Pandemi COVID-19

Corona di India Melonjak, Indonesia Kirim 200 Oksigen Konsentrator

Oleh: Irwan Syambudi - 12 Mei 2021
Menlu Retno sebut bantuan kemanusiaan ini sebagai wujud solidaritas bangsa dan rakyat Indonesia kepada India.
tirto.id - Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan ke India yang sedang menghadapi lonjakan kasus COVID-19 dan membutuhkan oksigen medis untuk perawatan pasien.

Bantuan tersebut dilepas secara simbolis pada Rabu (12/5/2021) oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, di Bandara Internasional Soekarno-Hata, Tangerang, Banten. Kegiatan ini disaksikan langsung oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti.

"Indonesia akan memberangkatkan bantuan hibah kemanusiaan Indonesia ke India. Bantuan kemanusiaan yang akan dikirimkan ini berupa 200 unit oksigen konsentrator," kata Retno saat memberikan keterangan yang disiarkan langsung di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (12/5/2021).

Sebelum bantuan oksigen konsentrator, Indonesia bersama dengan Asosiasi Pelaku Industri Indonesia juga telah mengirimkan bantuan 1.400 tabung oksigen silinder ke India.

"Bantuan kemanusiaan ini sebagai wujud solidaritas bangsa dan rakyat Indonesia kepada India. Bantuan kemanusiaan ini diharapkan dapat membantu India dalam menangani pandemi COVID-19," kata Menlu Retno.

Bantuan 200 tabung oksigen konsentrator itu akan diterbangkan menggunakan pesawat Garuda Indonesia pada Rabu, pukul 14.00 WIB.



Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Abdul Aziz
DarkLight