Mengenal Istilah Cord Cutting, Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Oleh: Cornelia Agata Wiji Setianingrum - 15 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Cord cutting adalah peralihan model layanan televisi dari yang awalnya menggunakan kabel sebagai penghubung menjadi berubah ke layanan internet untuk siaran TV.
tirto.id - Istilah cord cutting sudah mulai tren di masyarakat Indonesia sejak tahun 2010 seiring dengan munculnya layanan TV streaming seperti Netflix, Apple TV dan Hulu.

Cord cutting adalah peralihan model layanan televisi dari yang awalnya menggunakan kabel sebagai penghubung menjadi berubah ke layanan internet untuk siaran TV.

Untuk itu, cord cutting selalu memerlukan internet agar selalu bisa mengakses layanan streaming video. Peralihan itulah yang membuat layanan kabel dan satelit tergeser oleh streaming internet.

Namun, mengakses layanan TV streaming membutuhkan beberapa tambahan peralatan seperti memasang internet di rumah.

Berikut beberapa prosedur yang harus dilakukan apabila ingin mengalihkan layanan TV dari kabel menuju TV streaming seperti:

1. Pemasangan Internet

Layanan internet bisa dipasang menggunakan Router yang berfungsi sebagai Wi-Fi untuk terhubung pada semua perangkat yang ada di dalam rumah agar dapat mengakses layanan TV streaming.

2. Kapasitas Internet

Anda harus memikirkan kecepatan internet yang akan digunakan. Besarnya kecepatan diukur berdasarkan banyaknya perangkat yang akan terhubung dengan internet seperti jumlah TV, jumlah laptop, jumlah smartphone dan sebagainya.

3. Berlangganan Streaming

Pilihlah langganan streaming yang dapat diakses oleh perangkat yang terhubung. Anda dapat memilih lebih dari satu layanan video online. Selain itu, juga memilih sumber video streaming gratis yang dapat Anda gunakan untuk mengisi langganan Anda.

4. Perangkat Pendukung Streaming

Setelah berlangganan beberapa layanan streaming, Anda dapat mengaksesnya dengan mengunduh aplikasi mereka pada perangkat streaming, seperti Roku's Streaming Stick atau Amazon's Fire TV Stick.

Perangkat ini akan terhubung ke port HDMI televisi Anda dan terhubung ke internet melalui jaringan Wi-Fi rumah Anda.

Terlepas dari prosedur yang harus dipenuhi bila ingin mengubah layanan TV menjadi TV Streaming, menggunakan TV Streaming sejatinya memiliki kelebihan yang juga tak luput dari kekurangan seperti:

Kelebihan :

  • Menghemat pengeluaran
  • Dapat menentukan sendiri saluran yang diinginkan
  • Meminimalisir iklan karena saluran yang muncul hanya yang dipilih

Kekurangan :

  • Layanan streaming video langsung (live streaming) terbatas
  • Bergantung pada kecepatan bandwidth internet
  • Tidak tersedianya saluran/program tertentu

Baca juga artikel terkait TV STREAMING atau tulisan menarik lainnya Cornelia Agata Wiji Setianingrum
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Penulis: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight