Menuju konten utama

40 Contoh Soal PPPK Guru IPA SMP PDF dan Jawabannya

Temukan link download soal P3K Guru IPA SMP PDF lengkap dengan jawabannya untuk bahan belajar dan latihan pelamar posisi guru SMP di sini.

40 Contoh Soal PPPK Guru IPA SMP PDF dan Jawabannya
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon PNS dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Non Guru di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/9/2021). ANTARA FOTO/Maulana Surya/aww.

tirto.id - Kumpulan contoh soal PPPK Guru SMP dalam artikel ini bisa menjadi bahan belajar dan latihan pelamar posisi guru dalam menghadapi ujian tes kompetensi. Link download soal P3K Guru IPA SMP PDF juga tersedia.

Salah satu materi ujian tes kompetensi PPPK Guru adalah tes kompetensi teknis sesuai dengan bidangnya. Seleksi tersebut berlaku untuk seluruh formasi yang dibuka, termasuk seleksi untuk guru SMP.

Persiapan menjelang seleksi kompetensi PPPK dapat ditempuh dengan mengerjakan latihan soal teknis PPPK Guru. Melalui latihan soal PPPK Guru SMP, diharapkan pendaftar PPPK bisa memiliki gambaran terkait soal yang akan dikerjakan pada seleksi kompetensi.

Kumpulan Soal Tes Kompetensi PPPK Guru IPA SMP dan Jawabannya

Contoh soal teknis PPPK Guru bisa dimanfaatkan oleh pelamar PPPK kategori Guru SMP. Latihan soal hadir bersama jawabannya sehingga guru diharapkan bisa mengevaluasi hasil latihan soal dengan baik.

Berikut contoh soal PPPK Guru SMP dan jawabannya.

1. Pada pembelajaran di daerah pusat produksi batik, guru menyajikan masalah berikut: Jika Bu Ani membuat batik tulis dengan kain berukuran 120 cm x 250 cm dengan biaya Rp125.000/m², dan menjualnya dengan laba Rp150.000 per lembar, berapa harga jual per lembar batik? Masalah ini cocok untuk pembelajaran matematika dengan pendekatan...

  • A. Penemuan
  • B. Realistik
  • C. Open-ended
  • D. Saintifik
  • E. Induktif

Kunci jawaban: B

2. Saat mengajar, Ibu Tiur mendapati siswa pasif meski suasana kelas tenang. Tidak ada siswa yang bertanya atau berpendapat. Untuk mengatasi hal ini, Ibu Tiur menggunakan model tutor sebaya sekaligus melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian tersebut adalah...

  • A. mengukur kemampuan mengajukan pertanyaan
  • B. menghitung jumlah siswa yang berani mengajukan pertanyaan di setiap siklus PTK
  • C. memberikan contoh kepada siswa untuk mengemukakan pendapat
  • D. meningkatkan kemauan siswa dalam mengajukan pertanyaan
  • E. menerapkan model pembelajaran tutor sebaya

Kunci jawaban: D

3. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada KD tentang "menggali manfaat persatuan dan kesatuan dalam membangun kerukunan hidup" memiliki kelebihan terutama dalam aspek:

  • A. Hasil belajar lebih utuh dan bermakna dalam membangun praktek kerukunan hidup
  • B. Pemahaman konsep persatuan dan kesatuan bangsa akan lebih bermakna dan aplikatif
  • C. Orientasi nilai persatuan dan kesatuan siswa lebih mendalami untuk dihayati dan diamalkan
  • D. Keterampilan sosial siswa untuk membangun kerukunan hidup lebih teraplikasikan
  • E. Sifat positif siswa terhadap persatuan, kesatuan, dan kerukunan hidup takkan bertambah

Kunci jawaban: D

4. Sebelum mengajarkan rumus luas segitiga, guru sebaiknya memberikan apersepsi tentang...

  • A. luas trapesium dan jajargenjang
  • B. sifat-sifat persegi panjang
  • C. bangun datar dan sifat-sifatnya
  • D. jenis-jenis segitiga menurut ukuran panjang sisinya
  • E. jenis-jenis segitiga menurut ukuran sudutnya

Kunci jawaban: A

5. Hasil analisis pembelajaran IPS di kelas IV SD Butuh menunjukkan bahwa siswa tidak aktif dalam bertanya, memberi tanggapan, dan membaca materi. Guru juga sering menggunakan metode ceramah. Judul PTK yang cocok berdasarkan kasus ini adalah...

  • A. Penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas IV SD Butuh
  • B. Pengembangan metode inkuiri untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas IV SD Butuh
  • C. Hubungan antara metode inkuiri dengan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas 4 SD Butuh
  • D. Pengaruh metode inkuiri terhadap keaktifan belajar IPS pada siswa kelas IV SD Butuh
  • E. Efektivitas penggunaan metode inkuiri untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas IV SD Butuh

Kunci jawaban: A

6. Salah satu indikator pembelajaran adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis. Bu Dina menggunakan pendekatan saintifik dan mengajak siswa berdiskusi tentang perbedaan tanaman yang diletakkan di tempat terang dan gelap. Kegiatan komunikasi yang paling efektif dalam kelas adalah...

  • A. Siswa melaporkan proses dan hasil pengamatan
  • B. Siswa mengumpulkan laporan percobaan
  • C. Siswa menyajikan tabel hasil pengamatan
  • D. Siswa mengumpulkan laporan pengamatan

Kunci jawaban: C

7. Bu Lidya, guru kelas 1 SD, memulai pelajaran tema "Diri Sendiri" dengan menyanyikan lagu "Satu-satu Aku Sayang Ibu" dan memperkenalkan bagian tubuh. Namun, siswa tidak banyak berpartisipasi dalam diskusi. Akar masalah dalam pembelajaran ini adalah...

  • A. Siswa kurang terlibat aktif sesuai skenario pembelajaran
  • B. Kegiatan diskusi tidak berhasil
  • C. Ketidaktepatan dalam memilih media
  • D. Siswa tidak berhasil mengungkapkan kegunaan bagian tubuh

Kunci jawaban: C

8. Pada pelajaran IPA tentang pemantulan cahaya, Pak Agung mengajak siswa melakukan praktikum pemantulan pada cermin datar. Penilaian yang diterapkan meliputi ranah kognitif dan psikomotorik. Rubrik penilaian untuk keterampilan menggunakan busur derajat saat mengukur sudut datang dengan nilai rendah adalah...

  • A. membaca hasil pengukuran busur derajat dari arah kanan
  • B. meletakkan posisi nol busur derajat pada garis normal
  • C. meletakkan titik tengah busur derajat berimpit dengan perpotongan sinar pantul dan garis normal
  • D. mengukur besar sudut antara garis normal dengan sinar datang E. menghitung sudut datang

Kunci jawaban: E

9. Salah satu langkah awal dalam model pembelajaran discovery learning adalah memberikan rangsangan berpikir. Untuk materi ekosistem dan rantai makanan, kegiatan stimulasi yang tepat adalah...

  • A. Siswa membaca buku dan mengamati media gambar tentang suatu ekosistem
  • B. Siswa berdiskusi dengan teman sebangku untuk merumuskan hipotesis
  • C. Siswa menuliskan jawaban pertanyaan di bukunya
  • D. Siswa menjawab pertanyaan dari guru tentang macam-macam ekosistem

Kunci jawaban: A

10. Peristiwa kejahatan melibatkan siswa usia SD sebagai pelaku memerlukan perhatian khusus dari masyarakat pendidikan. Sebagai guru, menyikapi hal ini harus berpegang pada prinsip kebenaran yang...

  • A. Kewajiban guru sebatas dalam pemberian pengetahuan dan keterampilan pada peserta didik
  • B. Pendidikan yang cukup diberikan untuk mencerdaskan peserta didik
  • C. Pendidikan moral sebaiknya diberikan di keluarga masing-masing
  • D. Pentingnya pendidikan karakter ditanamkan dalam diri peserta didik sedini mungkin

Kunci jawaban: D

11. Untuk mengembangkan konsep penjumlahan pecahan, alat peraga matematika yang paling tepat adalah...

  • A. Gambar beberapa persegi di papan tulis
  • B. Potongan sama besar model kue pizza
  • C. Lempengan persegi yang dipotong-potong vertikal dan horizontal
  • D. Potongan model buah apel
  • E. Garis bilangan

Kunci jawaban: B

12. Prinsip-prinsip penilaian yang baik meliputi...

  • A. Reliabel, transparan, bertanggung jawab dan tertulis rapi
  • B. Sahih, akuntabel, terstandarisasi, bisa diumumkan ke public
  • C. Sahih, objektif, adil terpadu, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan
  • D. Sahih, terpadu, terbuka, menyeluruh dan bersifat demokratis

Kunci jawaban: C

13. Contoh rumusan tujuan pembelajaran yang baik adalah...

  • A. siswa mampu menirukan tulisan yang dicontohkan guru
  • B. siswa mampu menulis tegak bersambung dengan rapi dan bersih
  • C. siswa mampu mengungkapkan gagasan dan perasaan dalam bentuk tulisan
  • D. siswa mampu menjiplak dan menebalkan tulisan yang dicontohkan guru
  • E. siswa mampu menulis kalimat sederhana sesuai gambar yang diamati

Kunci jawaban: C

14. Dalam menyusun PTK, kajian pustaka penting dimasukkan. Manfaat kajian pustaka dalam PTK antara lain...

  • A. Membentuk kerangka konsep dan kerangka berpikir dalam penelitian
  • B. Sebagai acuan agar tidak terjadi plagiasi dalam penelitian
  • C. Mendapatkan data penelitian sebelumnya yang bisa dipertanggungjawabkan
  • D. Mengkonfirmasi hasil penelitian empiris dengan pemikiran teoritis

Kunci jawaban: A

15. Pak Deni akan mengajarkan tema "Sumber Daya Alam" dan ingin siswa aktif. Ia merencanakan kegiatan menggunakan benda asli sebagai media untuk menjelaskan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Maka ia membawa contoh benda-benda tersebut ke kelas seperti...

  • A. minyak tanah, batubara timah dan sayuran
  • B. emas, timah, batubara dan pasir kuarsa
  • C. sayuran, buah-buahan, emas dan intan
  • D. sayuran, bunga, minyak tanah dan pasir
  • E. batubara, nikel, bauksit dan tumbuhan

Kunci jawaban: B

16. Indikator pengetahuan pada level penerapan (C3) untuk pembelajaran tentang siklus air adalah...

  • A. Mendeskripsikan tahap-tahap siklus air
  • B. Mencermati tahap-tahap siklus air
  • C. Mengilustrasikan tahap-tahap siklus air
  • D. Menganalisis tahap-tahap siklus air

Kunci jawaban: C

17. Seorang guru memotong segitiga sembarang menjadi tiga bagian menggunakan sisi-sisinya, kemudian menyatukan ketiga bagian tersebut melalui sudut-sudutnya hingga membentuk sudut lurus. Dengan cara ini, guru mendemonstrasikan kepada siswa bahwa jumlah sudut dalam segitiga adalah 180 derajat. Teknik ini adalah metode pembuktian secara...

  • A. Formal
  • B. Deduktif
  • C. Kritis
  • D. Kreatif
  • E. Non formal

Kunci jawaban: D

18. Penilaian keterampilan menulis siswa dalam mengidentifikasi isi gambar sederhana melibatkan...

  • A. Menyimpulkan dengan lengkap sesuai isi gambar dan menggunakan Bahasa yang mudah dipahami
  • B. Mengamati dengan teliti dan penuh perhatian serta menemukan isi gambar dengan tepat
  • C. Menjelaskan dengan lengkap sesuai isi gambar, tutur kata, sopan dan santun
  • D. Memberikan tanggapan dengan jelas dan tutur kata sopan dan santun

Kunci jawaban: A

19. Ibu Rina merencanakan pengajaran listrik statis dengan pendekatan yang menyerupai permainan sulap. Meskipun alat dan bahan yang tersedia terbatas, metode pembelajaran yang paling sesuai adalah...

  • A. Inkuiri
  • B. Discovery
  • C. Pbl
  • D. Demonstrasi
  • E. Kooperatif

Kunci jawaban: D

20. Dalam pendekatan saintifik, siswa bereksperimen untuk menemukan hubungan antara volume tabung dan volume kerucut dengan cara...

  • A. Memilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggi sama kemudian kerucut diisi pasir dan diisikan pada tabung sebanyak tiga kali
  • B. Memilih alat peraga tabung dan kerucut, kemudian kerucut diisi pasir dan diisikan pada tabung sebanyak tiga kali
  • C. Memilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggi sama kemudian tabung diisi pasir dan diisikan pada kerucut sebanyak tiga kali
  • D. Memilih alat peraga tabung dan kerucut kemudian tabung diisi pasir dan diisikan pada kerucut sebanyak tiga kali

Kunci jawaban: B

21. Ibu Rina menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA dengan kegiatan mengumpulkan data tentang perbedaan tumbuhan yang ditempatkan di tempat terang dan gelap. Kegiatan ini bertujuan untuk...

  • A. Siswa mencatat informasi dari guru
  • B. Siswa mencatat informasi dari buku
  • C. Siswa menyajikan tabel hasil pengamatan
  • D. Siswa mencatat hasil percobaan

Kunci jawaban: D

22. Dalam pembelajaran discovery learning, tahap identifikasi masalah memungkinkan siswa untuk menemukan masalah terkait materi rantai makanan. Kegiatan identifikasi yang tepat adalah...

  • A. Siswa berdiskusi untuk menentukan rumusan masalah
  • B. Siswa berdiskusi tentang jawaban masalah
  • C. Siswa berdiskusi untuk merumuskan hipotesis
  • D. Siswa berdiskusi untuk membuat pertanyaan

Kunci jawaban: C

23. Dari pernyataan berikut: (1) Melakukan tes, (2) Mengoreksi jawaban, (3) Menentukan siswa yang mencapai KKM, (4) Menentukan program remedial, (5) Menentukan kenaikan kelas, dan (6) Menentukan kelulusan, kegiatan pengukuran adalah...

  • A. 4 dan 5
  • B. 1 dan 6
  • C. 1 dan 2
  • D. 2 dan 3

Kunci jawaban: D

24. Ibu Dia, guru kelas 5 SD, mengajarkan materi "Peninggalan Sejarah". Siswa diminta mengamati tayangan video tentang benda-benda peninggalan sejarah. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan siswa adalah...

  • A. membuat karangan tentang peninggalan sejarah yang telah diamati
  • B. saling bercerita tentang pengalaman dari tayangan video dengan teman semeja
  • C. setiap siswa menyebutkan berbagai macam benda peninggalan sejarah dalam laporan sederhana
  • D. menggambar salah satu benda peninggalan sejarah
  • E. guru membimbing siswa untuk melakukan diskusi kelompok tentang tayangan video

Kunci jawaban: E

25. Pak Ali Kurnia, guru kelas 1 SD, khawatir siswa tidak mampu mendeskripsikan benda-benda sekitar karena kemampuan berbicara dalam bahasa Indonesia masih rendah. Akar masalah dalam pembelajaran ini adalah...

  • A. Kemampuan berbicara bahasa indonesia rendah
  • B. Penyampaian materi dengan cerita guru tanpa melibatkan siswa
  • C. Mayoritas penduduk menggunakan bahasa daerah
  • D. Siswanya tidak akan mampu mendeskripsikan benda-benda disekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana

Kunci jawaban: B

26. Jika seorang siswa mengambil pensil teman secara diam-diam, tindakan guru yang tidak tepat adalah...

  • A. Guru memberi nasihat bahwa mengambil barang orang lain tidak baik
  • B. Memberikan peluang siswa menjelaskan mengapa dia mengambil pensil temannya
  • C. Membiasakan siswa berperilaku jujur
  • D. Guru menjelaskan pada siswa membawa alat tulis sendiri

Kunci jawaban: B

27. Salah satu prinsip dalam penyusunan RPP adalah...

  • A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
  • B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
  • C. RPP bersumber dari silabus
  • D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan

Kunci jawaban: B

28. Ranah kognitif dalam taksonomi Bloom diurutkan mulai dari...

  • A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
  • B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
  • C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analisis, dan evaluasi
  • D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.

