Cara Orang Tua Pastikan Keamanan Anak Saat Bermain Instagram

Oleh: Ninda Fitria - 2 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Panduan bagi orang tua untuk mengawasi anak-anak saat bermain Instagram.
tirto.id - Saat ini penggunaan media sosial tidak hanya terbatas bagi orang dewasa atau remaja, namun juga anak-anak.

Media sosial merupakan sarana yang digunakan untuk pergaulan sosial secara online di internet, namun jika tidak diawasi, anak-anak bisa terpapar hal negatif.

Untuk membantu orang tua menjaga keamanan anaknya dalam berjejaring sosial, Instagram secara resmi melalui web Pusat Bantuan Instagram telah meluncurkan panduan bagi orang tua dalam menggunakan Instagram.

Panduan tersebut mencakup pengetahuan dasar tentang Instagram serta deskripsi alat yang tersedia, dilengkapi panduan diskusi tentang bagaimana orang tua dapat melakukan percakapan yang terbuka dengan anak remaja mereka mengenai Instagram.

Adapun cara-cara yang dimuat dalam panduan tersebut adalah

1. Atur privasi akun

Pertama, orang tua harus mengetahui apa alasan anaknya dalam membuat akun Instagram. Hal ini akan menentukan apakah anak akan membuat akun mereka bersifat publik atau privat.

Jika anak merasa tidak percaya diri dengan respons orang-orang di akunnya, maka anak bisa menggunakan fitur Privasi Akun.

Dengan begitu, anak bisa menentukan siapa saja yang boleh dan tidak boleh melihat postingan serta dapat berinteraksi dengan mereka.

Selain itu, terdapat pula fitur blokir yang bisa digunakan untuk memblokir akun-akun yang tidak pantas atau ketika anak tidak ingin berinteraksi dengan akun tertentu.

Yang terpenting adalah orang tua harus mendorong anaknya untuk menjadi diri sendiri ketika menggunakan media sosial.

2. Atur waktu dengan bijak

Dengan mengaktifkan ‘Setel Pengingat Harian’, orang tua dan anak bisa menetapkan dan membatasi waktu yang boleh dgunakan untuk mengakses Instagram seharian.

Selain itu, terdapat pula fitur untuk menonaktifkan notifikasi Instagram selama periode waktu tertentu melalui fitur ‘Jeda Notifikasi’.

Dengan begitu, kecanduan untuk mengakses Instagram pada anak akan berkurang. Orang tua juga bisa memantau lama waktu yang telah dihabiskan anaknya di Instagram melalui dasbor ‘Aktivitas Anda’ pada bagian Pengaturan Instagram.

3. Atur interaksi

Ketika menggunakan media sosial, tidak sedikit orang merasa tidak aman dan tidak nyaman dengan dirinya sendiri.

Komentar-komentar buruk yang didapat dari orang-orang di Instagram membuat sesorang kehilangan kepercayaan dirinya.

Untuk itu, orang tua bisa mengarahkan agar menggunakan fitur Blokir untuk memblokir akun tertentu agar komennya tidak muncul kembali.

Selain itu, anak juga bisa menyaring komentar yang mengganggu dan bersifat ‘menyerang’.


Baca juga artikel terkait PANDUAN ORANG TUA SAAT BERMAIN INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Ninda Fitria
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ninda Fitria
Penulis: Ninda Fitria
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight