Kementerian PUPR Siapkan Skema Kredit KPR Khusus Generasi Milenial

Oleh: Hendra Friana - 11 Desember 2018
Kementerian PUPR saat ini tengah mengkaji skema kredit kepemilikan rumah (KPR) bagi generasi milenial.
tirto.id -
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyiapkan skema pembiayaan perumahan khusus untuk generasi milenial.

Plt Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Khalawi Hamid, menyampaikan pihaknya masih memperhitungkan apakah program tersebut bakal masuk ke dalam skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) atau menggunakan skema baru.

Sesuai arahan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, direktoratnya bakal mengkaji penghilangan batas gaji pokok untuk pengajuan KPR bersubsidi yang besarnya Rp4-7 juta.

"Sesuai arahan Pak Menteri, ya, nanti kami akan perhitungkan dulu, perencanaan skemanya, termasuk batasan gaji pokok," kata Khalawi saat dihubungi Tirto, Selasa (11/12/2018).

Rencana untuk menghilangkan batasan gaji pokok tersebut perlu dipertimbangkan mengingat kalangan milenial bergaji tinggi belum tentu mampu untuk kredit perumahan komersil non-subsidi.

Jika hal tersebut bisa dilakukan, kata Khalawi, maka skema FLPP untuk KPR bersubsidi bisa dinikmati oleh kalangan milenial dengan gaji lebih dari 7 juta.

"Nanti kami rencananya akan berdiskusi dulu sama para milenial ini, kan, supaya tahu seperti apa kebutuhan mereka. Bisa dari kalangan mahasiswa, akademisi, macam-macam lah," imbuhnya.


Baca juga artikel terkait KPR atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Maya Saputri
DarkLight