Cara Membuat Twibbon untuk Mendukung Promosi di Medsos

Oleh: Abdul Hadi - 25 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Membuat twibbon bisa dilakukan dengan mengandalkan layanan sejumlah situs. Salah satunya ialah situs twibbon.com.
tirto.id - Ada banyak cara mempromosikan kegiatan, produk, atau acara yang sedang dilangsungkan. Salah satunya dengan menggunakan twibbon yang diunggah di media sosial, seperti Twitter, Facebook, atau Instagram.

Laman Macmillan Dictionary menuliskan bahwa twibbon berasal dari kata "Twitter" dan "Ribbon." Pada awalnya, twibbon digunakan di platform media sosial Twitter, dan kemudian juga diunggah di platform media sosial lainnya.

Twibbon biasanya dalam bentuk gambar berbingkai yang dapat diisi dengan gambar pengguna sendiri pada foto profil maupun avatar media sosial. Tujuannya untuk menunjukkan dukungan atas suatu kegiatan, promosi, atau kampanye tertentu.

Gambar twibbon lazimnya berbentuk vektor, dengan ruang yang disediakan untuk diisi dengan foto pengguna masing-masing.

Ada banyak cara untuk membuat twibbon, misalnya menggunakan aplikasi pengolah foto atau gambar seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, dan lain sebagainya. Ada juga situs web daring yang menyediakan layanan untuk membuat Twibbon seperti PicsArt, Canva, Twibbon, dan lainnya.

Berbeda dengan aplikasi pengolah gambar seperti Adobe Photoshop dan CorelDraw, situs seperti PicsArt, Canva, atau Twibbon biasanya sudah menyajikan pilihan template, bingkai, atau desain, selain pengguna juga dapat mendesain sendiri twibbon yang diinginkan.

Selain pilihan template, situs-situs di atas menyediakan pilihan jenis teks (font), serta komposisi warna yang sesuai dengan desain tersebut.

Di sini, akan dijelaskan cara membuat dan menggunakan twibbon dengan mengakses situs web Twibbon yang sudah terintegrasi dengan media sosial seperti Twitter dan Facebook. Berikut cara menggunakan twibbon di media sosial menggunakan laman Twibbon.

1. Masuk ke laman Twibbon menggunakan akun Facebook atau Twitter Anda (yang Anda gunakan untuk membuat Kampanye)

2. Di tajuk, klik 'Kelola Kampanye' atau 'Manage Campaigns' di menu di samping nama Anda

3. Klik 'Kelola' atau 'Manage' di samping pilihan 'Kampanye' atau 'Campaign' tempat Anda ingin mengunggah twibbon tersebut

4. Di bawah judul 'Twibbon', klik 'Unggah Twibbon' atau 'Upload Twibbon'

5. Di jendela yang muncul, telusuri gambar twibbon Anda, pilih, dan klik 'Unggah Twibbon' atau 'Upload Twibbon'

6. Twibbon Anda berhasil diunggah.


Baca juga artikel terkait MEDIA SOSIAL atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Addi M Idhom
DarkLight