Menuju konten utama

Bank Soal Tryout PPPK Guru SMA/SMK 2023 PDF dan Jawabannya

Bank soal tryout PPPK Guru SMA/SMK tahun 2023 kompetensi teknis dapat digunakan oleh peserta PPPK Guru 2023 sebagai bahan latihan. Berikut selengkapnya.

Bank Soal Tryout PPPK Guru SMA/SMK 2023 PDF dan Jawabannya
Peserta mengikuti tes seleksi PPPK (Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) yang digelar Pemkab Tulungagung di Tulungagung, Jawa Timur, Senin (13/9/2021). ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko/foc.

tirto.id - Bank soal tryout PPPK Guru SMA/SMK tahun 2023 kompetensi teknis dapat digunakan oleh peserta PPPK Guru 2023 sebagai bahan latihan dalam rangka persiapan menjelang pelaksanaan tes seleksi kompetensi PPPK 2023 yang akan datang.

Para peserta yang telah dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi dapat melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu tahap seleksi kompetensi teknis untuk PPPK 2023.

Merujuk pengumuman yang telah dirilis oleh BKN terkait penyesuaian jadwal pelaksanaan seleksi CASN tahun anggaran 2023, pelaksanaan seleksi kompetensi untuk PPPK 2023 akan diselenggarakan mulai 10 November hingga 4 Desember 2023.

Berkaitan dengan hal itu, pelamar yang akan menjalani seleksi kompetensi PPPK 2023 dapat mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan mempelajari dan mengerjakan berbagai contoh soal tentang kompetensi teknis yang tersedia dalam artikel ini.

Contoh Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru SMA/SMK 2023 dan Jawabannya

Berikut ini disajikan 25 contoh soal Kompetensi Teknis PPPK Guru SMA/SMK tahun 2023 beserta kunci jawabannya:

1. Anda diterima sebagai guru SMA swasta yang ada di Surabaya, sedangkan tempat tinggal anda di kota lain yang membutuhkan waktu tempuh 2 jam untuk sampai di sekolah. Anda mengajar di sekolah tersebut selama enam hari kerja. Selain itu, anda juga diminta pihak sekolah untuk mengerjakan tugas administrasi di luar jam kerja, yang akan anda lakukan adalah....

a. Sementara akan bertahan sambil mencari lowongan kerja di dekat rumah

b. Tetap menjalankan tugas saya sebagai guru dengan sebaik-baiknya meskipun tempat mengajar jauh dan banyak tugas tambahan yang harus diselesaikan

c. Kelelahan dengan jarak tempuh yang terlalu jauh dengan sekolah

d. Terpaksa bekerja dengan jarak tempuh yang jauh, hal ini dikarenakan faktor ekonomi saja

e. Bertahan menjadi guru di sekolah tersebut dengan meminta dispensasi tidak diberi tugas tambahan diluar jam mengajar karena terlalu jauh.

Jawaban : b

2. Salah satu persyaratan menjadi guru adalah memiliki kompetensi akademik S1/D4. Seorang guru teman sejawat anda di sebuah SMA swasta di Surabaya tidak memiliki salah satu persyaratan wajib yang diharuskan undang-undang tapi sudah aktif mengajar, maka yang anda lakukan adalah..

a. Melakukan pendekatan secara persuasif kepada guru tersebut dan memberikan informasi berkaitan dengan persyaratan tersebut serta membantunya dalam mencapai persyaratan

b. Memberikan usulan kepada kepala sekolah agar mengidentifikasi setiap guru yang belum memenuhi persyaratan wajib sebagai guru, kemudian memberikan dukungan agar mencapai persyaratan tersebut

c. Mencarikan informasi untuk guru berkaitan dengan program-program pemerintah yang dapat membantu guru yang belum memenuhi persyaratan wajib sebagai guru

d. Melaporkan guru yang bersangkutan kepada kepala sekolah atau dinas pendidikan terkait agar guru tersebut mendapatkan sanksi

e. Diam saja karena hal tersebut merupakan tanggung jawab kepala sekolah.

Jawaban : b

3. Anda ditugaskan di sekolah kurang maju yang ditandai oleh kegiatan belajar mengajar tidak optimal, media dan sumber belajar yang minim. Serta kemandirian belajar siswa yang rendah. Apa upaya Anda untuk menghadapi keadaan tersebut?

a. Saya berusaha sekuat tenaga dan pikiran untuk menemukan cara- cara baru memajukan sekolah

b. Saya mengusulkan kepala dinas pendidikan agar mengutamakan program peningkatan kemajuan sekolah

c. Saya meminta kepala sekolah dan para guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah

d. Saya mengajak partisipasi komite sekolah untuk pengadaan media dan sumber belajar yang diperlukan sekolah

e. Saya menerima keadaan sekolah sebagaimana adanya dan melaksanakan tugas mengajar sebagaimana besarnya

Jawaban : a

4. Guru menggunakan metode kontekstual sebagai salah satu syarat agar pelajaran tertentu memiliki kekuatan bahwa materi kajiannya meaningfull berarti...

a. Bersifat logis dan berguna

b. Menampilkan kasus

c. Menampilkan fakta

d. Memenuhi aspek kognitif

Jawaban : a

5. Dalam pengembangan pembelajaran, sebaiknya guru dapat memahami karakteristik anak Dibawah ini adalah salah satu dari karakteristik siswa SD, yaitu ....

a. Pengetahuan yang diperoleh diberikan secara abstrak.

b. Kemampuan berpikir secara kompleks.

c. Kemampuan berpikir secara parsial.

d. Cenderung bermain sambil belajar.

Jawaban : d

6. Dalam menggunakan media pembelajaran, maka berikut ini yang tidak perlu diperhatikan adalah ...

a. Jenjang Satuan pendidikan

b. Karakteristik siswa

c. Pembelajaran lebih menekankan pada pengalaman dan pembiasaan

d. Pengetahuan dan pengertian yang komplek dari siswa

Jawaban : d

7. Kegunaan kaldik adalah...

A. Menghitung hari minggu setiap bulan

B. Mendistribusikan kompetensi dasar dalam setahun

C. Mendistribusikan alokasi waktu setiap bulan

D. Menentukan hari belajar efektif.

Jawaban : d

8. Berikut ini yang bukan kriteria penilaian essay adalah .... Kecuali

a. Pemilihan topik esai dan Ketajaman analisa

b. Rasionalitas ide, inovasi, dan, orisinalitas

c. Kelengkapan dan relevansi data, dasar teori, dan kemampuan argumentasi

d. Sistematika penulisan dan pemikiran

e. Keluasan daftar pustaka

Jawaban : e

9. Tindakan mana yang anda pilih ketika ada seorang peserta didik mengalami kesulitan?

a. Menemuinya dan berusaha mengetahui bagaimana perasaannya, dan memberi dukungan atas kebutuhan atau keinginannya saat itu

b. Memberikannya bantuan dana

c. Berbagi cerita dengannya tentang perasaannya saat itu

d. Menyampaikan ucapan turut prihatin kepadanya secara langsung

e. Meminta teman-temanya saja untuk menggantikan anda datang menemuinya.

Jawaban : a

10. Penilaian harus mampu menyimpulkan apakah peserta didik telah mencapai kompetensi yang ditetapkan atau belum. Hal ini sejalan dengan prinsip penilaian....

a. Keeping track

b. Checking up

c. Finding out

d. Summing up

Jawaban : d

11. Salah satu indikator pembelajaran adalah menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis. Untuk mencapai indikator tersebut, Bu Dina melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Kegiatan megkomunikasikan tentang perbedaan tumbuhan yang diletakkan di tempat gelap dan terang dalam diskusi kelas yang paling efektif adalah....

a. Siswa melaporkan proses dan hasil pengamatan

b. Siswa mengumpulkan laporan percobaan

c. Siswa menyajikan tabel hasil pengamatan

d. Siswa mengumpulkan laporan pengamatan

Jawaban : c

12. Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui, memahami, mengaplikasi, menyelidiki dan menginformasikan suatu hal secara jelas. Pada penilaian proyek, hal yang perlu dipertimbangkan adalah ...

a. Relevansi bidang ilmu

b. Perintah kerja

c. Pemberian skor hasil belajar

d. Penilaian diri

Jawaban : a

13. Yang bukan untuk mengukur keterampilan nyata peserta didik adalah...

a. Tes tertulis

b. praktik

c. Portofolio

d. unjuk kerja

e. Produk

Jawaban : a

14. Pada saat peserta didik melakukan eksperimen atau eksplorasi, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengumpulkan informasi sebanyak- banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis. Data dapat diperoleh melalui membaca literature, mengamati objek, wawancara dengan narasumber, melakukan uji coba sendiri dan sebagainya. Langkah terakhir, peserta didik menggeneralisasi atau menarik kesimpulan. Kegiatan diatas merupakan langkah pembelajaran ..

a. Projek Based Learning

b. Problem Based Learning

c. Cooperative learning

d. Group Investigation

Jawaban : b

15. Ketika bekerja bersama dengan rekan guru, anda akan...

a. Mengemukakan diri secara terbuka

b. Menyediakan waktu membantu kelancaran tugas bersama dengan sesama guru.

c. Mengharapkan pengertian dari sesama rekan guru

d. Menyampaikan ide atau gagasan, secara jelas dan sistematis

e. Mampu menanggapi kritik dan berusaha memahaminya

Jawaban : b

16. Guru banyak menggunakan ceramah dalam kegiatan pembelajaran karena tidak tersedia media dan sumber belajar. Kondisi tersebut mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Menghadapi situasi tersebut, bagaimana cara Anda menyelesaikannya?

a. Saya memanfaatkan alam sekitar sekolah sebagai media dan sumber belajar untuk mengaktifkan kegiatan belajar siswa

b. Siswa menugaskan siswa membuat media dan sumber belajar yang menunjang topik pembelajaran sehingga mereka lebih aktif di kelas

c. Saya bekerja sama dengan orang tua/ wali murid untuk memberikan sumbangan dalam pengadaan media dan sumber belajar

d. Saya meminta siswa untuk belajar di kelas dengan tenang dan memperhatikan penjelasan guru dengan baik agar berprestasi

e. Saya mengemukakan persoalan tersebut kepada beberapa guru dan tetap mengajar seperti biasanya

Jawaban : a

17. Model pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan dalam pelajaran untuk mencapai pembelajaran yang efektif berpusat pada peserta didik. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sebagai fasilitator. Salah satu tujuan tugas fasilitator adalah...

a. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menerapkan keterampilan dalam berpikir tingkat tinggi dalam memecahkan masalah

b. Memfasilitasi peserta didik untuk aktif merumuskan dan memecahkan masalah secara mandiri baik pada kegiatan individu maupun kelompok sebagai proses membangun pengetahuan dan keterampilan berfikir

c. Memberikan penjelasan kepada peserta didik tentang hal-hal yang harus dilakukan serta memotivasi untuk belajar aktif sehingga menjadi pembelajar yang mandiri

d. Menyelaraskan bahan ajar dengan kemampuan peserta didik untuk memecahkan masalah

Jawaban : b

18. Peristiwa kejahatan yang terjadi di masyarakat mengenai keterlibatan siswa usia sekolah dasar baik sebagai pelaku. Hal itu menjadi suatu hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus bagi masyarakat pendidikan. Sebagai guru maka dalam menyikapi hal tersebut harus memiliki prinsip kebenaran yang ...

a. Kewajiban guru sebatas dalam pemberian pengetahuan dan keterampilan pada peserta didik

b. Pendidikan yang cukup diberikan untuk mencerdaskan peserta didik

c. Pendidikan moral sebaiknya diberikan di keluarga masing-masing

d. Pentingnya pendidikan karakter ditanamkan dalam diri peserta didik sedini mungkin

Jawaban : d

19. Dalam prosedur penilaian pengetahuan, penilaian pengetahuan dapat dilakukan tanpa direncanakan. Pandangan anda sebagai guru terhadap pernyataan ini adalah :

a. Prosedur penilaian pengetahuan dapat dilakukan tanpa perencanaan dikarenakan siswa telah memiliki pengetahuan nya

b. Prosedur penilaian pengetahuan dapat dilakukan tanpa direncanakan karena prosedur penilaian dilaporkan dalam bentuk angka, predikat, dan deskripsi

c. Prosedur penilaian pengetahuan tidak dapat dilakukan tanpa direncanakan karena hasil penilaiannya akan bias

d. Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari pengembangan instrumen, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan serta pemanfaatan hasil penilaian

Jawaban : d

20. Ketidakmampuan seseorang peserta didik yang mengacu kepada gejala dimana peserta didik tidak mampu belajar sehingga hasil belajarnya di bawah potensi intelektualnya dinamakan kesulitan belajar ...

a. Learning Disabilities

b. Learning Disorder

c. Under Achiever

d. Slow Learner

e. Learning Disfunction

Jawaban : a

21. Siswa mengalami tingkat kepercayaan diri rendah. Umpan balik yg dilakukan guru adalah..

a. Teacher feedback

b. Ekstrinsic feedback

c. Intrinsic feedback

d. Parent feedback

Jawaban : c

22. Pak Reno sedang melaksanakan proses pembelajaran dimana Siswa disuruh mengolah buah segar untuk dijadikan minuman itu model pembelajaran yang tepat adalah...

a. Problem based learning

b. projek based learning

c. Contextual teaching and learning

d. Inquiry learning

e. Cooperatif learning

Jawaban : c

23. Pak Rudi ingin menilai siswanya untuk melihat hasil kerja siswa maka siswa diminta membuat jus buah dari buah-buahan sekitar. Pilihan model penilaian yang cocok adalah....

a. penilaian proyek

b. produk

c. unjuk kerja

d. Portofolio

e. Sikap

Jawaban : b

24. Deskripsi tentang ranah sikap, pengetahuan, keterampilan yang harus dipelajari untuk dikuasai peserta didik pada suatu tingkat atau jenjang sekolah, kelas, mata pelajaran tertentu terdapat pada komponen silabus..

a. KD

b. KI

c. penilaian

d. Pembelajaran

e. Materi

Jawaban : a

25. Pak Parjo adalah guru olah raga, pagi ini dia mengajarkan kepada peserta didiknya dengan memberikan contoh teknik melempar bola basket ke ring. Setelah itu Guru pjok menutup pembelajaran dengan meminta siswa untuk melempar bola basket ke arah ring dari jarak tertentu. Hal tersebut merupakan bentuk kegiatan pembelajaran yang mengukur ...

a. Presisi

b. Naturalisasi

c. Imitasi

d. Artikulasi

e. Manipulasi

Jawaban : c

Download Contoh Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru SMA/SMK 2023

Bagi peserta PPPK Guru SMA/SMK tahun 2023 yang akan mengikuti tes kompetensi teknis dapat memanfaatkan sejumlah materi atau kumpulan soal terkait tes kompetensi teknis sebagai bahan latihan. Adapun link unduh contoh soalnya dapat diakses melalui tautan berikut ini:

Baca juga artikel terkait CPNS 2023 atau tulisan lainnya dari Ririn Margiyanti

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Yulaika Ramadhani