Kasus Kekerasan Seksual

Huayi Brothers Korea Akhiri Kontrak Kang Ji Hwan

Oleh: Maria Ulfa - 16 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Huayi Brothers Korea akhiri kontrak dengan Kang Ji Hwan terkait kasus kekerasan seksual.
tirto.id - Agensi Kang Ji Hwan, Huayi Brothers Korea pada Selasa (16/7/2019) telah mengakhiri kontrak ekslusif mereka dengan aktor Kang Ji Hwan. Hal tersebut dilakukan usai Kang Ji Hwan tersandung kasus kekerasan sesksual.

“Kami menandatangani kontrak dengan Kang Ji Hwan pada Mei 2019 atas dasar kepercayaan, tetapi sebagai hasil dari peristiwa yang tak terduga dan memalukan, kepercayaan itu hancur,” ujar perwakilan Huayi Brothers, seperti dilansir Seoul Gyeongjae.

“Setelah itu, kami tidak dapat melanjutkan kontrak eksklusif kami [dengan Kang Ji Hwan] dan telah memutuskan untuk mengakhiri kontrak kami dengannya,” lanjut perwakilan Huayi.

Huayi juga mengungkapkan permintaan maaf dan berjanji bahwa mereka akan melakukan perbaikan untuk mencegah hal yang sama terjadi lagi di masa depan.

“Kami akan berusaha untuk melakukan perbaikan dan melakukan yang terbaik untuk mencegah hal yang sama terjadi di masa depan melalui manajemen artis kami secara menyeluruh.”

Pada 9 Juli 2019, Kang Ji Hwan ditangkap atas tuduhan kekerasan dan pelecehan seksual terhadap dua staf di rumah pribadi Ji Hwan setelah mereka minum bersama.


Kemudian, pada Jumat (12/7/2019), Ji Hwan muncul di pengadilan untuk menghadiri pemeriksaan praperadilan mengenai surat permintaan penahanan yang diajukan polisi.

Malam harinya, pengadilan akhirnya mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Ji Hwan. Hakim Han Sung Jin dari Pengadilan Distrik Suwon mengeluarkan surat perintah tersebut dengan alasan ada risiko penghancuran bukti.

Pada Senin (15/7/2019), Kang Ji Hwan telah mengeluarkan pernyataan resmi dan mengakui semua tuduhan yang ditujukan kepadanya terkait kasus kekerasan seksual. Hal tersebut diungkapkan oleh firma hukum HwaHyun, kuasa hukum Kang Ji Hwan.

“Saya mengakui semua dakwaan dan saya menundukkan kepala dan dengan tulus meminta maaf kepada para korban yang terluka karena kesalahan saya yang tidak dapat diperbaiki,” ujar firma hukum HwaHyun tersebut mewakili Kang Ji Hwan, demikian seperti dilansir Soompi.

“Saya juga ingin meminta maaf kepada semua orang yang saya khawatirkan karena masalah ini. Saya akan menerima hukuman atas kejahatan saya dan melakukan penebusan dosa,” lanjut perwakilan tersebut.

Akibat insiden tersebut, Kang Ji Hwan juga harus dikeluarkan dari drama Joseon Survival yang sedang ia bintangi.

Baca juga artikel terkait KEKERASAN SEKSUAL atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Hukum)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yantina Debora
Kontributor: Maria Ulfa
DarkLight