tirto.id - Kumpulan contoh soal PPPK Pranata Humas berikut ini sudah dilengkapi dengan jawaban untuk pertanyaan pilihan ganda. Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja dapat memanfaatkannya untuk latihan soal PPPK Pranata Humas menjelang tes kompetensi.
Mempelajari berbagai soal PPPK Pranata Hubungan Masyarakat di sini bisa berguna agar pelamar mengenal berbagai bentuk perntanyaan yang akan diujikan. Kemungkinan ada juga soal dengan substansi mirip yang muncul saat tes kompetensi.
Kisi-Kisi Soal PPPK Pranata Humas
Tugas Humas Ahli Pertama adalah melaksanakan pelayanan informasi dan kehumasan. Ini meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan hubungan internal dan eksternal, dan audit komunikasi kehumasan. Kompetensi untuk melakukan tugas-tugas itu akan diuji melalui soal PPPK Pranata Hubungan Masyarakat.
Seturut materi pokok yang dirilis Kemenpan-RB, kisi-kisi soal PPPK Pranata Humas adalah sebagai berikut:
- Kompetensi Umum: Ruang lingkup humas (public speaking , MC, moderator); Etika Kehumasan.
- Kompetensi Khusus: Manajemen isu; Manajemen komunikasi; Karakteristik media; Media baru; Komunikasi massa; Publisitas; Penulisan kehumasan; Media massa; Kegiatan-kegiatan humas; Komunikasi organisasi; Komunikasi interpersonal; Teori komunikasi; Model komunikasi; Metode penelitian komunikasi; Fotografi; Komunikasi visual; Jurnalistik; Copywriting; Audit komunikasi.
Contoh Soal PPPK Pranata Hubungan Masyarakat
Berikut ini kumpulan 50 contoh soal PPPK Pranata Humas dan jawabannya untuk bahan belajar menjelang tes kompetensi:
1. Prinsip yang menuntut praktisi humas menghormati hak masyarakat guna memperoleh informasi yang benar, jujur, dan tidak diskriminatif disebut …
- A. Keterbukaan
- B. Objektif
- C. Jujur
- D. Tepat Janji
- E. Etis
2. Berikut ini adalah tugas humas di instansi pemerintahan, kecuali …
- A. Melaksanakan komunikasi timbal balik antara instansi pemerintah dan publik
- B. Meningkatkan kelancaran arus informasi dan aksesibilitas publik
- C. Mengatur koordinasi penyebaran informasi kebijakan pemerintah
- D. Menetapkan standar kebijakan kehumasan yang berlaku umum
- E. Meningkatkan efektivitas pelaksanaan tugas humas
3. Pelayanan informasi dan kehumasan di Jabatan Fungsional Pranata Humas meliputi …
- A. Hubungan eksternal, audit komunikasi, pengembangan pelayanan
- B. Audit komunikasi, pengembangan pelayanan, karya ilmiah
- C. Pelayanan informasi, audit komunikasi, pengembangan pelayanan
- D. Perencanaan, hubungan eksternal, pelayanan informasi
- E. Penyusunan buku pedoman, perencanaan, hubungan eksternal
4. Jika pranata humas menyusun karya ilmiah bersama dua penulis, maka penulis utama diberikan angka kredit sebesar …
- A. 60%
- B. 40%
- C. 50%
- D. 25%
- E. 20%
5. Karakteristik komunikasi massa berikut ini adalah benar, kecuali …
- A. Komunikator terlembagakan
- B. Bersifat umum dan terbuka
- C. Bersifat pribadi dan tertutup
- D. Komunikan bersifat anonim
- E. Komunikan bersifat heterogen
6. Kamera SLR memiliki prinsip kerja berikut, kecuali …
- A. Cahaya masuk melalui lensa
- B. Cahaya dipantulkan melalui cermin ke pentaprisma
- C. Cermin menutup dan rana membuka sesuai pengaturan kecepatan
- D. Cahaya yang masuk direkam pada film
- E. Kamera harus dirawat agar tetap bersih
7. Proses penyampaian informasi kepada khalayak dengan karakteristik tertentu adalah definisi dari...
- A. Media Massa
- B. Komunikasi Massa
- C. Interaksi Massa
- D. Situasi Massa
- E. Pengendalian Massa
8. Komponen yang memungkinkan berlangsungnya proses komunikasi massa disebut …
- A. Media Massa
- B. Komunikator Massa
- C. Interaksi Massa
- D. Situasi Massa
- E. Kontrol Massa
9. Berikut ini yang bukan merupakan organisasi profesi terkait humas adalah …
- A. Perhumas
- B. IPRA
- C. FAPRO
- D. PRSA
- E. IFI
10. Terciptanya sistem komunikasi terbuka yang menerima umpan balik dan masukan dari publik melalui komunikasi dua arah adalah …
- A. Sasaran Pedoman Umum Tata Kelola Kehumasan
- B. Ruang Lingkup Pedoman Umum Tata Kelola Kehumasan
- C. Manfaat Tata Kelola Kehumasan
- D. Pemantapan Kelembagaan Humas
- E. Komunikasi Publik
11. Fungsi lembaga humas pemerintah yang bertujuan menciptakan hubungan harmonis dengan publik untuk membangun citra dan reputasi positif disebut …
- A. Humas Pemerintah
- B. Tata Kelola Kehumasan
- C. Kode Etik Humas
- D. Praktisi Humas
- E. Promosi Pencitraan
12. Pedoman sikap dan tindakan praktisi humas pemerintah dalam bertugas adalah …
- A. Kode Etik Humas Pemerintah
- B. Praktisi Humas
- C. Tata Kelola Kehumasan
- D. Lembaga Humas
- E. SOP Humas
13. Siapakah pengirim pesan dalam proses komunikasi?
- A. Komunikator
- B. Receiver
- C. Komunikan
- D. Komunikasi
- E. Channel
14. Apa yang dimaksud dengan proses penyampaian informasi atau pesan dari satu pihak ke pihak lain?
- A. Bisnis
- B. Komunikasi
- C. Komunikasi bisnis
- D. Etika komunikasi
- E. Proses komunikasi
15. Setiap komunikasi untuk membangun kemitraan, sumber daya intelektual, dan mempromosikan gagasan, produk, layanan, atau organisasi dalam rangka menciptakan nilai bagi bisnis disebut …
- A. Transmisi
- B. Komunikasi nonverbal
- C. Komunikasi verbal
- D. Komunikasi bisnis
- E. Respons
16. Komunikasi yang disampaikan melalui lisan atau tulisan disebut …
- A. Komunikasi verbal
- B. Komunikasi nonverbal
- C. Komunikasi internal
- D. Komunikasi eksternal
- E. Komunikasi personal
17. Saat perusahaan mencari calon pegawai baru atau akan menjalin hubungan bisnis dengan mitra baru, komponen komunikasi bisnis yang digunakan adalah …
- A. Diskusi
- B. Pidato
- C. Presentasi
- D. Wawancara
- E. Surat pribadi
18. Prinsip dalam etika komunikasi yang meliputi kejujuran, kehormatan, dan keyakinan untuk bertindak dikenal sebagai …
- A. Jujur
- B. Setia
- C. Integritas
- D. Adil
- E. Memegang janji
19. Siapa yang menyatakan bahwa komunikasi adalah proses interaksi atau hubungan yang saling memahami di antara manusia?
- A. Mc.Farland
- B. Colin Cherry
- C. Harword
- D. Murphy
- E. Lexicographer
20. Penerima pesan memproses sinyal yang diterima melalui tahap …
- A. Incoding
- B. Decoding
- C. Oncoding
- D. Coding
- E. Orcoding
21. Berikut ini yang bukan termasuk jenis feedback dari penerima pesan adalah …
- A. Zero feedback
- B. Positive feedback
- C. Neutral
- D. Negative
- E. Netral
22. Menyebarkan pengetahuan sesuai dengan nilai-nilai yang ada merupakan pengertian dari …
- A. Integritas
- B. Motivasi
- C. Kreativitas
- D. Sosialisasi
- E. Adaptasi
23. Respons negatif yang diberikan oleh komunikan kepada komunikator yang bersifat …
- A. Menunjukkan integritas tinggi dari komunikator
- B. Merangkul kebersamaan
- C. Merugikan atau memojokkan komunikasi
- D. Kebersamaan yang memojokkan komunikasi
- E. Proses komunikasi yang kurang baik
24. Tahapan dalam proses komunikasi mencakup …
- A. Internal & Eksternal
- B. Sekunder & Primer
- C. Incoding & Decoding
- D. Sementara & Selamanya
- E. Formal & Nonformal
25. Komunikasi yang berlangsung dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas disebut …
- A. Komunikasi bisnis
- B. Komunikasi personal
- C. Komunikasi vertikal
- D. Komunikasi internal
- E. Komunikasi eksternal
26. Simbol yang menggunakan pendengaran (telinga) dalam komunikasi termasuk jenis lambang …
- A. Gambar
- B. Warna
- C. Gerak
- D. Huruf
- E. Suara
27. Penggunaan bahasa kiasan yang memiliki banyak arti sehingga dapat menimbulkan kesalahpahaman pada penerima pesan merupakan contoh hambatan komunikasi …
- A. Media
- B. Penyandian
- C. Memberikan balikan
- D. Penerima pesan
- E. Pengirim pesan
28. Terjadinya gangguan alam, seperti badai yang menyebabkan jaringan listrik mati dan mengakibatkan pesan tidak dapat diterima sepenuhnya, menjadi hambatan komunikasi pada …
- A. Pengirim pesan
- B. Penyandian
- C. Penerima pesan
- D. Media
- E. Memberikan balikan
29. Berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan untuk meraih kesuksesan di tempat kerja, kecuali …
- A. Cerdas mengatasi semua hambatan komunikasi
- B. Mampu meningkatkan prasangka negatif
- C. Berprasangka positif
- D. Mendorong umpan balik untuk komunikasi yang baik
- E. Mampu beradaptasi secara efektif dengan suasana kerja dan politik kantor
30. Langkah-langkah kerja yang perlu diperhatikan dalam mengidentifikasi prosedur dan format yang relevan dalam komunikasi bisnis adalah sebagai berikut, kecuali …
- A. Memahami pengertian
- B. Menganalisis komunikator
- C. Menentukan ide pokok
- D. Menentukan tujuan
- E. Memilih saluran dan media komunikasi
31. Menurut Cutlip dan Center terdapat 4 tahapan yang menggambarkan proses dari public relations. Berikut ini merupakan tahapan-tahapan tersebut, kecuali...
- A. Fact Finding
- B. Evaluation
- C. Constructing
- D. Planning
- E. Communication
32. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat dan Angka Kreditnya, terdiri dari 16 bab dan ....
- A. 45 pasal
- B. 40 pasal
- C. 35 pasal
- D. 30 pasal
- E. 25 pasal
33. Seorang praktisi humas tetap menghormati dan menghargai kliennya sekalipun kliennya berbeda ras, agama, dan suku. Sikap praktisi humas tersebut mencerminkan nilai kode etik profesi...
- A. Code of Profession
- B. Code of Publication
- C. Code of Conduct
- D. Code of Enterprise
- E. Code of Personality
34. Suatu tatanan etika yang telah disepakati, ditetapkan, dan dapat diterima oleh kelompok profesi untuk berpedoman dan bertindak seharusnya merupakan pengertian dari:
- A. Kode Etik
- B. Kode Etik Profesi
- C. Kode Etika
- D. Etik
- E. Etika
35. Peserta rapat yang memiliki sifat penuh pengertian, sabar, toleransi yang tinggi, dan berjiwa besar merupakan peserta rapat dengan tipe ...
- A. Otoriter
- B. Pendengar
- C. Pemersatu
- D. Penyerang
- E. Inisiatif
36. Pengendalian rapat yang memberikan kesempatan secara bebas kepada para peserta rapat untuk mengemukakan pendapatnya secara bergantian disebut pengendalian secara....
- A. Bebas
- B. Bebas Terbatas
- C. Bebas Ketat
- D. Ketat
- E. Gabungan
37. Jika jumlah peserta rapat yang diundang banyak, pengaturan tempat duduk di ruang rapat yang disarankan adalah.....
- A. Gaya Round Table
- B. Gaya Konferensi
- C. Gaya Klasikal
- D. Gaya Huruf V
- E. Gaya Huruf U
38. Berikut ini yang merupakan bahan rapat adalah...
- A. Map Snelhecter
- B. ATK
- C. Notula rapat yang lalu
- D. Agenda kerja
- E. Block note
39. Berikut ini yang bukan termasuk kelengkapan upacara adalah...
- A. Inspektur Upacara
- B. Perwira Upacara
- C. Komandan Upacara
- D. Peserta Upacara
- E. Podium
40. Berikut ini yang bukan merupakan prinsip etika profesi kehumasan adalah...
- A. Otonomi
- B. Kejujuran
- C. Kebersamaan
- D. Kebebasan
- E. Keadilan
41. Mengubah informasi menjadi bentuk yang dapat diterima oleh penerima pesan adalah...
- A. encoding
- B. Decoding
- C. Decoding-Encoding
- D. Prosiding
- E. Messaging
42. Berikut ini merupakan unsur-unsur dalam komunikasi, kecuali...
- A. komunikator
- B. Pesan
- C. Decoding-Encoding
- D. Feddback
- E. Bahasa
43. Dalam teori komunikasi, pesan dapat berupa...
- A. Langsung dan tidak langsung
- B. Baik dan buruk
- C. Verbal dan non-verbal
- D. Jelas dan tidak jelas
- E. Kompleks dan sederhana
44. Komunikasi yang terjadi antara dua orang yang memiliki hubungan jelas terhubung lewat pelbagai cara adalah definisi dari...
- A. Komunikasi personal
- B. Komunikasi massa
- C. Komunikasi verbal
- D. Komunikasi interpersonal
- E. Komunikasi dua arah
45. Berikut beberapa jenis media baru yang biasa menjadi sarana penyebaran karya jurnalistik pada era digital, kecuali...
- A. Website
- B. Media sosial
- C. Instagram
- D. Tiktok
- E. Video
46. Berita hardnews lebih tepat ditulis dengan menggunakan struktur...
- A. Piramida tegak
- B. Piramida terbalik
- C. Features
- D. Deskriptif
- E. Pendek
47. Untuk melaporkan kisah keberhasilan sebuah kampung mengolah sampah plastik menjadi baran bernilain jual, jenis berita yang cocok adalah...
- A. Laporan investigasi
- B. News analysis
- C. Indepth reporting
- D. Features
- E. Softnews
48. Lembaga yang berwenang menyelesaikan sengketa pers di Indonesia adalah...
- A. Pengadilan
- B. Dewan Pers
- C. Kepolisian
- D. Kementerian Kominfo
- E. PWI
49. Jika mendapati ada pemberitaan tidak benar tentang institusi kita, langkah awal yang terbaik adalah...
- A. Meminta ganti rugi kepada media
- B. Menggugat ke pengadilan perdata
- C. Menerbitkan publikasi sanggahan
- D. Melaporkan ke polisi
- E. Mengajukan hak jawab kepada media
50. Setiap laporan jurnalistik harus memenuhi unsur...
- A. Tata bahasa yang benar
- B. 5W1H
- C. Kelengkapan data
- D. Obyektivitas
- E. Kebenaran
Jika ingin mempelajari lebih banyak contoh pertanyaan, latihan soal PPPK Pranata Humas bisa dengan mengakses link dokumen PDF berikut:
1. Link soal PPPK pranata humas PDF.