Menuju konten utama

Contoh Deskripsi Narasi Raport TK B Semester 2 Usia 5-6 Tahun

Deskripsi capaian belajar siswa menjadi hal utama saat menyusun rapor TK B. Berikut contoh deskripsi narasi raport TK B semester 2 Usia 5-6 tahun.

Contoh Deskripsi Narasi Raport TK B Semester 2 Usia 5-6 Tahun
Guru menyerahkan rapor hasil semester ganjil kepada orang tua murid di Sekolah Dasar Negeri I Banda Aceh, Aceh, Jumat (18/12/2020). Antara Aceh/Ampelsa

tirto.id - Deskripsi capaian belajar siswa menjadi hal utama yang harus diperhatikan saat menyusun rapor TK B. Guru pun perlu mengetahui contoh deskripsi narasi rapor TK B semester 2 untuk anak usia 5-6 tahun.

Pembagian rapor semester 2 dilaksanakan menjelang akhir tahun ajaran. Tahun ini, rapor akan dibagikan oleh sekolah kepada seluruh siswa sekitar minggu ketiga atau keempat bulan Juni 2024.

Khusus untuk jenjang TK, rapor akan diisi dengan deskripsi yang menggambarkan perkembangan siswa selama masa pembelajaran. Rapor ini pun disusun dengan tujuan memberikan informasi sebagai berikut:

  • Capaian Pembelajaran (CP) yang berhasil dikuasai oleh siswa
  • Tujuan pembelajaran yang masih membutuhkan penguatan atau perlu dikembangkan lebih lanjut
  • Rencana stimulasi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang belum tercapai
  • Kemajuan siswa dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Perlu dipahami bahwa pembelajaran siswa TK B untuk anak usia 5-6 tahun harus didasarkan pada indikator khusus yang sudah ditentukan. Indikator ini bisa berkaitan dengan nilai agama dan budi pekerti, jati diri, hingga dasar literasi dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics).

Contoh indikator capaian hasil belajar pada siswa usia 5-6 tahun antara lain dapat mengucapkan doa atau beribadah sesuai agamanya, gemar menolong, dapat melakukan gerakan yang terkoordinasi dan seimbang, atau mampu menyelesaikan tugas yang diberikan.

Unsur dalam Deskripsi Capaian Pembelajaran di Raport TK

Sebelum membuat deskripsi Capaian Pembelajaran, seorang guru wajib melakukan pengumpulan data melalui kegiatan asesmen, baik asesmen formatif maupun sumatif.

Selanjutnya, guru perlu melakukan analisis data untuk menyajikan informasi yang nantinya dituangkan dalam deskripsi CP. Deskripsi CP sendiri berisi gambaran perkembangan siswa yang disusun secara sederhana dan informatif.

Adapun unsur yang harus ada dalam deskripsi CP rapor TK antara lain:

  • Hal-hal yang dipelajari dan sudah dikuasai oleh siswa selama masa pembelajaran
  • Contoh dan bukti pendukung bahwa siswa telah menguasai tujuan pembelajaran
  • Capaian yang belum muncul pada diri siswa dan memerlukan stimulasi
  • Tindak lanjut dari guru/pendidik untuk menstimulasi capaian yang belum muncul
  • Rekomendasi dan imbauan kepada orang tua/wali untuk membantu mengembangkan kemampuan siswa.

Contoh Narasi Raport Siswa TK B Umur 5-6 Tahun Semester 2

Ilustrasi Rapot

Ilustrasi Rapot. foto/istockphoto

Berikut contoh narasi rapor siswa TK B umur 5-6 tahun yang bisa dijadikan referensi:

Deskripsi Narasi Raport tentang Nilai Agama dan Budi Pekerti

Pada akhir semester 2 TK B, Ananda telah menunjukkan sikap positif dan bisa melaksanakan shalat dengan disiplin. Ananda dapat memahami sifat-sifat Tuhan, mengenal simbol-simbol yang menjadi identitas agamanya seperti masjid dan kitab suci Al-Quran. Selanjutnya, orang tua bisa membantu Ananda untuk lebih mengenal ajaran agamanya, misalnya mengenal huruf-huruf hijaiyah atau membacakan kisah teladan nabi.

Narasi Raport tentang Perkembangan Jati Diri

Ananda telah memahami pentingnya kebersihan diri dan lingkungan. Ananda rajin cuci tangan sebelum makan dan membuang sampah pada tempatnya. Ananda masih harus lebih banyak belajar untuk meregulasi emosi yang dirasakan dan membangun rasa percaya diri. Di rumah, orang tua dapat membantu dengan memberitahu Ananda bagaimana cara meredakan rasa marah. Untuk kepercayaan diri, orang tua dapat memberikan pujian jika Ananda berhasil melakukan kewajibannya dengan baik.

Narasi Raport TK tentang Dasar Literasi dan STEAM

Ananda memberikan respon yang baik dalam pembelajaran. Ananda bisa menyimak cerita guru dan terlibat percakapan dua arah untuk mendiskusikan cerita. Ananda juga mampu mengurutkan pola/gambar serta menebak pola selanjutnya, misalnya menyusun kartu alfabet atau menyusun kartu bergambar pola bulat-kotak-bulat-kotak secara teratur.

Ananda tertarik dengan eksperimen sederhana seperti perubahan benda padat ke cair atau bermain magnet. Di rumah, orang tua dapat mengajak Ananda untuk melakukan kegiatan seni seperti menyanyi dan menggambar bersama.

Narasi Raport tentang Tumbuh Kembang Anak

Tumbuh kembang Ananda secara umum dapat dikategorikan baik. Area yang sudah berkembang baik dalam diri Ananda adalah kemandirian, contohnya Ananda sudah dapat merapikan buku dan mainan tanpa disuruh oleh guru.

Ananda cukup aktif dan memiliki kemampuan fisik/motorik yang tergolong baik. Ananda juga suka dengan makanan yang bergizi dan selalu menghabiskan makanan serta kudapan yang disediakan oleh sekolah. Terkait kebersihan dan perawatan diri, Ananda sudah cukup baik, salah satu contohnya rajin cuci tangan dengan sabun dan memiliki kuku yang pendek.

Kami perhatikan Ananda belum memenuhi imunisasi (nama vaksin). Mohon ayah dan ibu mengantar Ananda ke fasilitas kesehatan terdekat (posyandu/puskesmas/rumah sakit) agar Ananda dapat terhindar dari penyakit.

Baca juga artikel terkait RAPORT SISWA 2024 atau tulisan lainnya dari Erika Erilia

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yulaika Ramadhani