Kandungan Nutrisi Ikan Mujair dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Kontributor: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans - 2 Jul 2022 07:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Di balik rasanya yang lezat dan harganya yang terjangkau, ikan mujair ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh.
tirto.id - Ikan mujair merupakan jenis ikan air tawar yang sering dikonsumsi masyarakat sebagai sumber protein. Di balik rasanya yang lezat dan harganya yang terjangkau, ikan mujair ternyata memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Sekilas, ikan ini terlihat mirip dengan ikan nila karena tergolong dalam genus yang sama. Akan tetapi nilai dan mujair berasal dari spesies yang berbeda. Ikan mujair merupakan spesies ikan air tawar yang memiliki nama latin Oreochromis mossambicus dan disebut sebagai Java Tilapia.

Melansir dari situs Healthline, mulanya ikan ini berada di perairna Afrika Selatan. Namun, kini ikan mujair dibudidayakan di lebih dari 135 negara. Ikan mujair merupakan sumber protein dengan beberapa vitamin dan mineral, seperti selenium, vitamin B12, niasin dan kalium.

Kandungan Nutrisi dalam Ikan Mujair


Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, kandungan nutrisi yang terdapat pada 100 gram (g) ikan mujair goreng yaitu:

  • Energi: 416 kalori (Kal)
  • Protein: 46.9 g
  • Lemak: 23.9 g
  • Kalsium: 346 miligram (mg)
  • Fosfor: 654 mg
  • Natrium: 54 mg
  • Kalium: 278.9 mg
  • Retinol (Vitamin A): 12 mikrogram (mcg)

Dari kandungan gizinya, ikan mujair merupakan sumber protein serta lemak yang dilengkapi dengan beragam mineral dan vitamin.

Ikan mujair juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 (lemak jenuh). Ketidakseimbangan kadar kedua asam lemak inilah yang menjadi salah satu penyebab munculnya perdebatan bahwa ikan mujair dapat membahayakan kesehatan.

Kandungan omega-3 dalam ikan mujair sudah dikenal dapat membawa banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  • menjaga kesehatan jantung;
  • menjaga kesehatan mental;
  • mengurangi perlemakan hati;
  • melawan peradangan.

Tidak seperti yang kita bayangkan, ternyata kandungan omega-6 ini juga memainkan peran penting dalam tubuh, seperti:

  • menyediakan energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari;
  • menurunkan kolesterol jahat dalam darah;
  • membantu menjaga kadar gula darah normal.

Jenis mineral lain yang juga melengkapi nutrisi ikan mujair adalah selenium yang berguna mendukung berbagai fungsi organ tubuh.

Untuk menyeimbangkan kandungan nutrisi dalam hidangan ikan mujair, Anda dapat menambah asupan asam lemak omega-3 dengan jenis makanan lain yang kaya akan omega-3, seperti almond dan chia seed.

Manfaat Kandungan Ikan Mujair


Karena kandungan nutrisinya yang tinggi, ikan mujair memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Melansir dari situs WEBMD, berikut ini ulasan manfaat mengkonsumsi ikan mujair bagi kesehatan.

1. Mencegah kanker


Ikan mujair adalah sumber selenium yang sangat baik, karena satu fillet nila mencakup 88 persen dari nilai selenium harian Anda.

Meskipun kebutuhan selenium pada tubuh tidak besar, mineral ini sangat penting untuk mendukung berbagai fungsi tubuh. Selenium berperan dalam pencegahan kanker, penyakit jantung, penurunan kognitif, dan penyakit tiroid.

2. Menjaga kesehatan jantung


Ikan mujair dikenal mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Bahkan, ikan ini memberikan lebih banyak omega-3 dibandingkan daging sapi, babi, ayam, dan kalkun.

Lemak tak jenuh ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Omega-3 sendiri bekerja dengan cara mengurangi pembekuan darah, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko stroke dan gagal jantung, serta mengurangi detak jantung tidak teratur (aritmia).

3. Membantu memelihara tulang


Nutrisi yang terkadung dalam ikan mujair, seperti kalsium, vitamin D, magnesium, serta fosfor dapat bermanfaat bagi tubuh untuk memelihara tulang.



Baca juga artikel terkait NUTRISI IKAN MUJAIR atau tulisan menarik lainnya Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
Penulis: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
Editor: Yonada Nancy

DarkLight