tirto.id - LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi merupakan salah satu projek yang akan dikerjakan oleh peserta program PPG Dalam Jabatan (Daljab) 2023. Dalam artikel ini akan dibahas contoh LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi PPG Daljab beserta link download PDF.
Setelah peserta PPG Daljab menyelesaikan LK 1.3, mereka selanjutnya akan mengerjakan tugas LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi.
Penugasan materi ini bertujuan untuk melatih peserta PPG Daljab dalam mengeksplorasi berbagai alternatif solusi ketika mengatasi masalah pembelajaran yang ada di sekolah.
Simak ulasan berikut ini untuk penjelasan lebih jelas mengenai cara pengisian pada LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi.
Cara Mengisi LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi PPG Daljab
Dalam mengisi jawaban LK 2.1 harus disesuaikan dengan masalah yang dihadapi oleh masing-masing peserta PPG Daljab. Format tugas LK 2.1 terdiri dari 4 kolom, yaitu masalah terpilih yang akan diselesaikan, akar penyebab masalah, eksplorasi alternatif solusi, dan analisis alternatif solusi.
Pemilihan masalah yang akan diselesaikan pada kolom masalah berdasarkan studi masalah yang sudah dikerjakan pada LK 1.3.
Berikut ini contoh pengisian LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi selengkapnya:
1. Masalah terpilih yang akan diselesaikan
- Kurangnya minat baca siswa dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur pembangun teks cerita pendek.
- Guru tidak melakukan diagnostik di awal pembelajaran Untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan siswa sehingga teks bacaan tidak sesuai minat siswa.
- Guru tidak menerapkan pembelajaran inovatif sehingga model pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat dan monoton.
- Guru hanya fokus pemerintah untuk menuntaskan beban tugas mengajar.
Hasil Kajian Literatur
- Basuki, B., Suryani, Y. E., & Setiadi, D. B. P. (2017). Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. LITERA, 16(1).
- Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi ditinjau dari motivasi berprestasi siswa kelas iv sekolah dasar. Brilliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201-212.
Kekuatan (Strengths) & Peluang (Opportunities)
- Guru dapat mengetahui kondisi kemampuan awal siswa.
- Digunakan sebagai dasar untuk memberikan tindakan atau perlakuan yang tepat sesuai kebutuhan siswa.
- Hasil diagnostik tidak sesuai dengan kemampuan dan kesiapan guru
- Meningkatkan motivasi belajar peserta didik untuk belajar, mendorong kemampuan mereka untuk melakukan pekerjaan penting, dan mereka perlu untuk dihargai.
- Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.
- Membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan berhasil memecahkan problem-problem kompleks.
Link Unduh Contoh Laporan LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi PPG Daljab
Untuk jawaban lebih lengkap dan jelas, Anda bisa mengunduh contoh LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi PPG daljab dalam format PDF melalui link berikut ini:
Link Unduh Contoh Laporan LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi PPG Daljab
Penulis: Ruhma Syifwatul Jinan
Editor: Yulaika Ramadhani