Ramadhan 2021

Doa Puasa Hari ke-30 Bahasa Arab-Latin dan Panduan Salat Idul Fitri

Oleh: Beni Jo - 11 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Doa puasa hari ke-30 bulan Ramadan dalam bahasa Arab, Latin dan artinya serta panduan salat Idulfitri.
tirto.id - Salat Id pada hari raya Idul Fitri bersifat sunah muakkad alias sangat dianjurkan.

Salat Id tersebut pertama kali dilaksanakan sejak tahun kedua dalam hitungan kalender Hijriah.

Salat Id di hari raya Idulfitri dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal atau setelah umat Islam melangsungkan puasa selama bulan Ramadan.

Dalam pelaksanaannya, juga terdapat dua khotbah yang mengiringi dan menjadi satu rangkaian usai menjalankan salat sunah tersebut,.

Terkait sistem penyelenggaraan, bisa dikerjakan secara berjamaah di masjid atau tanah lapang yang dirasa cukup untuk menampung jamaah yang bakal datang.

Selain itu, salat Id dapat pula dilaksanakan di rumah masing-masing. Baik secara sendiri-sendiri atau beserta keluarga.

Berhubung dalam situasi pandemi saat ini, untuk daerah yang dinyatakan sebagai zona merah oleh otoritas setempat pun sangat disarankan menggelar salat Id bersama anggota keluarga saja di rumah.

"Salat Idulfitri ini karena akan menimbulkan kerumunan, menimbulkan kelompok masyarakat yang berbondong-bondong menuju lapangan. Maka kita utamakan untuk, sekali lagi, salat di rumah saja bersama keluarga," ujar Amirsyah, sekjen MUI, dikutip Antara.

Berikut adalah panduan untuk salat Idulfitri sebagaimana dikutip laman NU Online.

1. Niat

Niat salat Idulfitri ialah berikut ini.

أُصَلِّي سُنَّةً لعِيْدِ اْلفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ (مَأْمُوْمًاإِمَامًا) لِلهِ تَعَــــالَى

Latin:

Ushallî sunnatan li ‘îdil fithri rak‘ataini (ma'mûman/ma'mûman)lillahi ta'ala

Terjemahannya:

"Aku berniat salat sunah Idul Fitri dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala".

2. Takbiratul ihram

Membaca Takbiratul ihram. Dilanjutkan doa iftitah. Kemudian mengucapkan takbir sebanyak tujuh kali (ketika rakaat pertama).

3. Surah Al-Fatihah (Rakaat Pertama)

Membaca surah Al-Fatihah sebagaimana layaknya salat sunah lainnya. Setelahnya, disunahkan untuk membaca surah Al-A'la sebagai salah satu pilihan surah atau ayat Al-Qur-an.

Dilanjutkan ruku’, i'tidal, sujud pertama, duduk di antara dua sujud, sujud kedua, kemudian berdiri lagi untuk melangsungkan rakaat kedua.

4. Rakaat Kedua

Pada rakaat kedua, rangkaiannya sama seperti rakaat pertama. Namun, takbir dibaca hanya 5 kali.

Usai membaca surah Al-Fatihah, pilihan surahnya dianjurkan memakai Surat al-Ghâsyiyah. Kemudian ruku’, i'tidal, sujud pertama, duduk di antara dua sujud, sujud kedua, dan diakhiri salam.

5. Mendengarkan khotbah usai salam

Setelah imam mengakhiri salat Id dengan mengucapkan salam, maka jamaah sebaiknya tidak langsung pulang. Namun, mendengarkan khotbah terlebih dahulu hingga selesai.

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-30


Berikut adalah doa puasa hari ke-30 bulan Ramadan dalam bentuk bahasa Arab, latin, dan terjemahannya.

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ صِيَامِيْ فِيْهِ بِالشُّكْرِ وَ الْقَبُوْلِ عَلَى مَا تَرْضَاهُ وَ يَرْضَاهُ الرَّسُوْلُ مُحْكَمَةً فُرُوْعُهُ بِالأُصُوْلِ بِحَقِّ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ آلِهِ الطَّاهِرِيْنَ وَ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Latin:

Allâhummaj’al shiyâmî fîhi bisysyukri wal qabûli ‘alâ mâ tardhâhur Wayardlâhurrasûlu muhkamatan furû’uhu bil ushuli bihaqqi sayyidinâ muhammadin wa âlihit Al-Thâhirîn wal hamdu lillahi rabbil’âlamin

Terjemahan:

"Ya Allah, terimalah puasaku di bulan ini dengan rasa syukur. Jadikanlah puasaku ini mendatangkan keridhaan-Mu dan keridhaan para Rasul-Mu. Engkau kuatkanlah furu (cabang-cabang)-nya dan ushul (pokok-pokok)-nya. Demi kebenaran junjungan kami Muhammad saw beserta keluarganya yang suci. Segala puji bagi-Mu ya Allah,Tuhan semesta alam".


Baca juga artikel terkait RAMADHAN 2021 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Dhita Koesno
DarkLight