Kunci jawaban: B

29. Taksonomi Anderson dan Krathwohl menyempurnakan taksonomi Bloom dengan urutan ranah kognitif yang...

  • A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
  • B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
  • C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analisis, dan evaluasi
  • D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan,mencipta

Kunci jawaban: D

30. Model pembelajaran yang mendorong berpikir kreatif, realistis, dan pemecahan masalah adalah...

  • A. RolePlaying
  • B. Inquiry
  • C. Problem Solving
  • D. Picture and Picture

Kunci jawaban: C

31. Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam diskusi pemecahan masalah pembelajaran adalah...

  • A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
  • B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan
  • C. Jumlah peserta didik yang mengikuti pembelajaran
  • D. Motivasi belajar siswa

Kunci jawaban: B

32. Jika seorang siswa tidak menjawab pertanyaan, guru sebaiknya...

  • A. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
  • B. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah
  • C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
  • D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.

Kunci jawaban: A

33. Prinsip sistematis dalam pengembangan silabus berarti...

  • A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik
  • B. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian
  • C. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar
  • D. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi

Kunci jawaban: C

34. Ciri-ciri kelas dengan pembelajaran CTL, kecuali...

  • A. Sharing dengan teman
  • B. Guru kreatif
  • C. Pengalaman nyata
  • D. Menggunakan satu sumber

Kunci jawaban: D

35. Fungsi indikator sebagai penanda dalam...

  • A. Pencapaian standar kompetensi
  • B. Pencapaian kompetensi dasar.
  • C. Pencapaian tujuan pembelajaran
  • D. Pencapaian standar kelulusan

Kunci jawaban: B

36. Ibu Murni Nugroho selalu memilih materi yang akurat, relevan, dan bermanfaat untuk masa depan. Kriteria ini sesuai dengan prinsip...

  • A. Sahih
  • B. Kebermanfaatan
  • C. Layak dipelajari
  • D. Menarik minat

Kunci jawaban: A

37. Kompetensi dasar tentang menganalisis penerapan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dapat dirumuskan dengan indikator hasil belajar pada level C5 (menilai) dengan kemampuan siswa untuk...

  • A. Memilih sikap demokrasi dari pada sikap otoriter dengan alasan yang tepat
  • B. Memberi contoh penerapan sila 3 pancasila di lingkungan masyarakat
  • C. Mengusulkan upaya memajukan usaha koperasi demi kesejahteraan rakyat
  • D. Menghargai jasa para pahlawan dalam merumuskan pancasila sebagai dasar Negara
  • E. Menjelaskan implementasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan di rumah

Kunci jawaban: A

38. Bu Rossa menyusun materi pelajaran mulai dari yang dikenal siswa ke hal-hal baru yang lebih mendalam. Pola pengembangan materi ini mengikuti...

  • A. Kausal
  • B. Spiral
  • C. Kronologis
  • D. inquiri

Kunci jawaban: B

39. Komponen RPP untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup kompetensi dasar "Mengenal kegiatan bermusyawarah", indikator "Menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah", dan tujuan pembelajaran "Setelah pemilihan ketua kelas, siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar". Prinsip yang digunakan adalah...

  • A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
  • B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
  • C. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
  • D. Keterkaitan dan keterpaduan

Kunci jawaban: D

40. Rumusan masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) harus esensial. Esensial berarti...

  • A. Mudah dilaksanakan, murah biaya, kajian teorinya ada, dan disetujui kepala sekolah
  • B. Mudah dilaksanakan, murah biaya pelaksanaan, mudah mencari kajian teori, mendesak untuk diselesaikan
  • C. Adanya theory gap dan research gap, mudah mencari kajian teori, bisa diselesaikan, disetujui atasan
  • D. Mudah dilaksanakan, murah biaya pelaksanaan, mudah mencari kajian teori, mudah mencari sponsor

Kunci jawaban: B

Download Soal P3K Guru IPA SMP PDF

Selain melalui contoh-contoh soal di atas, bank soal PPPK Guru bisa diakses lewat tautan unduhan di bawah ini. Silakan download contoh soalnya, baik itu soal PPPK Guru SMP maupun contoh soal teknis PPPK Guru.

Link Download Soal P3K Guru IPA SMP PDF (1)

Link Download Soal P3K Guru IPA SMP PDF (2)

Baca juga artikel terkait PPPK 2024 atau tulisan lainnya dari Nurul Azizah

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Ibnu Azis