Jelang Debat Capres, TKN: Jokowi Sudah Hafal Data di Luar Kepala

Oleh: Felix Nathaniel - 17 Februari 2019
Menurut Arsul, data tersebut bukan dalam bentuk catatan, tetapi sudah dihafalkan Jokowi.
tirto.id - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arsul Sani mengklaim persiapan capres nomor urut 01 jelang debat kedua Pilpres 2019 sudah maksimal. Arsul menegaskan, penguasaan materi dan gaya bicara Jokowi akan mendukungnya dalam debat kedua.

Dalam persiapan debat ini, Jokowi juga telah mempunyai data penunjang. Menurut Arsul, data tersebut bukan dalam bentuk catatan, tetapi sudah dihafalkan Jokowi.

"Persiapan data sudah ada karena Pak Jokowi ini calon presiden yang sedang menjabat sebagai presiden. Jadi kalau soal data itu sebagian sudah ada di benak dan otak beliau tentu saja," tegas Arsul di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Namun, saat ditanya soal gaya debat Jokowi nanti, Arsul enggan buka suara. Menurut dia, akan tidak seru apabila dibocorkan.

"Terkait dengan gaya style nanti sama-sama kita lihat enggak seru kalau dibocorkan sekarang," katanya lagi.

Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Aria Bima menyatakan bahwa capres nomor urut 01 itu akan tampil lebih santai daripada debat pertama.

Dalam debat pertama, Jokowi memang lebih "menyerang" Prabowo. Beberapa kasus, misalnya caleg koruptor dari Partai Gerindra dan kasus hoaks Ratna Sarumpaet.

"Satu hal yang beda, bahwa kali ini Pak Jokowi enggak akan serius-serius amat, untuk tampilannya akan lebih banyak senyum. Show-nya akan lebih banyak ya, tidak seperti kemarin. Kenapa demikian? karena respons publik menginginkan Pak Jokowi lebih smile, lebih friendly, di dalam melakukan acara-acara debat pada hari ini saya kira itu," tegas Aria di lokasi yang sama.


Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Alexander Haryanto