Jadwal Tayang Film Generasi 90an: Melankolia dan Sinopsis Singkat

Oleh: Putri Avi Nursasi - 26 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Film Generasi 90an: Melankolia dirilis pada akhir 2020 untuk "obat" atas kerinduan para pencinta sinema Indonesia pada karya baru di layar lebar.
tirto.id - Film Generasi 90an: Melankolia dipastikan bakal tayang perdana secara resmi pada 24 Desember 2020. Film ini akan ditayangkan di seluruh bioskop Indonesia secara serentak. Akun media sosial Cinema XXI dan CGV juga sudah merilis poster film dan trailer ini.

Angga Dwimas Sasongko, CEO Visinema sekaligus produser film ini, mengtakan penetapan jadwal rilis Generasi 90an: Melankolia sudah lama didiskusikan, dan sengaja diagendakan pada akhir tahun sebagai hadiah bagi pecinta sinema Indonesia di tengah masa pandemi.

Angga berharap perilisan Generasi 90an: Melankolia pada akhir tahun 2020 bisa membawa penonton Indonesia kembali ke bioskop dan menuntaskan rasa rindu menonton film tanah air terbaru di layar lebar.

"Dalam merespons situasi saat ini (pandemi), strategi terburuk adalah dengan tidak melakukan apa pun. Sehingga Visinema merasa perlu untuk mulai bergerak," kata Angga seperti dilansir Antara pada Rabu (25/11/2020).

"Karena pada akhirnya agar bisa me-recovery market perfilman, perlu adanya stimulus. Contohnya seperti konten yang baru, fresh, dan besar," imbuhnya.

Generasi 90an: Melankolia diadaptasi dari buku "Generasi 90an" karya Marchella FP. Ia sosok di balik buku "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini" yang juga diadaptasi dalam film dengan judul yang sama dan dirilis Visinema Pictures pada awal tahun 2020.

Selain melibatkan banyak pemeran muda, sejumlah karakter dalam Generasi 90an: Melankolia juga dimainkan aktor hits pada era 90-an seperti Gunawan, Marcella Zalianty, Frans Mohede, dan Amara Mohede.


Kisah dalam film ini terinspirasi dari tiga lagu tenar era 90-an dan awal 2000-an, yakni "Sephia" dari Sheila on 7, "Begitu Indah" dari Padi, dan "Cintakan Membawamu Kembali" dari Dewa 19.

Film yang disutradarai Irfan Ramly itu bercerita tentang, Abby (Ari Irham), anak muda yang sedang mencari jati diri dan selalu menjadikan kakaknya, yakni Indah (Aghniny Haque) sebagai sosok yang ia kagumi.

Namun, Abby harus menerima kenyataan bahwa kakaknya hilang dalam sebuah kecelakaan pesawat. Di dalam kesedihannya, ia menemukan Sephia (Taskya Namya), sahabat kakaknya sebagai sosok pengganti Indah.

Benarkah kehadiran Sephia bisa membantu Abby mengikhlaskan kakaknya atau justru membuat dia malah kehilangan dirinya?



Baca juga artikel terkait FILM GENERASI 90AN MELANKOLIA atau tulisan menarik lainnya Putri Avi Nursasi
(tirto.id - Film)

Penulis: Putri Avi Nursasi
Editor: Addi M Idhom
DarkLight