Gempa Blora Hari Ini Berpusat di Darat dengan Magnitudo 3,6

Oleh: Addi M Idhom - 25 Desember 2019
Gempa Blora hari ini terjadi dengan magnitudo 3,6 pada Rabu sore, 25 Desember 2019.
tirto.id - Gempa di Blora, Jawa Tengah, terjadi pada hari ini, Rabu, 25 Desember 2019 dengan kekuatan magnitudo 3,6. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa di Blora tersebut terjadi pada pukul 16.11 WIB.

Menurut laporan BMKG, lokasi pusat gempa tersebut berada pada koordinat 6.87 LS dan 111.3 BT. Tepatnya, pusat gempa ini berada pada sekitar 16 kilometer arah Barat Laut Blora.

Pusat gempa Blora hari ini berada di darat. Kedalamannya pusat gempa ini mencapai 13 kilometer. Berdasarkan peta yang diunggah laman InaTEWS BMKG, pusat gempa tersebut berada di kawasan Blora bagian utara, yang merupakan pegunungan.

BMKG menginformasikan, guncangan akibat gempa hari ini dirasakan di kawasan Kabupaten Blora, dalam skala II MMI. Hal ini berarti guncangan akibat gempa dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Selama ini, gempa di Blora dengan status getarannya dirasakan jarang terjadi. Sesuai dengan data Katalog terbitan BMKG, gempa bumi merusak di kota sekitar Blora, tercatat pernah terjadi 1821 silam yang mengguncang Jepara.


Baca juga artikel terkait GEMPA BUMI atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight