Damri Buka Lima Rute Baru Menuju Bandara Internasional Yogyakarta

Oleh: Irwan Syambudi - 30 Januari 2020
Damri buka rute baru ke Bandara Internasional Yogyakarta.
tirto.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Perusahaan Umum (Perum) Damri membuka lima rute baru menuju Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kabupaten Kulonprogo. Kendaraan yang dipakai adalah mini bus dengan kapasitas 10-16 kursi.

Rute pertama dari Sleman City Hall ke Kompleks Pemda Sleman - Terminal Jombor - YIA. Rute kedua, YIA - Tebing Gunung Gajah - Goa Kiskendo - Plono - Samigaluh - Jalan Nanggulan - Mendut dan Candi Borobudur melalui Bukit Menoreh.

Rute ketiga adalah YIA - Wates - Nanggulan - Dekso lalu Candi Borobudur. Rute keempat, Candi Borobudur - Terminal Muntilan - Terminal Jombor - Grand Inna Malioboro. Rute kelima, YIA - Ambarketawang - Wirobrajan - Universitas Gadjah Mada dan berakhir di Jalan Affandi dan Hartono Mall.

Rute yang terlebih dulu dioperasikan adalah dua rute yang melintasi kawasan Kabupaten Sleman. Dua rute itu akan beroperasi awal Februari 2020 nanti.

"Ini yang rute pertama ada 11 bus dengan headway (interval) 20 menit. Rute kedua, Busnya sekitar 10 bus, kemudian headway-nya juga 20 menit," kata Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiayadi saat soft launching rute Damri menuju YIA di Sleman City Hal Yogyakarta, Kamis (30/1/2020).

Harga tiket sebesar Rp25 ribu. Budi mengatakan angka tersebut sudah ditambah subsidi pemerintah. Ada Rp9 miliar yang telah digelontorkan untuk satu tahun ke depan.

Sementara harga normalnya, menurut Direktur Utama Perum Damri Setia Milatia Moemin, sebesar Rp70 ribu.

Setia juga mengatakan mini bus yang dipakai bermerek Mercedez Benz Sprinter dan Toyota Hiace. "Kami siapakan 11 bus, yang sampai sini sudah ada tiga, yang lain secepatnya."


Baca juga artikel terkait BANDARA NYIA atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Rio Apinino
DarkLight