Cara Membuat Kuesioner dan Survei Online di Google Forms

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 5 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Cara membuat Google Forms untuk kuesioner dan survei online cukup mudah dan tak ribet.
tirto.id - Cara membuat kuesioner dan survei online mungkin bagi sebagian orang adalah sebuah hal yang sulit. Namun, semuanya menjadi lebih mudah menggunakan Google Forms. Sebenarnya ada beberapa layanan daring sejenis, tetapi Google Formulir dirasa paling mudah dan cocok untuk pemula.

Cara membuat Google Forms untuk kuesioner dan survei online cukup mudah. Hal pertama yang harus disiapkan adalah kerangka survei itu sendiri.

Siapkan pertanyaan dan kuesioner terlebih dahulu. Setelah kerangka jadi, berikut ini tujuh langkah membuat kuesioner dan survei online melalui Google Forms.

Pertama, buka situs web Google Forms di alamat forms.google.com dan pelajari tool atau alat yang tersedia. Pengguna langsung dihadapkan oleh formulir kerja yang mudah dimengerti, sehingga tinggal mengimplementasikan kerangka kuesioner yang telah dibuat sebelumnya.

Kedua, isi judul kuesioner, help text, tipe kuesioner, dan opsi yang tersedia (bila ada).

Ketiga, untuk menambah pertanyaan baru, pengguna dapat klik menu Add Item kemudian pilih salah satu opsi yang diberikan. Jenis pertanyaan kuesioner bisa berupa teks, paragraf, pilihan ganda, boks tercentang, dan pilih dari daftar.

Keempat, jika menginginkan form kuesioner yang lebih menarik, maka dapat melakukan kustomisasi tema melalui fitur Change Theme. Pilih salah satu tema yang disukai. Tema terpilih masih bisa diubah dengan cara klik Customize untuk diatur header-nya, termasuk jenis dan ukuran huruf.

Kelima, form hasil kustomisasi bisa dilihat melalui menu View live form.

Keenam, tambah atau kurangi pertanyaan pada kuesioner sesuai kebutuhan atau kerangka yang telah dibuat. Setelah selesai, pengguna dapat berbagi formulir kuesioner melalui blog, forum, milis, dan sebagainya. Ada tiga menu untuk membagikan form yang telah dibuat, yakni Send form, Download as, dan Embed.

Ketujuh, untuk melihat hasil kuesioner, pengguna dapat masuk kembali ke Google Form dan buka form bersangkutan. Hasil dapat dilihat di menu View responses.

Google Forms sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang melakukan riset dan menggunakan kuesioner atau survei online sebagai salah satu metode pengumpulan data. Misalnya, seorang mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi atau perusahaan yang ingin mengetahui tingkat kepuasan konsumen.


Baca juga artikel terkait GOOGLE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight