Hasil Persebaya vs Persidago: Berat Sebelah di Babak Pertama

Oleh: Hendi Abdurahman - 23 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 5-0 menjadi hasil babak pertama antara Persebaya vs Persidago di leg kedua 16 besar Piala Indonesia.
tirto.id - Babak pertama Persebaya vs Persidago pada leg kedua babak 16 besar Piala Indonesia yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (23/3/2019) berkesudahan dengan skor sementara 5-0. Amido Balde sukses mencetak dwigol, sementara tiga gol lainnya dicetak Otavio Dutra, Hansamu Yama, dan Damian Lizio.

Tuan rumah turun dengan kekuatan terbaik. Di lini depan, Amido Balde kembali dipasang. Ia ditopang oleh Manuchekhr Jalilov dan pemain yang baru direkrut, Damian Lizio. Sementara di lini belakang, Otavio Dutra dan Hansamu Yama tak tergantikan untuk melapisi posisi penjaga gawang yang kali ini dtempati Abdul Rohim.

Di lain pihak, tim tamu menurunkan susunan pemain yang tak jauh beda dengan leg pertama lalu. Hariyanto Panto dipasang untuk kembali merepotkan lini pertahanan tuan rumah. Sementara pemain lain seperti Yuaib Rauf serta Ismet Tahir tetap dipercaya mengisi posisinya masing-masing.

Di awal babak pertama, tim tamu tampil percaya diri. Skuat asuhan Romy Malamua berani menguasai bola di lini tengah. Sementara itu, tuan rumah tak langsung menggebrak. Misbakus Solikin dan kawan-kawan seolah membaca strategi lawan terlebih dahulu dan hanya menyerang sesekali.

Namun, konsentrasi Persidago hanya bertahan hingga menit 27. Pasalnya, Amido Balde kembali jadi sosok pembeda usai dirinya mencetak gol setelah menerima umpan terobosan dari lini tengah. Penyelesaian akhir yang sempurna membuat gol bersarang ke gawang Mariyo Londok. Skor 1-0.

Dua menit kemudian, lagi-lagi Balde mencatatkan namanya di papan skor. Menerima umpan dari Manuchekhr Jalilov di sisi kiri pertahanan tim tamu, tanpa kesulitan berarti pemain berusia 27 tahun itu meneruskan bola ke gawang yang sudah kosong. Skor 2-0.

Lagi, gol kembali bersarang pada menit 34. Kali ini Otavio Dutra berhasil memanfaatkan bola muntah hasil sundulan Amido balde setelah tandukannya membentur tiang gawang. Dengan sekali sentuhan, pemain asal Brasil yang dikabarkan tengah merampungkan proses naturalisasi itu menambah keunggulan Persebaya menjadi 3-0.

Pertandingan menjadi berat sebelah. Pemain anyar, Damian Lizio yang melakukan debutnya di laga ini memberikan assist yang memanjakan Hansamu Yama untuk kembali membuat Bajul Ijo menjauh. Waktu menunjukkan menit 37, tuan rumah unggul 4-0.

Di masa tambahan waktu babak pertama, Damian Lizio mencetak gol pertamanya bagi Persebaya. Melakukan solo-run dari tengah lapangan, Lizio mampu menaklukan penjaga gawang Persidago sekaligus membuat skor menjadi 5-0.

Tak lama kemudian, skor tersebut menutup babak pertama lantaran wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga.

Susunan Pemain Persebaya vs Persidago

Persebaya: Abdul Rohim; Novan Setya; Otavio Dutra; Hansamu Yama; Ruben Sanadi; Misbakus Solikin; Damian Lizio; Elisa Basna; Manuchekhr Jalilov; Oktafianus Fernando; Amido Balde.

Persidago: Mariyo Londok; Fahmid Polutu; Ismet Tahir; Alfajrin Husni; Ismunandar; Matris Tanani; Febriyanto Bagoe; Firman Pasi; Hariyanto Panto; Ismail Adam; Yuaib Rauf.

Baca juga artikel terkait PIALA INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Ibnu Azis
DarkLight