tirto.id - Daftar ulang SBMPTN 2022 di UGM dijadwalkan mulai tanggal 27 Juni 2022. Tahapan daftar ulang SBMPTN 2022 di UGM itu dimulai dari registrasi untuk melengkapi biodata dan mengunggah berkas dokumen persyaratan.
Calon mahasiswa UGM yang lulus SBMPTN 2022, baik dari program S1 maupun sarjana terapan, harus melakukan registrasi ulang melalui laman simaster.ugm.ac.id. Di laman ini, calon mahasiswa UGM bisa melengkapi biodata dan mengunggah sejumlah berkas dokumen.
Setelah hasil verifikasi dokumen keluar, pendaftaran ulang SBMPTN UGM 2022 berlanjut ke tahap pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). Lalu, bukti registrasi atau daftar ulang SBMPTN 2022 bisa dicetak. Tahapan selanjutnya adalah pengambilan jaket almamater.
Pada tahun ini, UGM menerima 2.716 mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN 2022. Adapun pengumuman kelulusan peserta SBMPTN bisa dicek mulai Kamis, 23 Juni 2022, pukul 15.00 WIB.
Hasil SBMPTN 2022 dapat dilihat melalui laman pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id. Pengumuman juga bisa dicek di sejumlah link mirror yang sudah disiapkan oleh LTMPT.
Jadwal Daftar Ulang SBMPTN UGM 2022 Mulai Tanggal 27 Juni
Universitas Gadjah Mada (UGM) telah mengumumkan detail jadwal pendaftaran ulang peserta lulus SBMPTN 2022, dengan pilihan kampus di Yogyakarta tersebut. Jadwal daftar ulang dimulai dari 27 Juni 2022.
Perlu dicatat, calon mahasiswa yang tidak menjalankan prosedur daftar ulang dan pembayaran UKT sesuai jadwal akan terancam gugur status kelulusannya di SBMPTN UGM 2022.
Jadwal daftar ulang SBMPTN UGM 2022 selengkapnya adalah sebagai berikut:
1. Registrasi ulang: 27 Juni 2022 (pukul 15.00 WIB) sampai 5 Juli 2022 (pukul 23.59 WIB)
2. Melihat hasil verifikasi dokumen: diinformasikan melalui akun Simaster.
3. Pembayaran UKT: 7 Juli 2022 (15.00 WIB) sampai 14 Juli 2022 (pukul 22.00 WIB)
4. Cetak bukti registrasi: jadwal diinformasikan melalui akun Simaster.
5. Mengambil jaket almamater: jadwal diinformasikan via akun Simaster.
Cara Daftar Ulang SBMPTN UGM 2022
Tata cara daftar ulang SBMPTN 2022 di UGM sesuai dengan tahapan jadwal di atas. Para calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran ulang secara online melalui laman simaster.ugm.ac.id. Sebelum melakuan pendaftaran ulang SBMPTN UGM 2022, calon mahasiswa juga perlu menyiapkan sejumlah berkas persyaratan.
Berikut cara daftar ulang SBMPTN UGM 2022:
1. Registrasi ulang:
- Buka laman simaster.ugm.ac.id
- Klik tombol "Registrasi"
- Klik tombol sesuai jalur seleksi (SBMPTN 2022)
- Selesaikan registrasi akun Simaster
- Lalu, lakukan Login
- Melengkapi biodata calon mahasiswa
- Unggah semua dokumen persyaratan sesuai ketentuan
- Registrasi ulang harus dilakukan sesuai jadwal (27 Juni-5 Juli 2022).
2. Cek hasil verifikasi dokumen registrasi
- Buka laman simaster.ugm.ac.id
- Login dengan akun Simaster
- Cek hasil verifikasi dokumen dan nilai UKT.
3. Pembayaran UKT
- Bayar UKT sesuai jadwal (7-14 Juli 2022)
- Ikuti prosedur pembayaran UKT sesuai info dari UGM.
4. Cetak bukti registrasi
- Buka laman simaster.ugm.ac.id
- Login dengan akun Simaster
- Jika sudah bayar UKT, cetak bukti registrasi ulang.
Berkas Daftar Ulang SBMPTN 2022 di UGM
Merujuk pada pengumuman resmi UGM, terdapat belasan berkas dokumen persyaratan yang harus diunggah oleh calon mahasiswa kampus tersebut saat melakukan pendaftaran ulang SBMPTN 2022.
Untuk setiap berkas, berlaku ketentuan tersendiri. Bentuk file saat diunggah dan besaran maksimal filenya juga harus sesuai ketentuan dari UGM.
Berikut ini daftar berkas syarat daftar ulang SBMPTN UGM 2022:
1. Foto berwarna terbaru
- Foto diri calon mahasiswa diambil dalam 6 bulan terakhir
- Di foto diri, calon mahasiswa berpakaian formal
- Di foto diri, wajah calon mahasiswa menghadap ke depan
- Format file foto JPG
- Ukuran file foto 200-800 KB.
2. Hasil scan Kartu Peserta SBMPTN 2022 yang telah ditandatangani. Format file PDF, dengan ukuran 200-800 KB.
3. Hasil scan Kartu Keluarga (KK) asli. Format file PDF, dengan ukuran 200-800 KB.
4. Hasil scan KTP asli kedua orang tua/wali. Atau, surat keterangan kematian bila salah satu atau kedua orang tua telah meninggal dunia (apabila ada). Format file PDF, dengan ukuran 200-800 KB.
5. Hasil scan Surat Pernyataan Kesediaan Menaati Peraturan Akademik dan Tata Perilaku Mahasiswa UGM. Format surat bisa diunduh di laman um.ugm.ac.id. Format file PDF, dengan ukuran 200-800 KB.
6. Hasil scan Surat Keterangan Bebas Penyalahgunaan NAPZA dari rumah sakit atau klinik yang memiliki izin dari pemerintah, dilampiri dengan bukti pemeriksaan laboratorium untuk Benzodiazephine, Amphetamine, dan THC Cannabis (dijadikan 1 file). Format file PDF, dengan ukuran 200-800 KB.
7. Hasil scan Laporan SPT Tahunan Pribadi jika orang tua/wali calon mahasiswa adalah ASN/TNI/POLRI/Karyawan BUMN/Swasta. Format file PDF, dengan ukuran 200-800 KB.
8. Laporan SPT bisa digantikan hasil scan surat Pernyataan Tidak Membayar Pajak Penghasilan jika orang tua/wali calon mahasiswa tidak membayar pajak penghasilan atau tidak mempunyai NPWP. Format surat bisa diunduh di um.ugm.ac.id. Format file PDF, dengan ukuran 200-800 KB.
9. Hasil scan Surat Keterangan Penghasilan Pokok kedua orang tua/wali atau orang yang jadi penanggung biaya kuliah calon mahasiswa, yang disahkan oleh:
- Bendahara gaji bagi pekerja sektor formal, seperti: ASN/TNI/POLRI/Karyawan BUMN/Swasta.
- Camat bagi yang tidak bekerja/tidak berpenghasilan, pensiunan, atau pekerja sektor informal, antara lain: buruh, petani, nelayan, pedagang, wiraswasta.
Untuk berkas di atas, format surat bisa diunduh di um.ugm.ac.id. Format file PDF, dengan ukuran maksimal 200-800 KB.
10. Hasil scan Surat Keterangan Penghasilan Tambahan/Tunjangan untuk kedua orang tua/wali, atau penanggung biaya kuliah, yang berstatus sebagai ASN/TNI/POLRI/Karyawan BUMN/Swasta. Surat keterangan disahkan oleh bendahara gaji. Format file PDF, dengan ukuran 200-800 KB.
11. Hasil scan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB terakhir. Atau, hasil scan Surat Pernyataan Tidak Mempunyai SPPT PBB (format surat bisa diunduh di um.ugm.ac.id). Format file PDF, dengan ukuran 200-800 KB.
12. Hasil scan Kartu Perlindungan Kesehatan (Kartu BPJS / Kartu Indonesia Sehat / Kartu Asuransi Kesehatan lainnya), apabila mempunyai. Format file PDF, dengan ukuran 200-800 KB.
13. Foto Rumah
- Foto Rumah tampak depan
- Foto Rumah tampak samping (apabila memungkinkan)
- Foto Rumah tampak belakang (apabila memungkinkan)
- Foto Rumah garasi (apabila mempunyai)
- Format file JPG
- Ukuran file 200-800 KB per foto.
14. Dokumen tambahan khusus peserta KIP-Kuliah
- Hasil scan kartu/bukti pendaftaran KIP-Kuliah. Format file PDF, ukuran 200-800 KB.
- Hasil scan Surat Pernyataan Kesediaan Membayar UKT, jika tidak ditetapkan sebagai penerima KIP-Kuliah. Format surat pernyataan diunduh di um.ugm.ac.id. Format file PDF, ukuran 200-800 KB.
- Foto tempat belajar. Format file JPG, dengan ukuran 200-800 KB per foto.
- Foto bersama anggota keluarga inti. Format file JPG, dengan ukuran 200-800 KB per foto.
15. Bagi calon mahasiswa yang memutuskan untuk memilih UKT tertinggi, berlaku ketentuan berikut:
- Mengunggah hasil scan Surat Pernyataan Kesediaan Memilih UKT Tertinggi. Format surat bisa diunduh di laman um.ugm.ac.id. Format file PDF, dengan ukuran 200-800 KB.
- Tidak perlu unggah berkas Laporan SPT atau Surat Pernyataan Tidak Membayar Pajak Penghasilan
- Tidak perlu unggah berkas Surat Keterangan Penghasilan Pokok kedua orang tua/wali/penanggung biaya
- Tidak perlu unggah berkas Surat Keterangan Penghasilan Tambahan/Tunjangan kedua orang tua/wali/penanggung biaya
- Tidak perlu unggah dokumen SPPT PBB atau Surat Pernyataan Tidak Punya SPPT PBB
- Tidak perlu unggah foto rumah.
Informasi selengkapnya bisa dicek melalui link pengumuman UGM ini.
Editor: Iswara N Raditya