Hasil Final Piala Menpora 2021 Leg 2: Persib vs Persija 1-2

Kontributor: Beni Jo - 25 Apr 2021 22:50 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Hasil Persib vs Persija dalam final Piala Menpora 2021 leg 2 berkesudahan dengan skor 1-2. Macan Kemayoran unggul agregat 1-4.
tirto.id - Hasil final leg 2 Piala Menpora 2021 pertandingan Persib vs Persija berakhir dengan skor 1-2 pada Minggu (25/4/2021) di Stadion Manahan, Solo. Gol Osvaldo Haay dan Riko Simanjuntak memastikan kemenangan sekaligus trofi juara untuk Macan Kemayoran dengan keunggulan agregat 1-4.

Persib mengawali pertandingan dengan menurunkan skuad utama. Absennya Nick Kuipers membuat Achmad Jufriyanto turun sebagai defender tengah mendampingi Victor Igbonefo. Di depan, mereka tetap mengandalkan ketajaman duet striker Ezra Walian dan Wander Luiz.

Sedangkan Persija kembali memasang Otavio Dutra yang sempat absen. Dutra menjaga sektor pertahanan bersama Yann Motta. Untuk lini serang, Marko Simic tidak bisa merumput akibat akumulasi kartu kuning.

Tanpa kehadiran sang bomber utama, Macan Kemayoran memasang Riko Simanjuntak dan Osvaldo Haay sebagai tumpuan untuk mencetak gol. Selain itu, juga ada Taufik Hidayat serta Braif Fatari yang dipercaya lagi menghuni starting XI.

Dalam kondisi tertinggal dua gol usai kekalahan pada partai pertama, Persib mencoba untuk langsung menggencarkan serangan sejak awal pertandingan. Persija pun meladeninya dengan tetap melakukan tusukan.

Laga baru berjalan tiga menit, Macan Kemayoran menciptakan peluang pertama. Riko Simanjuntak melakukan akselerasi di dalam kotak penalti lawan. Bola diumpan ke mulut gawang. Namun, si kulit bundar masih bisa dihalau barisan pertahanan Maung Bandung.

Sementara Persib masih kesulitan untuk menembus lini belakang Persija. Beberapa kali percobaan dilakukan anak asuh Robert Rene Alberts. Di antaranya lewat usaha Ezra Walian dan Esteban Vizcarra. Akan tetapi, aksi keduanya belum bisa mengancam gawang kawalan Andritany Ardhiyasa.

Pada menit ke-22, Maung Bandung harus melanjutkan pertandingan dengan 10 pemain. Bayu Fiqri menerima kartu kuning kedua usai melanggar Marco Motta. Akibatnya, wasit langsung mengeluarkan kartu merah dari sakunya dan Bayu diusir keluar lapangan.

Unggul jumlah pemain, Persija belum mampu memanfaatkan situasi ini untuk menciptakan gol. Hingga babak pertama berakhir, kedudukan tetap bertahan 0-0.

Memasuki babak kedua, Persija akhirnya mampu memecah kebuntuan. Menerima bola dari lini tengah, Riko Simanjuntak memberikan assist bagi Osvaldo Haay.

Berdiri bebas, Osvaldo melepaskan tembakan keras di dalam kotak penalti dan menjebol gawang Made Wirawan. Skor berubah 0-1 pada menit ke-50. Agregat semakin melebar menjadi 0-3 untuk keunggulan Macan Kemayoran.

Dalam kondisi tertekan, Persib sempat memperoleh peluang pada menit ke-66. Tim asal kota Kembang mendapatkan hadiah tendangan bebas di dekat luar kotak penalti. Akan tetapi, sepakan yang dilepaskan Ferdinand Sinaga masih melayang di atas mistar gawang.

5 menit jelang bubaran, Ferdinand Sinaga sukses membayar tuntas kegagalannya. Kembali memanfaatkan hadiah tendangan bebas, Ferdinand mengarahkan bola ke pojok gawang Persija yang tak mampu dihalau Andritany Ardhiyasa. Maung Bandung menyamakan kedudukan dan laga menjadi imbang 1-1.

Pada menit 90, Persija kembali memimpin pertandingan. Berawal dari serangan balik cepat, bola dikirim Osvaldo Haay ke dalam kotak penalti. Riko Simanjuntak yang berlari tanpa pengawalan langsung menyambarkan dengan tembakan dan gol. Kedudukan berubah lagi. Skor 1-2 untuk keunggulan skuat asuhan Sudirman.

Tidak ada lagi gol tambahan pada pertandingan ini. Persija berhasil mempertahankan kemenangan melalui skor 1-2 hingga sang pengadil lapangan meniup panjang peluitnya.

Usai menggasak sang lawan dua gol tanpa balas pada pertemuan leg 1 lalu, tim ibu kota akhirnya memastikan gelar juara Piala Menpora 2021 dengan keunggulan agregat 4-1 atas Persib.

Daftar Susunan Pemain

Persib Bandung (4-4-2): I Made Wirawan; Bayu Fiqri, Achmad Jufriyanto, Victor Igbonefo, Henhen Herdiana; Dedi Kusnandar, Beckham Putra, Esteban Vizcarra, Frets Butuan; Ezra Walian, Wander Luiz.

Cadangan: Teja Paku Alam, Kakang, Ardi Idrus, Supardi Nasir, Farshad Noor, Jardel, Zalnando, Agung, Erwin, Ferdinand Sinaga.

Persija Jakarta (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa; Otavio Dutra, Yann Motta, Tony Sucipto, Marco Motta; Marc Klok, Rohit Chand; Taufik Hidayat, Braif Fatari, Riko Simanjuntak; Osvaldo Haay.

Cadangan: Adixi Lenzivio, Yoewanto Setya Beny, Maman Abdurrahman, Salman Alfarid, Novri Setiawan, Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Alfriyanto Nico, Heri Susanto.

Pencetak gol: Osvaldo Haay 50' (Persija), Ferdinand Sinaga 85' (Persib), Riko Simanjuntak 90' (Persija).


Baca juga artikel terkait PIALA MENPORA 2021 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis

DarkLight