Instagram Rilis Threads, Aplikasi Chat Khusus Close Friends

Oleh: Ibnu Azis - 4 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Threads menghubungkan pengguna Instagram dengan teman-teman dekatnya melalui 'ruang' obrolan khusus yang mengutamakan privasi.
tirto.id - Facebook merilis aplikasi pesan instan bernama Threads untuk pengguna Instagram, Kamis (3/10/2019). Aplikasi chat berbasis kamera ini membantu para pengguna Instagram untuk tetap terhubung dengan teman dekat mereka (Close Friends).

"Threads adalah aplikasi mandiri yang dirancang dengan privasi dan kecepatan. Anda dapat berbagi foto, video, pesan, cerita, dan lainnya dengan daftar teman dekat Instagram Anda," tulis Robby Stein, Direktur Produk Instagram dalam keterangan tertulis dikutip Jumat (4/10).

Meski terpisah dari Instagram, Threads tetap terhubung dengan media sosial berbasis foto itu. Ini terkait privasi, lantaran Threads dapat jadi 'ruang khusus' agar obrolan dengan orang-orang terdekat lebih privat. Artinya, pengguna Threads punya kontrol penuh.

"Anda dapat mengendalikan siapa yang dapat menghubungi Anda di Threads, dan Anda dapat menyesuaikan pengalaman di sekitar orang-orang yang paling berarti bagi Anda," jelas Stein.

Melansir The Verge, Threads punya tiga komponen inti, yakni kamera, kotak masuk, dan status.


Kamera merupakan menu default ketika pengguna membuka Threads. Fitur ini hanya untuk mengambil foto dan video, tak ada filter di sana. Threads juga menawarkan pintasan yang dapat disesuaikan untuk akses cepat ke teman dekat terpilih.

Kotak masuk berisi daftar pesan langsung dari teman-teman dekat pengguna. Sementara status, bertujuan agar pengguna dapat berbagi aktivitasnya terkini kepada orang-orang terdekatnya.

"Aktifkan Auto Status [saat berpergian] yang secara otomatis berbagi konteks di mana Anda sedang berada tanpa memberikan koordinat," tulis Stein.

Menurut Forbes, kehadiran Threads secara tak langsung menantang eksistensi Snapchat. Facebook dan Snap, induk Snapchat, telah lama berkompetisi untuk menggaet pengguna muda.

Terlebih, data terkini dari penelitian Pew Research menunjukkan sebanyak 73 persen warga AS berusia 18-24 tahun menggunakan Snapchat dan Instagram.

Kendati Facebook masih jadi media sosial paling banyak digunakan oleh penduduk dewasa di AS, hanya setengah dari remaja berusia 13-17 tahun yang menggunakannya, masih menurut Pew Research.


Ini bukan pertama kali Facebook mengembangkan aplikasi pesan instan sebagai pendamping Instagram. Pada Desember 2017 lalu, lahir Direct, tapi usianya tak lama, lantaran pada Mei 2019 dimatikan.

Saat itu, Direct diuji coba terbatas di sejumlah negara, tapi peserta beta mengeluhkan kesulitan berganti aplikasi ke Instagram saat ingin mengirim pesan, Techcrunch melansir.

Di sisi lain, kehadiran Threads seakan membuktikan keseriusan Facebook menggenjot fitur komunikasi di platform-platform miliknya.

Sebelumnya, Facebook bahkan berencana mengintegrasikan tiga platformnya, yakni Instagram, WhatsApp, dan Messenger. Ambisi ini diungkapkan Mark Zuckerberg pada awal 2019 yang menurutnya adalah proyek jangka panjang.

Integrasi itu, melansir BBC, bukan menggabungkan WhatsApp, Instagram, dan Messenger untuk menjadi satu aplikasi, tapi masing-masing masih berupa aplikasi mandiri. Sehingga, pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain secara lintas platform.

Adapun Threads tersedia untuk perangkat Android dan iOS yang sudah dapat di-download gratis di Play Store maupun App Store.


Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight