Contoh Modul Ajar Kelas 2 Kurikulum Merdeka Pendidikan Pancasila

Kontributor: Ririn Margiyanti, tirto.id - 30 Agu 2023 09:38 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Modul ajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 2 SD Kurikulum Merdeka. Berikut link download selengkapnya.
tirto.id - Modul ajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 2 SD merupakan salah satu bentuk perangkat pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka yang dapat digunakan sebagai bahan ajar oleh guru untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran.

Kebijakan terkait dengan penerapan Kurikulum Merdeka oleh Kemendikbud Ristek itu diberlakukan untuk semua jenjang pendidikan mulai dari tingkat SD hingga SMA. Guna mendorong kebijakan tersebut Kemendikbud juga telah menyediakan perangkat ajar yang dapat diunduh oleh para pendidik melalui platform Merdeka Mengajar.

Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), guru atau pendidik diwajibkan untuk menggunakan perangkat pembelajaran tersebut sebagai acuan atau rujukan dalam proses belajar mengajar. Adapun perangkat ajar dalam Kurikulum Mereka meliputi bahan ajar, modul ajar/RPP+, modul projek atau buku teks.

Perangkat ajar tersebut berisi materi yang akan diajarkan di kelas. Di samping itu, perangkat ajar juga dapat digunakan untuk semua fase atau jenjang pendidikan sehingga dapat memudahkan para pendidik untuk memperoleh referensi terkait materi pengajaran.

Meski dalam penerapan Kurikulum Merdeka guru diwajibkan untuk merujuk pada perangkat pembelajaran, akan tetapi terkait dengan perangkat ajar berupa modul ajar guru diberikan hak untuk memodifikasi modul ajar bahkan menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik peserta didiknya.

Modul ajar itu sendiri didefinisikan sebagai dokumen yang di dalamnya berisi tujuan, langkah, media, dan asesmen yang nantinya akan digunakan sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Pada dasarnya bentuk modul ajar ini hampir mirip dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), namun komponennya lebih lengkap sehingga disebut dengan RPP Plus (RPP+).


Link Unduh Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka


Salah satu contoh perangkat ajar yang digunakan dalam Kurikulum Merdeka yaitu modul ajar Pendidikan Pancasila kelas 2 SD yang dapat menjadi referensi atau inspirasi bagi guru untuk mencari materi pengajaran yang sesuai dengan karakteristik murid yang diampu.

Modul ajar disusun dengan memperhatikan beberapa hal seperti tema yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran dan memiliki basis perkembangan jangka panjang, serta penyusunan yang disesuaikan dengan tahap atau fase perkembangan peserta didik di setiap kelas.

Terdapat beberapa materi yang akan menjadi fokus pembahasan dalam modul ajar Pendidikan Pancasila kelas 2 Kurikulum Merdeka. Berikut ini rincian daftar materi dalam modul ajar Pendidikan Pancasila kelas 2 Kurikulum Merdeka beserta link download untuk mengunduhnya :

Cara Mengunduh Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka

Cara mengunduh perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka dapat dilihat melalui laman pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengunduh perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka :

1. Pilih perangkat ajar yang ingin diunduh.

2. Setelah masuk ke halaman detail perangkat ajar, klik "Unduh Perangkat Ajar".
Selain video, semua dokumen modul ajar/RPP+ dan bahan ajar akan terunduh ke gawai Anda. Lihat notifikasi gawai jika ingin membuka unduhan.

3. Informasi tambahan terkait dengan modul ajar/RPP+. Modul Ajar/RPP+ adalah perangkat ajar yang dapat terdiri dari satu pertemuan atau lebih, yang disertai dengan bahan ajar pelengkap yang beragam. Anda dapat mengunduh dokumen per pertemuan, namun disarankan mengunduh perangkat ajar secara keseluruhan agar mendapatkan konteks yang berkelanjutan terkait modul ajar tersebut.
Di bawah ini adalah cara mengunduh Modul Ajar/RPP+:

- Buka pertemuan yang ingin diunduh, lalu klik "Lihat detail".
- Setelah masuk ke halaman detail pertemuan, klik "Unduh Semua" untuk mengunduh seluruh dokumen dalam satu pertemuan, atau unduh dokumen satu per satu dengan klik ikon unduh di bagian kanan dokumen.


Baca juga artikel terkait KURIKULUM MERDEKA atau tulisan menarik lainnya Ririn Margiyanti
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight