Link Live Quick Count Pilkada Surabaya dan Pilkada Medan 2020

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 9 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Live quick count Pilkada Surabaya 2020 dan Pilkada Medan 2020 dari lembaga survei.
tirto.id - Hasil hitung cepat atau quick count Pilkada Surabaya dan Pilkada Medan 2020 bisa disaksikan melalui lembaga survei yang ditayangkan di televisi. Menurut Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi, lima lembaga survei yang terdaftar di KPU tersebut adalah:

1. Charta Politika Indonesia.

2. PT. Indo Barometer.

3. Poltracking Indonesia.

4. Surabaya Survey Center.

5. Populi Center.

Pilkada Surabaya 2020 diikuti pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji. Paslon nomor urut 01 tersebut diusung oleh PDI Perjuangan dan didukung oleh PSI.

Selain itu mereka juga mendapatkan tambahan kekuatan dari enam partai politik non parlemen, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda.

Sedangkan pasangan Machfud Arifin-Mujiaman dengan nomor urut 02 diusung koalisi delapan partai yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat dan Partai Nasdem serta didukung partai non-parlemen yakni Partai Perindo.

Menantu Jokowi, Bobby Nasution bertarung di Pilkada Medan 2020 berpasangan dengan Aulia Rachman melawan Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi.

Pasangan Bobby-Aulia diusung oleh sejumlah partai politik yaitu PDI Perjuangan, Gerindra, PAN, Golkar, Nasional Demokrat, Hanura, PSI, dan PPP.

Sementara itu, lawan politiknya di Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi diusung oleh partai politik PKS dan Demokrat.

Link hasil hitung cepat Pilkada Medan, Solo, dan Tangsel 2020 di GTV.

Live streaming hasil hitung cepat quick count Pilkada 2020 di Kompas TV.

Live streaming hasil hitung cepat quick count Pilkada 2020 di Metro TV.

Live streaming hasil hitung cepat quick count Pilkada 2020 di TV One.

Link Hasil Hitung Cepat Quick Count Pemilu 2020 di iNews.

Quick count dalam Bahasa Indonesa berarti hitung cepat. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) hitung cepat adalah metode untuk memverifikasi hasil pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah berdasarkan hasil yang diperoleh dari sejumlah tempat pemungutan suara yang dijadikan sampel.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa quick count atau hitung cepat adalah sebuah metode verifikasi hasil pemilihan umum yang dilakukan dengan menghitung persentase hasil pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan sampel.

Hitung cepat memberikan gambaran dan akurasi yang lebih tinggi, karena hitung cepat menghitung hasil pemilu langsung dari TPS target, bukan berdasarkan persepsi atau pengakuan responden.


Baca juga artikel terkait PILKADA 2020 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Politik)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight