Kronologi Perusakan dan Pembakaran Polsek Ciracas

Oleh: Rio Apinino - 12 Desember 2018
Polsek Ciracas dibakar massa Rabu (12/12/2018) dini hari. Diduga terkait dengan pengeroyokan seorang tentara oleh juru parkir.
tirto.id - Polsek Ciracas dirusak dan dibakar oleh gerombolan orang, Rabu (12/12/2018) sekitar pukul 00.25 dini hari. Diduga ini berkaitan dengan pengeroyokan Kapten Laut Joko oleh sejumlah tukang parkir di ruko Arundina, dua hari sebelumnya.

Dalam laporan tertulis yang diterima Tirto, Kapolres Jaktim Kombes Pol. Tony mengatakan pada 11 Desember pukul 19 malam bahwa pelaku pengeroyokan akan ditangkap maksimal dalam dua hari. Dia akan diproses sesuai hukum yang berlaku.

Tony menyampaikan itu di hadapan 300 orang tentara dari tiga matra yang sengaja datang untuk meminta klarifikasi.

Namun apa yang disampaikan Tony tak membuat tentara puas. Terjadi keributan kira-kira pukul 22.30. 20 menit kemudian, anggota TNI melakukan penghadangan di Jalan Raya Bogor. Dua sipil terluka karena itu.

Kemudian, pada pukul 23.21, dilaporkan "7 orang TNI masuk ke ruang tahanan Polsek untuk mencari pelaku, tapi belum ditemukan." Rombongan TNI meninggalkan Polsek Ciracas pukul 23.38. Mereka berencana ke tempat kejadian perkara.

"Pukul 00.25 massa melakukan perusakan dan pembakaran Polsek Ciracas," tulis laporan, tanpa menyebut siapa yang melakukan itu.

Api baru bisa dipadamkan pukul 01.30.

Karena pembakaran tersebut, tak hanya gedung yang rusak, tapi juga tujuh mobil polisi dan satu motor.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Jaya/Jayakarta Kolonel Inf Kristomei Sianturi mengatakan saat ini sedang diselidiki siapa pelaku perusakan.

"Ini akan diselidiki, apakah ada keterkaitan dengan pengeroyokan anggota TNI dengan pembakaran Mapolsek Ciracas. Ini juga diselidiki siapa pelaku pembakaran Mapolsek," kata Kristomei, mengutip Antara.


Baca juga artikel terkait MAPOLSEK CIRACAS DIBAKAR atau tulisan menarik lainnya Rio Apinino
(tirto.id - Hukum)

Sumber: antara
Penulis: Rio Apinino

DarkLight