Live Streaming Debat Pilpres 2019 Tahap Kelima Malam Ini 20.00 WIB

Oleh: Fitra Firdaus - 13 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Live streaming debat pilpres 2019 tahap kelima antara capres dan cawapres nomor urut 01 dan 02 dapat dilakukan dengan memantau TVOne, ANTV, Beritasatu, NET TV, Metro TV, Metro TV, CNN Indonesia, hingga Kompas TV pada Sabtu (13/4/2019) pukul 20.00 WIB.
tirto.id - Live streaming debat pemilihan presiden (pilpres) 2019 tahap kelima dapat dilakukan dengan memantau TVOne, ANTV, Beritasatu, NET TV, Metro TV, Metro TV, CNN Indonesia, hingga Kompas TV. Debat ini dilaksanakan pada Sabtu (13/4/2019) pukul 20.00 WIB di Hotel Sultan, Jakarta.

Debat pilpres tahap kelima kali ini akan diikuti kembali oleh pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 dan 02, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sebelum ini, sudah diadakan empat tahap debat dengan tema yang berbeda-beda.

Debat pilpres 2019 yang kelima memiliki tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, serta perdagangan dan industri. Akan ada berbagai pertanyaan terkait tema tersebut dari 10 panelis yang dihimpun oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Para panelis tersebut adalah Mohammad Nasih (rektor Universitas Airlangga), Arief Mufriani (Dosen FIB UIN Syarif Hidayatullah), Eddy Suratman (Guru Besar FEB Universitas Tanjungpura), Hanif Amali Rivai (Dekan FE Universitas Andalas), juga Suharnomo (Dekan FEB Universitas Diponegoro).

Selain itu, panelis lain adalah Herman Karamoy (Dekan FEB Universitas Sam Ratulangi) dan I Nyoman Mahaendra Yasa (Dekan FEB Universitas Udayana), Dermawan Wibisono (Guru Besar SBM ITB), Tukiman Tarunasayoga (Dosen Community Development Unika Soegijapranoto, Undip, dan UNS), dan Rachmi Hertanti (Direktur Eksekutif Indonesia For Global Justice).

Seperti debat-debat sebelumnya, terdapat enam segmen dalam debat terakhir ini. Sesi pertama disi penyampaian visi misi program oleh pasangan capres dan cawapres. Sesi kedua dan ketiga pendalaman visi misi, program melalui pertanyaan yang dibuat panelis.

Berikutnya, sesi keempat dan kelima adalah debat antar kandidat dan sesi keenam adalah pernyataan penutup.

"Konsepnya sama semua, lebih mematangkan karena calon presiden dan calon wakil presiden sama-sama kembali," kata Komisioner KPU Viryan Azis dikutip Tirto pada Jumat (11/4/2019).



Sementara itu, ada harapan dari peneliti Publish What You Pay (PWYP) Indonesia, Meliana Lumbantoruan, bahwa dalam debat kelima ini pasangan capres-cawapres 01 dan 02, tidak hanya sekadar berbicara soal kartu sakti dan kebocoran anggaran.

Menurut Meliana, masalah pokok yang banyak disorot dalam empat tahun terakhir memang ekonomi, kesejahteraan sosial, investasi, keuangan dan industri. Oleh karenanya, ia ingin pemaparan capres dan cawapres lebih bermutu.

Misalnya, terkait cara meningkatkan kesejahteraan di daerah-daerah miskin yang menjadi lokasi pertambangan karena sumber daya alamnya melimpah.

"Kita ingin lihat dari masing-masing faktor apakah ada strategi untuk mendapatkan kompensasi dari kerusakan sumber daya alam di daerah kaya ada yang miskin," ucap Meliana dalam diskusi di Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (12/4/2019).




Debat pilpres kelima pada Sabtu (13/7/2019) kali ini dapat dipantau melalui live streaming TVOne, ANTV, Beritasatu, dan NET TV. Namun, beberapa stasiun televisi seperti Metro TV, CNN Indonesia, hingga Kompas TV juga menayangkan debat tersebut.

Live Streaming Debat Pilpres 2019 ke-4 di TVOne

Baca juga artikel terkait DEBAT PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Politik)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus