Daftar ke KPU, AHY Ingin Demokrat Bisa Menang seperti Pemilu 2009

Reporter: Irfan Amin - 5 Agu 2022 16:08 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Bila memang tak mampu mengulang masa kejayaan Pemilu 2009, AHY menargetkan setidaknya Demokrat bisa menduduki posisi tiga besar Pemilu 2024.
tirto.id - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menargetkan mengembalikan kejayaan partainya di Pemilu 2024 mendatang. Saat Pemilu 2009 Demokrat berhasil meraih suara 20,85 persen dan menjadi pendulang suara tertinggi kala itu.

"Semoga Demokrat tahun 2024 nanti bisa bangkit. Kami percaya betul hal itu bisa terjadi. Dan Alhamdulillah diberikan kesempatan sejarah pada Pemilu 2009 yang bisa memenangkan Pemilu dengan suara terbanyak lebih dari 21 persen dan menjadikan Presiden SBY sebagai pemimpin di periode kedua," kata AHY di Gedung KPU RI pada Jumat (5/8/2022).

AHY berharap bila tidak mampu mengulang masa kejayaan tersebut, setidaknya bisa menduduki posisi tiga besar dalam Pemilu 2024.

"Kami tentu berjuang sekuat tenaga untuk berusaha bangkit kembali, paling tidak kami berupaya kembali pada papan atas di tiga besar," jelasnya.

Dirinya meminta para kader Demokrat untuk bekerja keras di masa Pemilu 2024, dengan harapan seluruh Dapil bisa dimenangkan dan ada utusan yang mengisi kursi di parlemen DPR RI.

"Kalau ditanya target kami berusaha mengisi semua Dapil DPR RI. Hari ini kami punya 54 anggota DPR RI dan 9,3 persen di Senayan. Harapannya kalau semua Dapil sudah terisi maka bisa mencapai 14-15 persen suara," ujarnya.

Dalam proses pendaftaran sebagai peserta Pemilu, AHY mengajak ratusan kader dan simpatisan Demokrat hingga memenuhi sejumlah ruas Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. Dirinya menyerahkan sejumlah syarat dari kepengurusan tingkat DPP, DPD, DPC dan PAC.

"Tadi kami menyerahkan surat pendaftaran disertai surat pernyataan Parpol, daftar kepengurusan tingkat nasional di DPP, DPD 34 provinsi, DPC 514 di kabupaten dan kota serta PAC di 7266 kecamatan. InsyaAllah bisa mudah-mudahan kami lengkapi 100 persen," terangnya.

Partai Demokrat menjadi partai politik yang mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 pada hari kelima pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2024 ke KPU, Jumat (5/8/2022).

AHY tampak memimpin langsung pendaftaran dan tiba di depan gerbang Kantor KPU RI, sekitar pukul 13.30 WIB, dengan pawai iring-iringan jalan bersama dari Kantor DPP Partai Demokrat, Wisma Proklamasi 41, Menteng, Jakarta Pusat.

Ia didampingi 34 Ketua DPD Partai Demokrat dan sejumlah jajaran pengurus Partai Demokrat yang sebelumnya terlebih dahulu berkumpul di Kantor DPP Partai Demokrat.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2024 atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Bayu Septianto

DarkLight