Kampanye Perdana: BPN Ofensif di Kandang Jokowi, TKN Konsolidasi

Oleh: Hendra Friana - 23 Maret 2019
BPN Prabowo-Sandiaga memulai jadwal kampanye terbuka perdana besok masuk ke wilayah yang didominasi oleh pendukung Jokowi-Ma'ruf, yakni Solo dan Sragen, Jawa Tengah.
tirto.id -
Hari pertama kampanye terbuka Pilpres 2019, Minggu, 24 Maret 2019, dimanfaatkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga untuk masuk ke wilayah yang didominasi oleh pendukung Jokowi-Ma'ruf, yakni Solo dan Sragen, Jawa Tengah.

Sebelum ke agenda utama di Gedung Sasana Manggala, Sragen, lokasi kampanye di sarang pendukung Jokowi yang rencananya disambangi Sandiaga Uno adalah Lapangan Banyuanyar, Solo.

Jadwal perdana kampanye terbuka yang terkesan ofensif itu berkebalikan dengan agenda Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf yang justru memulai kampanye di Banten.

Sekretaris TKN, Hasto Kristiyanto, mengatakan, hal itu merupakan konsekuensi dari hasil undian zona kampanye yang diselenggarakan oleh KPU. Kebetulan, kata Hasto, Jokowi dan Ma'ruf jadwal awal di Zona B yang minus daerah Jawa Tengah.

"Hasil undian tanggal 24 kita dapat Zona B dan di dalamnya ada Banten," ujarnya di Sekretariat TKN Jokowi-Ma'ruf, Jakarta Pusat, Sabtu (23/3/2019).

Lagi pula, kata Hasto, Banten merupakan wilayah dengan basis relawan Jokowi-Ma'ruf yang cukup besar. Hal ini dapat dijadikan momentum untuk memperkuat jaringan relawan dan pendukung paslon 01 agar makin solid.

"Kami pilih karena penduduknya juga padat dan penguatan dari Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin dan seluruh partai termasuk PDIP," ucap Hasto.

Agenda kampanye terbuka pertama yang direncanakan di Banten itu berlangsung di GOR Maulana Yusuf Ciceri, Serang, Banten, pukul 16.00 WIB.

Hasto mengatakan, pihaknya telah menyiapkan konsep kampanye agar pasangan calon presiden dekat dengan rakyat, sesuai dengan filosofi capres Joko Widodo (Jokowi).

"Besok pagi akan mengadakan kampanye terlebih dahulu sebagai pre-conditioning. sehingga pada saat jam 3 ketika kampanye dihadiri oleh Jokowi-Maruf seluruh partai koalisi indonesia kerja bergerak ke Banten," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Politik)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Maya Saputri
DarkLight