Istri Mendiang Chester Bennington Jadi Duta Kesehatan Mental

Oleh: Alexander Haryanto - 27 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Janda mendiang Chester Bennington, mendapat penghargaan Duta Kesehatan Mental.
tirto.id - Janda dari mendiang Chester Bennington, Talinda dianugerahi penghargaan Duta Kesehatan Mental. Penghargaan itu diberikan oleh Didi Hirsch Mental Health Services, sebuah organisasi nirbala yang fokus pada kesehatan mental, penyalahgunaan zat dan layanan pencegahan bunuh diri selama lebh dari 75 tahun.

Dilansir NME, setelah pentolan Linkin Park itu bunuh diri pada 2017 lalu, Talinda bekerja sama dengan Campaign To Change Direction untuk membantu para keluarga menghadapi masalah kesehatan mental.

“Saya merasa terhormat menjadi penerima Penghargaan Duta Kesehatan Mental tahun 2020 dari Didi Hirsch Center tahun ini. Terima kasih banyak atas penghargaan ini, ”kata Talinda dalam sebuah video yang dibagikan ke media sosial.

“Pada bulan Juli 2017, saya kehilangan suami saya, ayah dari anak-anak saya, Chester Bennington, karena bunuh diri. Setelah [kematiannya], saya segera menyadari bahwa ada banyak stigma seputar bunuh diri dan kesehatan mental. Dan saya ikut mendirikan 320 Perubahan Arah atas namanya."

Dia menambahkan: "Saya tidak bisa lebih bangga dengan organisasi Didi Hirsch dan semua peluang, sumber daya dan kelompok pendukung yang mereka sediakan untuk keluarga yang membutuhkan, terutama selama krisis COVID-19."

Vokalis Linkin Park, Chester Bennington, dilaporkan meninggal dunia, Kamis (21/7) karena gantung diri. Jenazah Bennington ditemukan pukul 9 pagi waktu Los Angeles oleh istrinya sendiri.

Situs berita selebriti, TMZ, yang pertama kali melaporkan berita meninggalnya Bennington. Setelah itu, situs musik seperti Spin maupun Billboard menurunkan berita yang sama. Bennington merupakan figur penting dalam kancah musik alternatif dekade 90-an.

Ia menggantikan vokalis Mark Wakefield pada 1999, dan menjadi bagian dari band yang dulu bernama Hybrid Theory ini. Setelah mengganti nama jadi Linkin Park, band ini melepas album debut berjudul Hybrid Theory pada Oktober 2000. Album ini meledak, laku 4,8 juta kopi. Membuat nama Linkin Park masuk dalam sirkuit band rock yang patut diperhitungkan.

-----------------------------

Depresi bukan hal yang layak untuk dianggap enteng, apalagi ditertawakan. Orang yang mengalami depresi amat butuh kawan yang mau mendengarkan. Jika Anda merasakan tendensi untuk melakukan bunuh diri, atau melihat teman atau kerabat yang memperlihatkan tendensi tersebut, amat disarankan untuk menghubungi dan berdikusi dengan pihak terkait, seperti psikolog atau psikiater maupun klinik kesehatan jiwa.

Salah satu yang bisa dihubungi adalah Into the Light yang dapat memberikan rujukan ke profesional terdekat (bukan psikoterapi/ layanan psikofarmaka). Kontak di surel: pendampingan.itl@gmail.com dan intothelight.email@gmail.com.


Baca juga artikel terkait CHESTER BENNINGTON atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight