Harvest Moon Si Bulan Eksotis Bisa Dinikmati Kamis Malam Ini

Oleh: Yuliana Ratnasari - 5 Oktober 2017
Dibaca Normal 1 menit
Harvest Moon adalah nama yang diberikan untuk bulan purnama yang berlangsung paling dekat dengan Equinox musim gugur.
tirto.id - Harvest Moon segera terbit Kamis (5/10/2017) malam ini. Jika cuaca benar-benar cerah dan jernih, mereka yang ingin menonton bulan eksotis ini bisa melihatnya meskipun tanpa teropong. Yang perlu dilakukan hanya memandang ke langit.

Harvest Moon adalah nama yang diberikan untuk bulan purnama yang berlangsung paling dekat dengan Equinox musim gugur. Equinox adalah ketika ekuator bumi hampir sejajar dengan pusat matahari. Kondisi ini terjadi dua kali setahun, yakni sekitar akhir Maret (Equinox musim semi) dan akhir September (Equinox musim gugur).

Equinox musim gugur tahun ini terjadi pada 22 September. Meskipun biasanya terlihat pada bulan September, Harvest Moon akan muncul pada 5 Oktober tahun ini, karena ini adalah bulan purnama terdekat dalam kalender Equinox, demikian dikutip BBC. Dengan begitu, bagi masyarakat bumi belahan selatan, Harvest Moon adalah bulan purnama pertama di musim semi.

Harvest Moon ini terlihat spesial di bulan Oktober. Sebab, saat Equinox musim gugur, matahari, bulan, dan Bumi membuat sudut sempit dengan cakrawala saat matahari terbenam.

Bulan purnama biasanya terbit sekitar waktu matahari terbenam, dan bulan pada umumnya rata-rata naik sekitar 50 menit kemudian setiap hari. Namun pada malam bulan September dan Oktober, sudut ekliptika yang sempit dengan cakrawala bulan naik lebih cepat daripada rata-rata.

Seperti namanya, Harvest Moon secara tradisional menandai dimulainya periode musim panen dimana petani membawa tanaman matang untuk persiapan musim dingin.

Bulan purnama ini akan menerangi langit malam, memberi petani lebih banyak waktu untuk bekerja mengumpulkan hasil panen. Saat Harvest Moon, bulan tampak lebih dekat dengan cakrawala, membuatnya terlihat lebih besar dan berwarna oranye.

Efek berwarna oranye-kemerahan ini terjadi saat pengamat melihat melalui ketebalan atmosfer Bumi sehingga warnanya sedikit berubah. Jika bulan naik ke tengah langit, Harvest Moon akan bersinar putih cemerlang.

Bulan purnama terdekat dengan ekuinoks musim gugur ini mencapai puncak fase penuh pada tanggal 5 Oktober pukul 18:40 UTC. Namun, tidak perlu khawatir, masyarakat di seluruh dunia akan melihat bulan yang tampak penuh bersinar ini mulai senja hingga fajar.

Harvet Moon nanti akan terbit di timur sekitar matahari terbenam, naik paling tinggi sekitar tengah malam, dan terbenam di barat sekitar matahari terbit.

Baca juga artikel terkait HARVEST MOON atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight