MU vs Barcelona di 8 Besar Liga Champions 2019, Ulangan Final 2011

Oleh: Wan Faizal - 15 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Duel Manchester United vs Barcelona di perempat final Liga Champions 2018/2019 adalah pertemuan pertama mereka setelah final kompetisi tahun 2011.
tirto.id - Manchester United dan Barcelona ditakdirkan untuk saling berhadapan dalam babak perempat final Liga Champions 2019 setelah dilangsungkannya drawing di Nyon, Jumat (15/3/2019). Pertemuan ini bakal mengingatkan kembali kemenangan Blaugrana dalam dua duel terakhirnya dengan Setan Merah di final Liga Champions 2009 dan 2011.

Meningkatnya performa kedua tim akhir-akhir ini membuat sulit untuk melihat siapa yang lebih diunggulkan. Namun ada satu fakta menarik yang terjadi dalam pertemuan United dan Barca. Yakni, tidak ada tim yang bisa meraih kemenangan di laga tandang.

Dikutip dari UEFA, catatan statistik memperlihatkan bahwa Barcelona mampu meraih dua kemenangan dan dua seri di Camp Nou. Hal yang sama diraih United saat bersua Barca di Old Trafford.

Artinya, momen bermain di kandang sendiri harus dimanfaatkan dengan baik guna meraih kemenangan dan lolos ke semi final. Pada pertemuan kali ini United yang akan memainkan laga kandang terlebih dahulu yakni pada 9 atau 10 April sementara duel kedua di Camp Nou dihelat seminggu kemudian.

Melihat hasil undian ini tentu membuat kubu Barca sedikit tersenyum. Maklum saja karena mereka mampu memenangi dua pertemuan terakhir dengan United di Liga Champions. Menariknya, dua pertemuan itu sama-sama terjadi di partai final yang berarti memaksa anak asuh Sir Alex Ferguson saat itu harus tertunduk lesu ketika para pemain Barca mengangkat piala.

Pertemuan pertama adalah final Liga Champions 2009 di Stadion Olimpico Roma. Waktu itu Barca menang 2-0 lewat gol Samuel Eto’o dan Lionel Messi. Dua tahun kemudian di Wembley, gol dari Wayne Rooney tetap tak mampu membawa United balas dendam karena Barca menang 3-1 berkat sumbangan gol dari Pedro Rodriguez, Messi, dan David Villa.

Sementara beberapa pertemuan berikutnya dari kedua tim hanya terjadi di level pertandingan persahabatan saja. Termasuk laga terakhir mereka pada 2017 lalu di International Champions Cup yang dimenangi Barcelona dengan skor tipis 1-0 melalui gol tunggal Neymar.



Tapi bukan berarti United harus minder di pertandingan ini. Pada 1999 lalu mereka pernah menjuarai Liga Champions ketika mengalahkan Bayern Munchen lewat salah satu comeback bersejarah dalam partai final di Camp Nou. Saat itu ada juga Ole Gunnar Solskjaer yang turut mencetak gol dan sosok tersebut kini berada di bangku cadangan United sebagai seorang manajer.

“Sebenarnya kami tak pusing memikirkan siapa lawan kami nanti. Karena pada dasarnya semua tim hebat ada di fase ini. Jika kamu ingin masuk final dan menjuarainya, maka Anda harus bisa mengalahkan siapa pun,” ujar Solskjaer.

Nantinya, pemenang di laga ini sudah akan ditunggu oleh Liverpool atau FC Porto di babak semifinal.

Pertemuan Terakhir Man United vs Barcelona:

27-07-2017: Barcelona 1-0 Man United (International Champions Cup)

25-07-2015: Barcelona 1-3 Man United (International Champions Cup)

08-08-2012: Man United 0-0 Barcelona (Laga Persahabatan)

28-05-2011: Barcelona 3-1 Man United (Final Liga Champions)

27-05-2009: Barcelona 2-0 Man United (Final Liga Champions)

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Wan Faizal