamenggala yang akan memberikan citra bagi Dukuh Paruk.

Masyarakat mengganggap dengan adanya Srinthil menjadi pelengkap Dukuh Paruk. Beberapa kelengkapan Dukuh Paruk meliputi keramat Ki Secamenggala, seloroh cabul, sumpah serapah, dan ronggeng bersama perangkat calungnya.

Srinthil adalah seorang anak yatim piatu yang diasuh oleh kakek neneknya sejak bayi. Kedua orang tua Srinthil meninggal bersama 16 penduduk dukuh lainnya, karena keracunan tempe bongkrek. Orang tua Srinthil dulunya adalah pembuat tempe bongkrek.

Semenjak Srintil kecil, Kakeknya menyakini bahwa cucunya ini sudah dirasuki oleh indang ronggeng dan dilahirkan untuk menjadi ronggeng berkat restu arwah Ki Secamenggala. Hal ini yang membuat Srinthil harus digembleng untuk menjadi ronggeng.

Dalam proses menjadi ronggeng, Srinthil dibimbing oleh Kartareja (dukun ronggeng). Beberapa tahapan harus dilalui oleh Srinthil untuk menjadi seorang ronggeng. Pertama, Srinthil harus mandi kembang di dekat cungkup makan Ki Secamenggala.

Tahap kedua, disebut dengan buka kelambu. Tahapan buka kelambu harus dilalui supaya Srinthil dapat memungut bayarannya ketika menjadi ronggeng.

Kemudian, juga ditampilkan sosok Rasus, yakni teman main Srinthil sewaktu kecil. Rasus merasa keberatan jika Srinthil harus melalui segala tahapan dalam menjadi ronggeng. Rasus memang menyukai Srinthil sejak kecil.

Dalam suatu waktu, Rasus tidak dapat berbuat apapun ketika keperawanan Srinthil disayembarakan. Bagaimanapun Rasus hanyalah seorang anak yang berusia 14 tahun.

Dua orang kaya, yakni Dower dan Sulam datang ke rumah Kartareja bersedia untuk membayar syarat mahar seringgit uang emas untuk keperawanan Srinthil.

Hal ini justru membuat Dowe dan Sulam saling bertengkar satu sama lain. Srinthil kemudian keluar dari belakang rumah Kartareja dan mendatangi Rasus. Srinthil meminta Rasus untuk menggaulingnya. Ia lebih rela jika keperawananya hilang karena Rasus.

Meskipun Rasus telah mendapatkan keperawanan Srinthil, ia tetap membenci pekerjaannya sebagai ronggeng. Rasus kemudian pergi meninggalkan Dukuh Paruh dan menganggap Srinthil telah hilang bagaikan bayang-bayang ibunya entah ke mana.

Bagaimana kelanjutan kisah Srinthil dalam perjalanan Hidupnya? Apakah Rasus suatu saat akan kembali ke kehidupan Srintil? Saksikan kisah selengkapnya film Sang Penari di streaming Netflix.


Cara Menonton Film Sang Penari di Netflix


Adapun cara yang dapat dilakukan untuk menonton film Sang Penari di Netflik sebagai berikut:

    • Setelah membuka tautan, lakukan pendaftaran dan klik Start Your Free Month bagi yang belum berlangganan.
    • Pelanggan harus memilih paket berlangganan yang diinginkan. Basic: Mendukung streaming HD dan satu perangkat; Rp109 ribu per bulan. Standar: Mendukung streaming HD dan dua perangkat simultan; Rp139 ribu per bulan. Premium: Mendukung streaming HD dan Ultra HD (4K) dan empat perangkat simultan; Rp169 ribu per bulan.
    • Klik Continue atau Selanjutnya.
    • Buat akun baru dengan mengisi form, alamat email dan password. Setelah itu klik Register.
    • Atur pembayaran berlangganan dengan menggunakan kartu kredit yang berlaku, yaitu Visa, Master Card, dan American Express, dan masukkan informasi pembayaran.
    • Setelah semua informasi pembayaran diselesaikan, klik Start Membership atau Mulai Berlangganan
    • Pelanggan bisa mulai menonton Film Sang Penari.
    • Selain melalui PC dan aplikasi di smarthphone, pengguna juga dapat mengunduh aplikasi Netflix di berbagai perangkat seperti tablet, Smart TV, set-top box, konsol game, dan juga laptop.


Baca juga artikel terkait SANG PENARI atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Film)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight