Menuju konten utama

MMA Impact Indonesia 2024 Kupas Proyeksi Marketing & Periklanan

MMA Impact Indonesia 2024 dorong dialog yang bermakna seputar tema-tema penting, seperti AI dan jaringan media ritel, pengembangan brand dan mindset.

MMA Impact Indonesia 2024 Kupas Proyeksi Marketing & Periklanan
MMA Impact Indonesia 2023 - Shanti Tolani, Country Head & Board of Director, MMA Global Indonesia. (FOTO/dok. MMA Impact Indonesia)

tirto.id - Dua pekan lagi, MMA Global Indonesia akan menyelenggarakan MMA Impact Indonesia 2024 di Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, tepatnya pada Jumat, 15 November 2024. Dilaksanakan seharian, forum tersebut akan dimulai pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.

MMA Impact Indonesia 2024 digelar bukan tanpa alasan. Temuan MMA Global Indonesia mengenai perkembangan industri, data, dan wawasan yang dikumpulkan sepanjang 2024 menunjukkan, kiwari, ketangkasan dalam strategi dan integrasi analitik berbasis Artificial Intelligence (AI) dinilai penting. Perkembangan ini juga diikuti kebutuhan merek dan pemasar untuk autentik terlibat dengan konsumen secara relevan.

Di bawah Digital Economy Framework Agreement (DEFA), dengan perkiraan bahwa Indonesia akan menguasai sekitar 40 persen ekonomi digital ASEAN serta diproyeksikan mencapai 400 miliar dolar AS pada tahun 2030, pertaruhan akan integrasi analitik berbasis AI semakin tinggi.

“Forum MMA Impact Indonesia 2024 merupakan wadah bagi para pimpinan dan pakar dalam industri marketing dan periklanan yang mengeksplorasi visi masa depan industri melalui kepemimpinan, inovasi, dan strategi terbaru,” bunyi keterangan yang diterima Tirto.id, Kamis (31/10).

MMA Impact Indonesia 2024 akan menjadi ajang pertemuan penting bagi para petinggi dan pengambil keputusan di berbagai industri, seperti chairpersons, c-level executives, directors, business owners, founders, ataupun co-founders. Forum ini juga akan menghadirkan para pemimpin pemikiran dari berbagai organisasi ternama, antara lain Unilever Indonesia, Mayora Group, PT Telekomunikasi Selular, PT Garuda Indonesia, GoTo, Grab Indonesia, GroupM, Havas Group Indonesia, dentsu, Emtek/SCM, PT Accenture, IDN, dan IlmuOne Data.

MMA Impact Indonesia 2024

MMA Impact Indonesia 2024 All Speakers. (FOTO/dok. MMA Impact Indonesia)

Lewat MMA Impact Indonesia 2024, para delegasi akan berinteraksi dengan pemikir terkemuka, pakar industri, dan spesialis domain yang telah dikurasi dengan cermat untuk memastikan jajaran pembicara berkaliber tinggi dari merek, pemasar, media, penerbit, telekomunikasi, periklanan, dan pendukung teknologi pemasaran.

Selain itu, forum yang sama akan membekali para pemimpin industri dengan wawasan strategis yang berfokus pada pemanfaatan analitik dan penggunaan teknologi digital yang disesuaikan dengan ekosistem Indonesia.

Pembahasan dalam MMA Impact Indonesia 2024 akan mencakup AI untuk pemasar, jaringan media ritel, perubahan perilaku konsumen, dan pola pikir pertumbuhan untuk membangun merek. Dengan demikian, forum ini akan menyusun strategi untuk menavigasi kompleksitas lanskap digital yang berkembang pesat seiring pergerakan menuju 2025.

Pengembangan AI di Indonesia merupakan landasan dalam Digital Indonesia Vision 2045. Karena itu, sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang menyelesaikan readiness assessment AI dengan menggunakan readiness assessment methodology (RAM) buatan UNESCO, Indonesia telah membuat langkah signifikan dalam membangun tata kelola AI yang etis dan inklusif.

Menurut data dari Kearney, AI diproyeksikan akan menyumbang 366 miliar dolar AS bagi PB Indonesia pada 2030. Momentum ini tentunya sejalan dengan kebangkitan media ritel di Asia Tenggara yang didorong oleh super apps dan e-commerce. Karena itu, pengembangan merek mampu menjadi fitur utama pasar yang terus berkembang berkat adaptasi perusahaan dengan perilaku konsumen yang baru, dengan catatan 77 persen responden yang disoroti menyatakan minat untuk bereksperimen dengan metode belanja digital baru.

Peran media dalam menyokong keberlanjutan ini juga semakin penting. Faktor ini mendorong brand untuk menyesuaikan brand value sesuai dengan sasaran konsumennya. Pada akhirnya, pola ini menggambarkan lingkungan dinamis yang terbentuk atas perkembangan AI, media ritel, dan preferensi konsumen di Indonesia.

Menyadari ekosistem pasar Indonesia, MMA Impact Indonesia 2024 juga akan menampilkan rilis eksklusif Marketing Reckoner Report 2024. Laporan ini diperkaya dengan data dan wawasan yang relevan untuk memberikan pandangan kuat tentang marketing dan periklanan, sekaligus mengatasi dampak dari digitalisasi yang berkembang.

“MMA Global Indonesia memiliki peran penting dalam mendorong transformasi ekosistem marketing dan periklanan kita. Forum MMA Impact Indonesia 2024 merupakan wadah penting untuk mendorong dialog yang bermakna seputar tema-tema penting, seperti AI dan jaringan media ritel, pengembangan brand dan pola pikir,” jelas Country Head and Board of Director MMA Global Indonesia, Shanti Tolani.

Shanti menambahkan, dengan mempertemukan para pemimpin industri, MMA Global Indonesia memfasilitasi diskusi lintas disiplin yang mendalam yang mampu menanggulangi masalah, menginspirasi strategi inovatif, dan kolaborasi.

Partisipasi dalam MMA Impact Indonesia 2024 jelas tidak hanya sekadar untuk mewadahi pertemuan para pemimpin, forum ini merupakan ruang untuk membentuk masa depan industri.

“Misi kami adalah memanfaatkan keahlian kolektif industri kami untuk menghadapi tantangan dan meraih peluang baru yang dihadirkan oleh teknologi yang maju, memastikan bahwa kita tetap berada di garis terdepan dalam hal evolusi digital, untuk mendukung pertumbuhan Indonesia,” pungkas Shanti.

Penulis: Tim Media Servis