Mengenal Bahaya Triclosan, Anti-Mikroba yang Dipake Produksi Sabun

Oleh: Balqis Fallahnda - 15 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Beberapa masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh triclosan, bahan antimikrobia pada sabun
tirto.id - Triclosan kerap dipakai dalam produksi deodoran, krim cukur, pasta gigi, sabun, deterjen, pakaian, talenan, hingga kartu kredit.

Triclosan merupakan bahan kimia antibakteri dan antimikroba yang selama ini banyak digunakan dalam pembuatan produk perawatan.

Sementara itu, ahli biokimia University of Maine Julie Gosse, PhD dalam WebMD menerbitkan studi tentang efek triclosan pada mitokondria, satu komponen sel yang berperan dalam reproduksi dan fungsi lainnya.

“Kami tahu bahwa triclosan merusak mitokondria, dan kami tahu bahwa fungsi mitokondria sangat penting untuk reproduksi, dan kami tahu bahwa triclosan mempengaruhi reproduksi,” tambahnya.

United States Food and Drug Administration (FDA) pada tahun 2016 melarang triclosan sebagai bahan pembuat sabun cair dan batangan di Amerika Serikat. Tindakan ini dilakukan karena FDA belum menerima bukti yang cukup meyakinkan manfaat triclosan pada barang-barang tersebut.

FDA juga melarang triclosan pada sabun pencuci tangan dan antiseptik yang digunakan untuk kebutuhan medis, karena kurangnya data mengenai keamanannya.

Di sisi lain, FDA mengizinkan triclosan untuk dimasukkan dalam bahan pembuat pasta gigi karena aman dan efektif untuk kesehatan gigi dan mulut.

Healthline menulis, menurut perwakilan FDA, agensi terus memantau literatur medis dan sumber data lain tentang keamanan triclosan.

Lebih dari 200 ilmuwan dan profesional medis yang menandatangani Pernyataan Florance mengenai Triclosan dan Triclocarbon yang diterbitkan pada tahun 2017 menguraikan beberapa masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh triclosan, sebagai berikut:
  • Reproduksi dan perkembangan manusia
Penelitian pada hewan menunjukkan keterkaitan triclosan dengan penurunan kadar testosteron dan mengurangi produksi sperma. Triclosan juga dapat mempengaruhi tiroid, yang menghasilkan hormon penting untuk perkembangan otak pada anak-anak.
  • Alergi dan asma
Penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa triclosan dapat membuat orang lebih sensitif terhadap alergen.

"Triclosan dapat berkontribusi pada peningkatan alergi dan asma yang kita lihat," kata Schettler, salah satu dari 200 ilmuwan dan profesional medis yang menandatangani Pernyataan Florance.
  • Resistensi antibiotik dan antimikroba
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bakteri dapat menjadi kebal terhadap triclosan dari waktu ke waktu. Itu mungkin membuat antimikroba lain jadi kurang efektif.
  • Bakteri usus
Sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Mei berfokus pada triclosan dalam satu jenis produk tertentu: pasta gigi. Penelitian tersebut dipimpin oleh Guodong Zhang, PhD, asisten profesor ilmu pangan di University of Massachusetts.

Peneliti memberi tikus triclosan dalam jumlah yang mereka katakan sebanding dengan apa yang Anda serap ketika Anda menyikat gigi. Mereka menemukan bahwa hal itu mengubah bakteri usus tikus. Setelah 3 minggu, beberapa tikus memiliki masalah usus, termasuk radang usus besar. Pada tikus yang dibiakkan, mengalami kanker usus besar.




Baca juga artikel terkait TRICLOSAN atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Kesehatan)


Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight