Hasil Piala Menpora 2021: Daftar Juara, Top Skor, & Pemain Terbaik

Oleh: Oryza Aditama - 25 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Hasil lengkap Piala Menpora 2021: Persija juara, Persib runner-up. Gelar pemain terbaik menjadi milik Marc Klok, top skor jatuh ke tangan Assanul Rizal.
tirto.id - Hasil Piala Menpora 2021 memunculkan Persija Jakarta sebagai peraih gelar juara. Dalam partai final yang digelar 2 leg, skuad Macan Kemayoran sukses menundukkan sang rival, Persib Bandung, lewat keunggulan agregat 4-1. Adapun podium ke-3 menjadi milik PSS Sleman, yang Sabtu (24/4/2021) lalu sukses menundukkan PSM Makassar dalam laga playoff.

Sementara itu pemain bintang Persiraja, Assanul Rizal, sukses memuncaki daftar pencetak gol terbanyak alias top skor kejuaraan, dengan total koleksi 4 gol.

Dua penggawa Persib, Ezra Walian dan Frets Butuan, yang hanya terpaut 1 gol dari Rizal, gagal menambah pundi gol meski keduanya berkesempatan tampil hingga partai final.

Dua gelandang sayap Persija dan Persib memuncaki daftar top assist pada akhir turnamen. Mereka adalah Riko Simanjuntak (Persija) dan Febri Hariyadi (Persib). Keduanya masing-masing berhasil menyumbang 3 assist bagi timnya di kejuaraan pramusim tersebut.

Adapun pemain terbaik di turnamen ini menjadi milik gelandang Persija, Marc Klok. Klok berhasil mengungguli kiper andalan PSM, Hilman Syah, serta gelandang Persib, Frets Butuan, yang juga masuk dalam daftar nominasi.

Peran Klok dalam tim Macan Kemayoran memang terbilang vital. Ia bahkan juga masuk dalam jajaran pemain dengan jumlah passing terbanyak.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi PT LIB, Klok menduduki peringkat 4 daftar Top Passes, dengan jumlah 237 passing. Ia hanya kalah dari Jaime Xavier (Madura/246 pass), Igbonefo (Persib/252 pass), dan Kim Kurniawan (PSS/258 pass).

Sedangkan gelar pemain muda terbaik jatuh ke tangan penggawa PSIS Semarang, Pratama Arhan. Pratama sukses mengungguli pemain muda Barito Putera, Alif Jaelani, serta salah satu ujung tombak PSS, Saddam Gaffar.

Sepanjang kejuaraan, Pratama Arhan berhasil menyumbang 2 gol untuk PSIS. Arhan ikut mencetak gol saat PSIS menang 3-1 atas Persikabo, juga ketika menekuk Arema 3-2 di babak penyisihan grup. Aksi Arhan turut mengantar PSIS yang dalam kejuaraan ini sepenuhnya diisi pemain lokal tampil sebagai juara Grup A.

Sementara itu partai puncak Piala Menpora 2021, ditutup oleh duel klasik Persija vs Persib dalam laga 2 putaran.

Leg pertama yang berlangsung hari Kamis (22/4/2021) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Persija menang 2-0. Sementara dalam duel leg kedua yang digelar Minggu (25/4/2021) malam tadi di Stadion Manahan, Solo, Persib kembali menelan kekalahan, kali ini dengan skor 1-2. Dengan demikian Persija dinyatakan unggul lewat agregat 4-1.


Hasil Piala Menpora 2021

Daftar Peringkat:

Juara: Persija Jakarta

Runner-up
: Persib Bandung

Peringkat 3: PSS Sleman


Pemain Terbaik: Marc Klok (Persija)

Pemain Muda Terbaik: Pratama Arhan (PSIS)


Daftar Top Skor

Assanul Rizal (Persiraja): 4 gol

Ezra Walian (Persib): 3 gol

Frets Butuan (Persib): 3 gol

Andri Ibo (Persik): 3 gol

Ferdinand Sinaga (Persib): 2 gol


Daftar Top Assist

Riko Simanjuntak (Persija): 3 assist

Febri Hariyadi (Persib): 3 assist

Febriyanto (Persikabo): 2 assist

Alwi Slamat (Persebaya): 2 assist

Samsula (PSS): 2 assist

Baca juga artikel terkait PIALA MENPORA 2021 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight