Densus Tangkap Terduga Teroris di Magetan

Reporter: Adi Briantika, tirto.id - 3 Agu 2022 08:57 WIB
Terduga teroris yang ditangkap disebut memilki koneksi langsung ke Yaman dan pernah melakukan pelatihan militer di Suriah.
tirto.id - Densus 88 Antiteror menangkap satu terduga teroris di Magetan, Jawa Timur, pada Selasa, 2 Agustus 2022, pukul 08.13 WIB.

“Tersangka tindak pidana terorisme dari jaringan Jamaah Islamiyah berinisial RY alias D,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, di Mabes Polri, Jakarta. RY memiliki beberapa peran.

Pada tahun 2013, RY mengikuti seleksi anggota hubungan internasional Jamaah Islamiyah dan melakukan perjalanan ke Suriah melalui Dubai. “(Tujuannya) untuk membuka jalur hubungan dengan Free Syrian Army dan bergabung di pelatihan militer,” ucap Ramadhan.


RY juga merupakan anggota bidang hubungan internasional kelompok Jamaah Islamiyah. Kemudian tahun 2015, ia melakukan perjalanan kembali ke Suriah melalui Istanbul untuk membangun hubungan dengan Jabhah an-Nushrah. Ketika RY berada di Suriah, dia sempat ditahan oleh ISIS.

“Yang bersangkutan juga mempunyai koneksi langsung ke Yaman, membuka hubungan Jamaah Islamiyah dengan Al-Qaeda untuk melakukan pelatihan militer di Suriah,” tutur Ramadhan. Terakhir, RY juga pernah berkomunikasi dengan Djoko Pitono alias Dulmatin.



Baca juga artikel terkait PENANGKAPAN TERORIS atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight