Menuju konten utama

Cara Login eKinerja BKN dan Kegunaannya untuk ASN

Tata cara login eKinerja BKN. Simak kegunaannya untuk seluruh ASN di Indonesia.

Cara Login eKinerja BKN dan Kegunaannya untuk ASN
eKinerja BKN. FOTO/kinerja.bkn.go.id

tirto.id - Cara login eKinerja BKN menjadi informasi yang wajib diketahui oleh setiap Aparatur Sipil Negara (ASN). Lantas, bagaimana cara kerjanya dan apa saja kegunaannya?

eKinerja BKN merupakan sebuah platform digital yang dirancang untuk menjadi pusat pengawasan, pemantauan, dan evaluasi kinerja ASN di seluruh wilayah Indonesia.

Penggunaan eKinerja BKN telah diatur dalam SE Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penggunaan dan Pemanfaatan Aplikasi eKinerja BKN sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022.

Manfaat eKinerja antara lain dapat mengintegrasikan data kinerja dari seluruh ASN yang tersebar di wilayah Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk sederhana sehingga lebih mudah dimengerti oleh berbagai pihak.

Selain itu, eKinerja juga memberi kemudahan lantaran dapat diakses di mana saja da dilengkapi dengan berbagai fitur mencakup pelaporan, feedback, serta analisis kinerja.

Di level Manajerial, eKinerja juga membantu dalam proses pengambilan keputusan melalui data-data yang akurat sehingga para pengambil keputusan dapat melihat bagaimana kinerja instansi, departemen, atau bahkan individual terkait.

Dengan begitu, proses pengambilan keputusan menjadi lebih tepat sasaran berdasarkan analisa yang akurat untuk peningkatan kualitas pelayanan publik yang lebih baik. Singkatnya, eKinerja adalah ekosistem digital yang komprehensif untuk manajemen kinerja PNS.

Cara Login eKinerja BKN

Para ASN perlu mengetahui cara login eKinerja BKN untuk pelaporan, monitoring, dan penilaian kinerja dalam periode tertentu. Dengan menggunakan platform ini, diharapkan kinerja para PNS menjadi lebih efektif dan efisien.

Berikut ini merupakan langkah-langkah cara login eKinerja berdasarkan buku Panduan Aplikasi eKinerja BKN:

  1. Buka platform eKinerja melalui https://kinerja.bkn.go.id;
  2. Login menggunakan NIP dan Password MySAPK masing-masing;
  3. Jika Anda lupa password MySAPK, bisa menggunakan fitur "Reset Password" yang ada pada aplikasi MySAPK BKN melalui https://mysapk.bkn.go.id;
  4. Setelah berhasil login, Anda akan masuk pada halaman Daftar SKP.
Halaman Daftar SKP akan menampilkan seluruh daftar SKP yang telah Anda buat. Dalam halaman tersebut juga terdapat seluruh fitur terkait pembuatan SKP, tim kerja, monitoring kurva, monitoring pengisian SKP, manajemen unor, hingga manajemen pegawai.

Berikut ini merupakan rincian menu yang ada pada halaman Daftar SKP eKinerja BKN:

  • Menu SKP: untuk menampilkan seluruh periode SKP yang telah dibuat user, membuat SKP, Matriks Peran Hasil, SKP Bawahan dan Penilaian;
  • Menu Tim Kerja: untuk menampilkan tim kerja yang user masuk dalam tim kerja tersebut. Menu ini juga dapat digunakan untuk membuat tim kerja bagi para atasan.
  • Menu Monitoring Kurva: untuk menampilkan kurva penilaian untuk periode tertentu;
  • Menu Monitoring Pengisian: untuk menampilkan dashboard pengisian SKP pada masing-masing unit instansi;
  • Menu Manajemen Unor: untuk mengatur posisi Unor pada sebuah instansi;
  • Menu Manajemen Pegawai: untuk mengatur Unor dan Jenis Jabatan Pegawai.
Dengan menggunakan eKinerja BKN, ASN dapat mengelola dan memantau kinerjanya secara lebih mudah dan transparan. eKinerja diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dan kontribusi ASN dalam pelayanan publik.

Sistem ini tidak hanya mendukung efektivitas kerja, tetapi juga membantu mewujudkan akuntabilitas yang lebih baik dalam administrasi kepegawaian.

Baca juga artikel terkait ASN atau tulisan lainnya dari Robiatul Kamelia

tirto.id - Aktual dan Tren
Kontributor: Robiatul Kamelia
Penulis: Robiatul Kamelia
Editor: Balqis Fallahnda & Dipna Videlia Putsanra