Kelompok Sosial: Pengertian, Syarat Terbentuk, Serta Jenis-Jenisnya

Oleh: Endah Murniaseh - 21 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Kelompok sosial adalah himpunan manusia yang hidup bersama karena saling berhubungan di antara mereka secara timbal balik dan saling memengaruhi.
tirto.id - Sebagai individu yang selalu berinteraksi dengan orang lain atau biasa dikenal dengan makhluk sosial, tentu tidak asing dengan istilah "kelompok sosial".

Menurut Soerjono Soekanto, kelompok sosial adalah himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama karena saling berhubungan di antara mereka secara timbal balik dan saling memengaruhi.

Mengutip dari publikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, kelompok sosial biasa terbentuk secara alamiah dari diri individu atapun secara kebetulan. Faktor kedekatan serta kesamaan menjadi faktor utama bagaimana kelompok sosial bisa terbentuk.

Seperti halnya karena kedekatan geografis, dengan hal ini maka akan membuat masing-masing individu mudah untuk berkomunikasi. Selain itu, seorang individu sering kali berinteraksi dengan individu lain yang memiliki kesamaan dengannya. Hingga akhirnya mereka membentuk kelompok sosial.

Soerjono Soekanto dalam bukunya yang berjudul "Sosiologi Suatu Pengantar" menyampaikan bahwa terdapat persyaratan yang harus dipenuhi agar suatu kumpulan masyarakat dapat disebut kelompok sosial, seperti:
  • Terdapat kesadaran antar setiap anggota kelompok bahwa ia merupakan bagian dari kelompok yang bersangkutan
  • Memiliki hubungan timbal balik antar satu anggota dan anggota lainnya
  • Adanya faktor yang dimiliki bersama yang akan membuat hubungan antar anggota menjadi semakin erat, yang dapat merupakan nasib, kepentingan, tujuan, ideology politik yang sama. Serta mempunyai musuh bersama. Dalam hal ini, musuh dapat menjadi factor pengikat serta pemersatu
  • Terstruktur, berkaidah serta memiliki pola perilaku
  • Tersistem dan berproses.
Kelompok sosial sendiri memiliki jenis yang berbeda-beda berdasarkan karakter anggota ataupun sistem dari kelompok tersebut. Berikut adalah jenis-jenis dari kelompok sosial.

  • Kelompok statistik
Merupakan kelompok yang tidak memiliki hubungan sosial yang sesungguhnya. Pengelompokan ini biasanya berdasarkan pada data angka yang telah didapatkan.

  • Kelompok kemasyarakatan
Merupakan kelompok yang memiliki persamaan dalam kelompok, namun tidak terdapat susunan organisasi serta hubungan sosial antar anggotanya.

  • Kelompok sosial
Suatu kelompok yang setiap anggotanya memiliki kesadaran jenis serta berhubungan satu dengan lainnya. Namun tidak terikat dalam ikatan organisasi.

  • Kelompok asosiasi
Dalam kelompok sosial ini, setiap anggota memiliki kesadaran bersama bahwa dalam kelompok. Masing-masing anggota memiliki tanggung jawab atas kepentingan kelompoknya. Sehingga para anggota melakukan hubungan sosial, komunikasi dan ikatan organisasi formal.




Baca juga artikel terkait KELOMPOK SOSIAL atau tulisan menarik lainnya Endah Murniaseh
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight