Menuju konten utama

Contoh Deskripsi Narasi Raport TK B Usia 5-6 Tahun Semester 1

Berikut contoh deskripsi narasi yang bisa dijadikan referensi bagi guru untuk mengisi rapor TK B usia 5-6 tahun yang dapat dijadikan catatan wali kelas.

Contoh Deskripsi Narasi Raport TK B Usia 5-6 Tahun Semester 1
Guru menyerahkan rapor hasil semester ganjil kepada orang tua murid . Antara Aceh/Ampelsa

tirto.id - Deskripsi narasi dalam rapor TK B untuk siswa usia 5-6 tahun wajib ditulis oleh guru di akhir semester 1.

Artikel ini akan membahas mengenai unsur dan contoh deskripsi yang bisa dijadikan referensi untuk mengisi rapor TK B.

Deskripsi yang dimaksud merupakan penjabaran tentang kemajuan siswa dalam setiap capaian pembelajaran. Capaian pembelajaran atau CP terdiri dari tiga elemen penting, yaitu:

  • Nilai agama dan budi pekerti
  • Jati diri
  • Dasar literasi dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics)
Deskripsi capaian pembelajaran tidak hanya bertujuan untuk menginformasikan kemajuan proses belajar siswa, tapi juga memberi informasi jika ada target yang belum dicapai oleh siswa tersebut.

Perlu dicatat bahwa deskripsi yang dituliskan oleh guru bukan bermaksud untuk memberikan label mampu/tidak mampu pada diri anak-anak.

Deskripsi ini justru ditulis agar pihak guru dan orang tua mampu mengevaluasi sekaligus merencanakan tindakan selanjutnya agar anak bisa berkembang lebih baik lagi.

Unsur dalam Deskripsi Capaian Pembelajaran di Raport TK

Saat membuat deskripsi capaian pembelajaran, para guru wajib mengumpulkan dan mencermati data asesmen harian anak. Data asesmen merupakan bukti adanya proses belajar. Data ini bisa berupa hasil karya, hasil observasi dari guru, catatan anekdot, bukti foto/video, dan lain sebagainya.

Guru kemudian menganalisis, mengamati perilaku anak dalam setiap elemen CP, lalu membuat kesimpulan yang dituangkan dalam sebuah deskripsi dan dicatat di dalam rapor.

Deskripsi capaian pembelajaran setidaknya harus memuat beberapa unsur berikut:

1. Perilaku pada diri anak untuk setiap elemen CP, baik perilaku yang memang diharapkan muncul maupun perilaku lain yang dianggap penting untuk disampaikan pada orang tua.

2. Contoh autentik dari perilaku anak. Contoh atau bukti ini bisa didapatkan dari hasil asesmen harian.

3. Capaian yang belum muncul pada diri anak dan memerlukan stimulasi.

4. Uraian mengenai upaya yang akan dilakukan demi memperbaiki atau memperkuat pencapaian masing-masing elemen.

5. Imbauan guru agar orang tua terlibat aktif dalam proses peningkatan capaian pembelajaran. Bisa dituliskan tentang tips, saran, atau hal-hal apa saja yang diharapkan dapat dilakukan oleh orang tua di rumah.

Contoh Deskripsi Narasi Raport TK B Usia 5-6 Tahun Semester 1

Bidang Pengembangan Fisik:

Ananda menunjukkan kemajuan yang baik dalam pengembangan fisiknya. Mampu mengendalikan gerakan motorik kasar dengan baik, seperti berlari, melompat, dan melempar bola. Selain itu, kemampuan motorik halusnya juga terus berkembang, terlihat dari keahliannya dalam menggambar dan memotong menggunakan gunting dengan presisi yang meningkat.

Bidang Kognitif:

Ananda menunjukkan ketertarikan yang besar dalam kegiatan pembelajaran. Dalam bidang kognitif, kemampuannya untuk mengenal bentuk, warna, dan angka semakin meningkat. Telah dapat mengidentifikasi beberapa huruf dan angka serta menunjukkan minat dalam menyelesaikan teka-teki sederhana. Proses belajar Ananda terlihat aktif dan bersemangat.

Bidang Sosial-Emosional:

Ananda menunjukkan perkembangan sosial-emosional yang positif. Mampu berinteraksi dengan teman sebaya secara kooperatif dan saling berbagi. Kemampuannya dalam mengungkapkan emosi juga semakin baik, terlihat dari ekspresi wajah dan kemauannya untuk berbagi perasaan dengan guru dan teman-temannya.

Bahasa dan Komunikasi:

Kemampuan berbicara dan berkomunikasi Ananda semakin baik. Sudah dapat mengungkapkan ide dan perasaannya dengan kalimat yang lebih lengkap dan jelas. Kosa kata yang digunakan juga semakin beragam, dan Ananda menunjukkan minat dalam mendengarkan cerita serta mengikuti petunjuk dengan baik.

Seni dan Kreativitas:

Ananda menunjukkan bakat seni yang mengagumkan. Dapat menggambar dengan imajinasi yang kreatif, dan senang berpartisipasi dalam kegiatan seni seperti mewarnai dan membuat kreasi sederhana. Daya kreativitasnya terlihat dalam berbagai proyek seni yang telah diselesaikannya.

Kemandirian dan Tanggung Jawab:

Ananda semakin mandiri dalam melakukan tugas-tugas sehari-hari. Mampu mengenakan seragam, merapikan peralatan, dan menunjukkan tanggung jawab terhadap barang bawaannya. Partisipasinya dalam kegiatan kelas juga meningkat, menunjukkan kesiapan untuk belajar dan bekerja sama dengan orang lain.

Saran dan Catatan Penting:

Disarankan untuk terus memberikan dukungan dalam pengembangan keterampilan sosial dan emosional, serta memberikan kesempatan lebih banyak untuk bermain dan berinteraksi dengan teman sebaya. Juga, terus mendorong rasa ingin tahu Ananda melalui berbagai kegiatan pembelajaran yang menarik dan mendukung perkembangan kognitifnya.

Semua catatan di atas disusun berdasarkan pemahaman dan pengamatan terhadap perkembangan anak selama semester 1.

Contoh Narasi Raport TK B Usia 5-6 Tahun

Berikut contoh deskripsi narasi yang bisa dijadikan referensi bagi guru untuk mengisi rapor TK B usia 5-6 tahun:

Hari ini Ananda datang tepat waktu ke sekolah. Sebelum mulai belajar, guru memberi salam dan Ananda menjawab salam dengan suara lantang. Saat guru mulai mengabsen dan memanggil nama Ananda, Ananda mengangkat tangan dan menjawab “Saya, Bu!” dengan percaya diri. Saat sesi berdoa yang dipimpin oleh guru, Ananda mengangkat tangan dan mengikuti ucapan doa dengan lancar. Pelajaran hari ini pun diawali dengan menyanyi bersama tentang huruf dan angka.

Ananda mampu menghafal lirik maupun bilangan huruf dan angka secara berurutan. Saat selesai menyanyi, ia sempat menghitung balok mainan sambil bersenandung dan menggoyang-goyangkan kepala mengikuti irama.

Guru kemudian membacakan buku cerita berjudul “Anak yang Jujur” dan Ananda memperhatikan dengan saksama. Guru sempat melontarkan pertanyaan tentang kenapa anak di dalam cerita mengembalikan dompet penuh uang yang ia temukan di jalan. Ananda pun menjawab dengan cepat, “dompet itu bukan miliknya!”.

Ananda juga sempat bertanya kepada guru, “bagaimana caranya menemukan pemilik dompet?”. Guru kemudian menjelaskan bahwa di dalam dompet pasti ada kartu identitasnya dan Ananda mengangguk-angguk tanda mengerti.

Pada jam istirahat, Ananda aktif bermain dengan teman-temanya. Saat itu ada seorang teman yang jatuh dan lututnya terluka. Ananda pun berinisiatif memanggil guru untuk meminta pertolongan.

Ananda telah menunjukkan sikap dan perilaku positif yang harus dipertahankan. Di rumah, ayah dan ibu bisa mengembangkan kemampuan Ananda dengan mengajaknya bernyanyi atau membaca buku cerita. Ayah dan ibu juga bisa mengajak Ananda melakukan eksplorasi di sekitar rumah dan mengamati berbagai benda.

Baca juga artikel terkait RAPORT SISWA atau tulisan lainnya dari Erika Erilia

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yulaika Ramadhani