Di Forum B20, Presiden Korsel Soroti Kondisi Krisis Global

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 14 Nov 2022 14:52 WIB
Pemerintah perlu membahas dan berdiskusi ulang untuk memperkuat fundamental ekonomi dalam mengatasi krisis ini.
tirto.id - Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol menuturkan sejak KTT G20 diluncurkan pertama kali perekonomian global telah menghadapi berbagai dimensi. Salah satunya krisis ekonomi global yang terjadi berulang.

Dia mencontohkan pada tahun 2008 krisis keuangan telah mengecam berbagai negara di dunia. Kemudian pada tahun ini, krisis keuangan kembali yang kali ini terjadi akibat pandemi COVID-19.

"Masing-masing krisis terjadi dengan cara berbeda," kata Yoon dalam Forum B20, Senin (14/11/2022).


Lebih lanjut, dia menuturkan pada 2008 krisis keuangan mengarah kepada turunnya agregat. Sedangkan krisis pandemi COVID-19 mengguncang dari sisi pasokan.

"Saat pandemi, dan geopolitik menjadi faktor yang memperparah," ujarnya.

Seiring fenomena yang terjadi, pemerintah perlu membahas dan berdiskusi ulang untuk memperkuat fundamental ekonomi dalam mengatasi krisis ini. Beberapa hal harus dilakukan seperti memotong belanja pemerintah tidak penting serta menurunkan belanja fiskal.

"Dalam hal ini saya yakini B20 merupakan forum publik paling tepat untuk membahas ketahanan global. Dan diskusi G20 pemerintah akan sepenuhnya mendukung B20 dan G20 untuk mendukung tujuan tersebut," tandasnya.






Baca juga artikel terkait KRISIS GLOBAL atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight